DIY : Cara membersihkan Evaporator AC Avanza dengan foam cleaner yang efektif dan efisien

 

video

otodiy.blogspot.com

Di Video kali ini kita bersihkan evaporator Avanza menggunakan GST AC Cleaner yang berupa foam. Namun cara pemakaiannya tidak mengikuti petunjuk yang ada di kemasan yang meninstruksikan menyemprot melalui lubang kisi-kisi AC, karena cara tersebtu cuman buang-buang duit saja.

Penyemprotan melalui lubang kisi-kisi AC hanya membersihkan jalur udara keluar saja, dan foam cleaner tidak akan bisa menjangkau Evaporator, dikarenakan jalur ducting udara berkelok-kelok. Cara yang efektif adalah dengan mencari cara supaya selang bisa langsung menuju ke sirip-sirip evaporator. 

Berbeda dengan Aerio old model dimana melepas kisi-kisi tengah di atas head unit dapat langsung terlihat sirip evaporatornya sehingga kita bisa memasukkan selang cleaner dari sana, untuk di Avanza khususnya generasi kedua tidak dapat dilakukan. Sehingga cara berikutnya adalah melalui jalur blower kabin dan memasukkan selang sampai menjangkau bagian belakang sirip-sirip evaporator.

Keunggulan cleaner yang berbentuk foam  karena akan mengembang saat disemprotkan maka kita tidak harus benar-benar tepat penyemprotannya ke sirip-sirip Evap karena nantinya foam akan mengembang dan akan memenuhi sirip-sirip evap, asalkan kita mengarahkannya mulai dari atas ke bawah dan membiarkan foam turun karena gaya gravitasi sambil membawa kotoran di evap turun ke bawah.

Jangan kuatir untuk pembuangan kotoran yang terbawa foamnya karena akan keluar melalui lubang kondensasi AC dan akan terbuang di kolong mobil.

Untuk jelasnya silahkan saksikan di videonya


regards,

singachu

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}