CMP dan CKP

Sharing pengalaman bro Kijangtua, rekan di kaskus yang mengalami masalah dan setelah ganti sensor CMP masalah selesai.

Berikut kronologis postingan bro kijangtua.


14 Des 2009

om2 semua.. bantuin gw donk...

kalo lampu check engine nyala itu kenapa ya??
kronologisnya gini... entah ada hubungannnya ato tidak...
pas tangki tinggal 3 strip otomatis lampu peringatan BBM kan nyala, ya udah gw ngisi di spbu langganan 100rb...

trus lanjut jalan sekitar 15 menit, sampe ke tempat tujuan, gw kan nyari parkir trus jalan pelan, pas stasioner eh tiba2 lampu check engine nyala, mesin gak sampe mati cuma getarannya lebih kerasa.. kayak mo mati gitu.. gw gas dikit sampe 1500rpm mati deh tuh check engine... ini terjadi beberapa kali...

pas pulang gak ada masalah samasekali, lampu check engine gak nyala, tarikan juga biasa aja gak berat, konsumsi BBM juga rasanya normal2 aja....

nah di perjalanan pulang gw mampir lagi, pas gw dah selesai gw nyalain mesin, eh check engine nyala lagi, gw gas dikit baru mati...

itu kenapa ya om2 semua.. mohon bantuannya, takut kalo di diemin jadi parah...

kalo baca di manualnya check engine nyala itu berkaitan dengan sistem emisi bahan bakar, lah kan oreo gak pake CC, trus apa artinya yah??

ayo donk, bagi yang pernah ngalamin dan tau sebabnya dimohon pendapatnya...

tenkyu...

dilanjut 15 Des 2009

oreo yg aneh...
padahal belom gw apa2in... check engine dah gak nyala lagi... apa mungkin kotoran di tangki naek jadi bikin nyala check engine ya?

kemarenan gw narik sampe 6500rpm trus berasa ndut2an, itu sama gak dengan ciri2 map sensor yang kena??
kalo map sensor kena apa langsung mati mesin...??

kinoy22 menjawab

ditahan ajah om.... ampe 6000, trus ga usah ditambah lagee
kalo map sensor kena, biasanya ndut2 an.... trus rpm turun sendiri.....
bisa ampe 3000 rpm... padahal injekan gas tetep ajah
kalo udah parah, turun nya bisa ampe 1000an rpm.....
dan ga mo digas lagee... nunggu duluw.... baru mo digas lagee
kijangtua mereply

sepertinya bukan seperti itu gejalanya... jadi semoga bukan map sensornya yang kena...

tanggal 17 Des 2009


Benar2 hari yang bikin senewen...

hari ini lampu check engine nyala lagi, mana macet total pas jam pulang kantor, mesin kadang mbrebet tapi kadang normal stasionernya, walo lampu check tetep aja nyala, gw sendirian pula!! gw sampe gak berasa lepas gas, ngerem aja pake rem tangan, rpm di panteng 1500rpm biar gak mati ato mbrebet...
emang sih gw belom sempet nge reset ecu-nya.. karna kemarenan gw pake dalkot no problem.... pas dipake jalan jauh baru kumat lagi...

akhirnya gw parkir aja di kantor calon bini... kontak abang gw biar ada yg nemenin ndorong mobil kalo sampe matot

pas pulang nunggu jam 9 malem lewat biar kemacetan dah rada mencair, tapi tetep aja rame krn besok kan liburn panjang.... selama jalan pulang cuma 1x check engine nyala dan mengakibatkan mesin mbrebet.... abis itu lancar jaya... kecepatan di panteng 50-60kpj gigi 5 untuk meminimalkan putaran mesin...

oia selama perjalanan gw terpaksa harus ac off untuk meringankan beban mesin.... selama pulang rada tenangan gw karna ada abang gw, dia lumayan ngerti mesin juga sih... katanya tancap aja, taksi vios juga biasa check engine nyala, tapi dipake jalan gapapa tuh...

dasar aneh, sampe rumah lampu check engine gak nyala2 lagi, artinya dah normal... tapi kalo jalan jauh pasti kumat lagi...

besok mo coba2 cari bengkel yg bisa scan engine, walo mungkin rasanya mustahil karna tanggal merah...

ah coba gw ngumpulin no hp para master2 disini, kan setidaknya gw bisa nanya2 kalo pas darurat seperti tadi...

tenkyu

*mo mandi dulu badan bau asem kreinget campur asep rokok..

19 Des 2009
report dolo gan...
abis dari BERES, ngescan engine, yang kena sensor CKP ama sensor CMP, sebijinya 411rb dan 420rb... jasa ganti 300rb
untuk lengkapnya ntar diupload foto2nya...

tenkyu...

20 Des 2009


jam 9 sampe bengkel.... langsung cek in.. eh salah daftar serpis
nego2 plus SSI dikit, harga sepakat 150rb, belakangan gw baru tau kalo harga make alat scaner itu di itung perjam rp 100rb....

ok.. si oreo langsung masuk kamar, eh maksudnya line serpis..
dicolok deh tuh alat...
ini alatnya...




ini tempat nyoloknya...


setelah 4 jam stasioner akhirnya keluarlah datanya... bensin gw ampe turun 3 setrip
ini hasilnya... 
 

gw disaranin ganti dua buah sensor biar imbang, karena sensor camshaft ama sensor crankshaft saling berhubungan...
jadi waktu itu gw punya dua pilihan penggantian...

pertama
gw langsung ganti parts saat itu juga, otomatis gak kena biaya scan engine, tapi kena biaya parts 411rb + 420rb dan jasa 300rb...

kedua
gw kena biaya scan engine rp 150rb, dan gw dateng hari berikutnya bawa parts dari luar (pastinya gw bisa dapet lebih murah) dan pasang disana kena 300rb juga...

akhirnya gw ambil pilihan pertama... karena opsi no2 gw emang dapet parts lebih murah tapi gw kena biaya scan 150rb, udah gitu belum tentu parts yg gw beli itu lebih murah dari 150rb dari pricelistnya yang gunanya buat nutup biaya scan engine...

kemudian di cek ke gudang, ternyata dia cuma punya sensor yang camshaft aja, yowis ganti aja deh.... malah bagus gw bisa lebih ngirit lagi...

ini alat yang diganti, kecil2 cabe rawit harganya, mungkin karna masih buatan japan
 
gitulah kira2 ceritanya...
semoga maklum adanya...




lanjut lagi ceritanya om..
akhirnya setelah sepakat ganti sensor camshaft, gw banyak2in nanya ama org bengkelnya...
yang gw tanya antara lain :

ribet gak sih ganti sensor crankshaft??
ribet, mesti ngolong, mesti lepas nyopot drive belt, lebih gampang nyopot sensor camshaft karena langsung keliatan mata... jadi waktu ganti sensor crankshaft silahkan ganti drive belt dan gak dikenain biaya tambahan
ini drive beltnya...
 

kenapa sih sensor bisa rusak? apa bisa dibersihkan?
penyebabnya karna emang dah umurnya, tapi bisa juga dari hal sederhana, yaitu salah masang urutan kepala aki... sensor gak bisa dibersihin... percuma aja, namanya barang elektronik, ada masa pakainya...

apa bener cara ngereset ecu dengan melepas aki?
betul, tapi lepasinnya 30 menit, trus pasang lagi... inget ya jangan salah masang terminal aki, waktu buka terminal minus dulu, waktu pasang terminal plus dulu... apabila kita melakukan pembongkaran yang ada unsur kelistrikannya, baiknya lepas aki dulu...
ada cara nge reset yang lebih simpel... caranya setelah terminal minus (yg minus saja yg dicabut, gak usah 2-2nya) aki dicabut, kunci kontak arahkan ke posisi on, injek pedal rem 5 detik, lepaskan pedal rem, matikan kunci kontak/ ke posisi off... ulangi sampai 3x... ada cara yang lebih simpel, kunci kontak di posisi on, tekan sensor lampu yang terletak dipilar pintu bersamaan dengan menyalakan lampu posisi/lampu kecil, cukup 1x saja maka sudah reset ecunya

mesin scaner ini bisa baca apa aja sih?
hampir semua mobil bisa dibaca,mobil jepang/korea/eropa asal soketnya bisa di colok, di menunya tersedia berbagai pilihan merek dan tipe mobil... harga alat scanernya katanya sampe 60jtan...
semua yang berhubungan dengan kelistrikan bisa dipantau dengan alat ini... ini liat aja, water temp 97celcius, rpm 792rpm, brake off, ac off, nah ini saya tekan pedel remnya, tuh kan jadi berubah on, begitu juga kalo ac dinyalain, kalo untuk transmisi matic bisa dipantau juga lewat alat ini... (gw cuma manggut2 tanda baru paham...)

itu saya liat di tempat penerimaan serpis ada anjuran ditulis untuk kuras tangki tiap 10rbkm? kenapa?
karna kualitas bensin kita jelek.. kan biasanya orang pada isi premium... daripada kenapa2 dengan mesin mendingan sering dikuras, kalo oreo/nextg kurasnya mesti turun tangki, begitu pula kalo mo ganti filter bensinnya, walo sebetulnya bisa juga kalo mo di semprot aja filternya... (trus gw tanya, gw ada filter bensin seperti ini, murah cuma 25rb bisa dipasang gak) filter seperti ini bisa dipasang juga



sekian dulu ah....
ntar gw inget2 lagi apa aja yg diobrolin..


update per hari ini 29 Des 2009

Ganti CMP saja apa sudah beres masalahnya ?
kijangtua menjawab :
belom beres bro... masih suka tiba2 geter2 dan drop rpm nya walo cek enjinnya gak nyala... itupun setelah jalan jauh baru kumatnya... pengen ganti sensor kruk as.. cuma nunggu dana dan waktunya ajah...

 PS : odometer 66297 km, aerio 2003

update 19 Jan 2010 http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=557
report dolo ahhh..

ini sensor camshaft


ini sensor crankshaft


sepintas memang mirip, ada perbedaan di arah soketnya, yg satu lurus dan satu lagi bengkok/huruf L, ukuran soket juga beda, ada yg besar dan ada yg kecil, walo pin di dalam soket sama yaitu 3 buah...
harganya sama aja 411rb (sebelom diskon) 
 

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G