Kamis, 07 Januari 2010

Bearing - pengertian sederhana

Bearing / Laher / Klaker- gunanya untuk membuat bantalan dari bagian dalam (inner race) dan luar (outer race) bergerak/berputar dengan lancar satu terhadap yang lain dengan gesekan yang minimal. Ada macam-macam bearing, tapi secara prinsip sama yaitu agar bagian dalam (inner race) dapat berputar terhadap bagian luar (outer race) secara smooth / halus.

Newbie coba jelaskan mengenai salah satu bearing yaitu ball bearing, berikut adalah gambarnya :


gambar 1


Pada gambar 1, Terlihat Inner Race (bagian dalam) yang terpisah dari Outer Race (bagian luar) sehingga keduanya terpisah. Yang menghubungkan keduanya adalah adanya bola-bola besi (Balls) yang ditahan oleh Retainer agar tidak terpencar tak beraturan. Bola-bola ini sebagai bantalan agar perputaran Inner Race terhadap Outer Race dapat smooth / halus. Biasanya ditambahkan grease / pelumas pada bola-bola ini agar makin meminimalkan gesekan. Supaya debu dan air tidak mengotori dan menjaga pelumas tidak keluar ditambahkan pelindung dari karet (Shield).

Pada gambar 2 di bawah ini nampak Ball Bearing dalam bentuk utuh tanpa ada Shield nya.




gambar 2

Pada gambar 3 di bawah ini terlihat juga bearing yang ter-shield dan tidak ter-shield


gambar 3

Jadi yang newbie mau terangkan di sini tentang bearing adalah Inner Race dan Outer Race yang dapat saling bergerak / berputar bebas satu sama lain. Soalnya newbie taunya ntuh aja, makanya pakai judul "pengertian sederhana" [ngeles mode on]

Berikut sebagai tambahan saja, silahkan cari info di internet bila berminat untuk mengetahui lebih dalam.
Beberapa tipe-tipe bearing  :
  • Ball Bearings
 

 gambar 4 - penampang potongan ball bearing

  • Roller Bearing


gambar 5

  • Ball Thrust Bearing



gambar 6

  • Roller Thrust Bearing


 gambar 7

  • Tappered Roller Bearings

 

gambar 8 - penampang potongan spherical roller thrust bearing



gambar 9 - penampang potongan radial tapered roller bearing

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar