Sabtu, 09 Juli 2011

Membandingkan Lugnut velg standard Aerio / Next G dengan Toyota Yaris

Kebetulan Next G yang baru dibeli velgnya sudah diganti dengan velg Yaris, ternyata terdapat perbedaan pada lugnut kedua velg tersebut yang tidak bisa saling tukar. Salah satu masalah yang ada yaitu untuk ban serep Next G yang masih standard tentu saja tidak bisa menggunakan Lugnut yang terpasang karena beda tipe Lugnutnya, so mesti bawa lugnut yang sesuai bila memang ingin memasang ban cadangan. Berikut newbie sedikit melakukan dokumentasi perbandingannya.

Gambar 1 - tengah lugnut velg Aerio/Next G vs lugnut velg Yaris

Gambar 2 - kiri lugnut velg Yaris, kanan lugnut velg Aerio/Next G

Terlihat dari gambar 1 dan 2 perbandingan lugnut untuk velg Aerio / Next G dengan Yaris. Ilustrasi gambar juga bisa dilihat di gambar 3. Terlihat bahwa lugnut untuk velg Yaris sebagian masuk sebagai pengisi celah antara lubang velg dengan baut roda yang terpasang. Bila memaksakan menggunakan lugnut standard Aerio/Next G pada velg Yaris maka selain resiko velg oblak karena ada celah kosong juga beda pada seat / dudukan velg Yaris yang rata vs lugnut yang tirus. Sebaliknya bila memaksa menggunakan lugnut velg Yaris pada standard velg Aerio/Next G maka seat / dudukan yang berbeda menyebabkan velg tidak tertekan sempurna sehingga ditakutkan lepas, belum lagi drat yang bisa dipegang makin sedikit.
Pada gambar 1 dan 2 nampak pada body lugnut terukir tulisan 12x1.25 yang menandakan ukuran drat yang sama, ukuran drat yang berbeda tentu saja tidak dapat dipasang pada baut dan bila dipaksa akan merusak drat baut roda. Angka 12 menunjukkan ukuran baut atau ukuran lubang dalam lugnut sebesar 12 milimeter, sedangkan angka 1.25 menunjukkan jarak antar drat / ulir adalah 1.15 milimeter.


Gambar 3 - Lugnut panjang vs pendek

Gambar 4 - Lubang velg Aerio vs baut

Gambar 5 - Lubang velg Yaris vs baut

Gambar 6 - Lubang velg Yaris vs baut

Pada gambar 4 terlihat kondisi lubang pada velg Aerio dibandingkan dengan baut roda, nampak pas dan dudukan / seat yang velg yang berbentuk tirus. Sedangkan pada gambar 5 dan 6 terlihat kondisi celah antara lubang velg dengan baut roda, celah ini harus terisi oleh Lugnut. Lugnut yaris yang terpasang pada pada mobil newbie dilengkapi dengan Ring besi yang cukup tebal, hampir 1/2 cm, bila newbie coba masukkan tanpa ring ternyata lugnut melebihi dalamnya lubang, hal ini berakibat velg tidak dapat tertekan sempurna, karenanya Ring ini dibutuhkan untuk dapat mengganjal dan menekan velg dengan sempurna.

Berikut ada beberapa ilustrasi gambar apabila Lugnut kurang sesuai dengan velg :
Gambar 7 - Lugnut terlalu kecil

Gambar 8 - Drat Baut mentok di lugnut

Gambar 9 - Baut terlalu pendek

Gambar 10 - Drat baut tidak cocok dengan Drat Lugnut

Gambar 11 - Lugnut kurang ngeplak dengan velg

Gambar 12 - Lugnut kurang menekan velg

Gambar 13 - Pastikan Seat/dudukan cocok antara velg vs lugnut

Gambar 14 - Beberapa macam lugnut

Ukuran velg Yaris mirip dengan ukuran velg Aerio / Next G, Diameter 15 inch, Offset +45, bedanya velg Yaris lebarnya 5 1/2 Inch sedangkan velg Aerio / Next G lebarnya 6 inch. Untungnya center bore atau diameter dalam velg-nya sama sehingga ngeplak dengan wheel hub roda tanpa perlu penambahan center ring biar tidak ada ronga. Gambar 17 newbie coba foto center wheel cap velg Yaris, nampak ada kawat yang membantu menahan agar center wheel cap tidak mudah terlepas. Hmmm bisa dicoba diaplikasikan di velg Aerio nih biar ga gampang ilang.

Gambar 15 - Ukuran velg Yaris

Gambar 16 - Ukuran Velg Aerio

Gambar 17 - Center Wheelcap Yaris

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar