Sabtu, 16 Maret 2013

DIY : Membetulkan kebocoran bagasi Next G

 gambar 1 - Ada air di dalam lampu mundur Next G
Sewaktu mengganti ban serep, didapati lantai bagasi kembali tergenang air (sebelumnya juga sudah ditemui karat di sana). Awal dugaan dari baut plat nomer, cek di sana udah kering, sewaktu sehabis hujan tidak sengaja menemukan di area kunci bagasi bagian dalam terasa ada air..... hmmm sepertinya datangnya dari lampu mundur yang ada di bagasi khusunya bagian kanan yang ada lubang kuncinya. Diputuskan untuk coba lepas dan memperbaikinya, berhubung waktu terbatas karena mau berangkat ke kantor maka liat secara cepat aja.


 gambar 2 - dua mur yang perlu dilepas

Stepnya tinggal buka bagasi, dari dalam akan terlihat 2 mur (gambar 2), lepaskan menggunakan kunci no 10mm. Setelah itu tinggal dorong keluar sehingga nampak seperti gambar 3.
 gambar 3 - lampu mundur terlepas
 gambar 4 - spons sealer sudah aus
Pada gambar 3 dan gambar 4 terlihat ada spons hitam mengelilingi lubang di bagasi, sepertinya sudah getas menjadi sumber masuknya air. Sebelumnya dicoba mengeringkan air yang ada di dalam lampu dengan paper towel, bisa dijangkau dari lubang bohlam lampu, lampu ga bisa dibuka sepertinya perlu dipanasin untuk ngebukanya, berhubung ga ada waktu dan ga ada pemanasnya jadi ya dicoba keringkan biasa aja.

 gambar 5 - Sealer area lubang kunci
Dari pinggiran mika lubang kunci, sepertinya bisa menjadi jalan masuknya air ke dalam rumah lampu, jadi diputuskan untuk disealer aja sekalian (gambar 5). Selain itu pinggiran lampu untuk masuk ke lubang bagasi juga disealer (gambar 6). Selanjutnya tinggal tunggu sampai kering dulu biar sealernya jadi karet kenyal, jangan langsung dipasang karena akan menempel dan jadi susah dilepas lagi kalau pas butuh.
gambar 6 - Sealer sekeliling rumah lampu

Selanjutnya tinggal dilihat apakah akan setelah hujan bakalan masih basah di area kuncinya, dan apakah di bagasi masih kebanjiran air atau tidak.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar