Rabu, 13 Maret 2013

Ganti ban cadangan space saver dengan velg standard

gambar 1 - Space Saver Tire ditumpuk pada Velg Orisinil Aerio

Waktu beli Suzuki Baleno Next G pada 2010 yang lalu, didapati bahwa velg orisinil-nya sudah diganti dengan velg Yaris / Vios. Untungnya ukuran velgnya nyaris sama yaitu diameter 15 inch Offset 45, hanya lebarnya saja yang sedikit sempit yaitu 5.5 inch dibanding velg standard yang lebarnya 6 inch, sehingga bukan suatu masalah berarti kecuali bentuk lugnutnya saja  (pernah newbie singgung soal lugnut nya yang beda).

Permasalahan lainnya yang cukup mengganggu adalah velg cadangan dimana pada Next G seharusnya full size tire dengan velg alloy yang sama persis dengan keempat roda lainnya diganti dengan velg space saver yang kecil yang biasanya diperuntukkan menghemat ruang bagasi. Useless untuk di Next G karena ukuran bagasinya yang muat dengan full size tire, dan juga ukuran yang lebih kecil dari velg lainnya selain itu juga harus diberi tekanan 60 psi ! Sungguh susah memaintain tekanan cadangan. Itupun disarankan penggunaan tidak melebihi kecepatan 80 kpj.

gambar 2 - Velg orisinal Aerio + Filter Udara
Kebetulan sekali saat baca salah satu group BB ada yang menawarkan velg original Aerio + ban bekas-nya seharga 200rb, itupun diberi bonus Filter Udara second yang kondisinya relatif masih bagus. Tanpa pikir dua kali dan tawar lagi langsung sabet sebelum hilang kesempatan hehehehe... Plus ongkos kirim 60rb dari Jakarta ke Sidoajo jadi total 260rb udah dapat Velg Orisinil Aerio + Ban Bridgestone Turanza bekas (kembangan tinggal dikit tapi ga masalah karena buat cadangan aja) + Filter Udara orisinil bekas (mayan harga barunya aja dah 100rb-an). Kalau pakai ban full size begini lebih enak memaintain tekanan ban cadangannya karena tinggal isi 40 psi dan lupakan, paling dalam waktu 3 s/d 4 bulan tekanan yang tersisa masih di atas 30 psi, sangat layak untuk dipakai dikala darurat. 

gambar 3 - Lebar ban berbeda jauh
gambar 4 - Diameter / Tinggi ban berbeda jauh
gambar 5 - Mayan "njomplang"

Sip lebih tenang rasanya bawa cadangan full size dibanding space saver, tekanan ban cadangan juga lebih mudah dijaga dan ga pake repot isi sampe tinggi banget.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar