Jumat, 06 Juni 2014

DIY : Wiring DRL Innova yang menyala saat siang hari dan mati sore hari {ipah2.0v}

 gambar 1 - relay 5 kaki
  http://otodiy.blogspot.com 
Supaya DRL bisa otomatis menyala saat kunci kontak diputar ke ON dan DRL akan mati saat lampu senja dinyalakan, maka relay nya pake yg 5 kaki om buat drl ini. kalo pake yg 4 kaki biasa gak bisa om...hehe. nih ane kasih foto relay nya di ipah ane

pake relay 5kaki merk bosch. kaki 30 ke listrik kontak, kaki 85 ke lampu (+) lampu kota, kaki 86 ke ground, kaki 87a ke (+) DRL. ada bbrapa merk relay yg nyambung nya ke 87. sama aja kok. prinsip nya, dengan rangkain diatas, drl akan mati jika lampu kota nyala. kalo kebalik (drl nyala pas lampu hidup) tinggal tuker aja posisi kabel (+) drl nya antara kaki 87 dan 87a.

 gambar 2 - koneksi nya
gambar 2 : kaki 30 arus kontak, kaki 86 ground, kaki 85 arus (+) lampu kota, kaki 87a ke (+) drl. kaki 87 ga dipake
gambar 1 : kaki 87 nya ane tutup aja pake karet / kondom buat skun kabel

oh iya ini kan ipah ane vvti / bensin, nah di firewall tu ada soket gede nganggur ditutup gitu. nah, arus kontak nya ane ambil dari kabel warna item di soket itu.
 gambar 3 - arus kontak dari sini
 gambar 4 - nyala pas kontak ON
gambar 5 - mati pas lampu kota di nyala kan

ane juga pake DRL cina kok om. yg model COB istilahnya nyalanya full bkn yg titik2. biar mirip2 ama philips yg daylight guide lah...hehe
relay ane pake merk bosch kaki 5 harga 42.500. dgn rangkain diatas, drl nyala ketika kontak on dan mati jika lampu kota dinyalakan.

by ipah2.0v
sumber : kaskus KIOC

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar