DIY : aerodinamis kolong innova {usbdevice}

 gambar 1 - under carriage
 http://otodiy.blogspot.com 

misi agan2 kioc.. ane pengguna innova vvti mt gen2 (facelift gnki). akhir2 ini ane selalu lewat jalan tol setiap hari dan ane merasa terganggu dengan berisiknya suara deru angin yang masuk ke kabin.. mungkin karena tingkat aerodinamika yang jelek dan gear ratio tinggi sehingga di 100kmh suara angin tercampur dengan suara berisiknya visco-fan depan, kalo ane bandingin dengan terios at saja masih lebih senyap di 100kmh.. tentunya jika terlalu banyak angin menghasilkan drag yang lebih tinggi.

lalu ane baca2 ttg panduan tuning efisiensi vvti di page1, tapi blm ada yg membahas ttg penambahan dek bawah untuk innova vvti. trus ane coba baca2 di internet tentang bagaimana meningkatkan level
aerodinamis mobil. lalu ane mencari lubang tempat ganti oli dan mengamati underbody innova ane..


ternyata tidak ada selembar dek plastik (a.k.a undertray / splashguard) yang menutupi bawah mesin. logis saja jika di tol semua angin dari depan masuk mengganggu putaran baling2 visco fan yang besar menyebabkan suara deru yang mengganggu. padahal, sudah ada 4 lubang baut untuk undertray. 

ane kemudian pergi ke pusat onderdil toyota untuk mencari undertray fortuner, dengan harapan bahwa jika innova dan fortuner menggunakan basis yang sama, kemungkinan undertray fortuner bisa diterapkan di innova tanpa banyak perubahan. namun ternyata selain harga mahal, tidak ada toko yg memiliki stok ready saat ane berkunjung 2x. setelah harapan lama putus, ane tiba2 menemukan 2 lembar plastik tipis kaku yang ada di limbahan bengkel truk. mau cari dan beli lagi tapi adanya malah karet conveyor yang lemes.

bermodal gunting heavy-duty dan spidol cat, ane mendesign sendiri undertray dari bahan plastik tipis kaku menjadi spt ini:

 gambar 2
 gambar 3 - penampakan dari atas
gambar 4 - penampakan dari atas

terlihat lubang besar sudah tertutup, namun masih ada celah untuk ventilasi udara untuk fan.

setelah melewati masa 2bln / 2500km, ane simpulkan bahwa percobaan ini berhasil untuk innova ane. singkat cerita:

+ suara deru angin dari mesin berkurang di 80kmh ke atas
+ mesin sedikit lebih ringan mencapai rpm tinggi di atas 40kmh
+ isi kap mesin tidak mudah kotor
+ undertray plastik tidak leleh kena panas culter oli
+ temperatur mesin tetap tidak sampai 1/2 meskipun macet
+ sedikit perbaikan di konsumsi bbm
+ ada perbaikan di handling saat bermanuver di atas 100kmh
+ 2 lubang baut 8mm dan 2 baut 10mm sudah tersedia dari pabrik

- suara berisik fan menjadi sedikit lebih keras di rpm bawah (saat kipas belum kopling)
- bahan plastik kaku susah didapatkan
- mesin dingin sedikit lebih lama ketika parkir
- harus dilepas saat ganti oli
- mobil terasa lebih bergelinding dari sebelumnya, rem lebih byk digunakan

semoga berguna jika ada para pengguna innova yang ingin mencoba menambahkan dek depan atau undertray. jika lubang baut sudah disediakan, ane rasa seharusnya undertray juga disediakan. 

P.S. jangan2 percobaan seperti honda city dan jazz, dimana seri lokal GD dipasangin undertray panjang, seri GE pendek sekali, trus sekarang seri GK kembali memanjang lagi.. 


by usbdevice
sumber : kaskus KIOC

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : membuat dan memasang relay motor starter Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}