DIY : aerodinamis kolong innova {usbdevice}
gambar 1 - under carriage
http://otodiy.blogspot.com
misi agan2 kioc.. ane pengguna innova vvti mt gen2 (facelift gnki).
akhir2 ini ane selalu lewat jalan tol setiap hari dan ane merasa
terganggu dengan berisiknya suara deru angin yang masuk ke kabin..
mungkin karena tingkat aerodinamika yang jelek dan gear ratio tinggi
sehingga di 100kmh suara angin tercampur dengan suara berisiknya
visco-fan depan, kalo ane bandingin dengan terios at saja masih lebih
senyap di 100kmh.. tentunya jika terlalu banyak angin menghasilkan drag
yang lebih tinggi.
lalu ane baca2 ttg panduan tuning efisiensi vvti di page1, tapi blm ada
yg membahas ttg penambahan dek bawah untuk innova vvti. trus ane coba
baca2 di internet tentang bagaimana meningkatkan level
aerodinamis mobil. lalu ane mencari lubang tempat ganti oli dan mengamati underbody innova ane..
ternyata tidak ada selembar dek plastik (a.k.a undertray / splashguard)
yang menutupi bawah mesin. logis saja jika di tol semua angin dari depan
masuk mengganggu putaran baling2 visco fan yang besar menyebabkan suara
deru yang mengganggu. padahal, sudah ada 4 lubang baut untuk undertray.
ane kemudian pergi ke pusat onderdil toyota untuk mencari undertray
fortuner, dengan harapan bahwa jika innova dan fortuner menggunakan
basis yang sama, kemungkinan undertray fortuner bisa diterapkan di
innova tanpa banyak perubahan. namun ternyata selain harga mahal, tidak
ada toko yg memiliki stok ready saat ane berkunjung 2x. setelah harapan
lama putus, ane tiba2 menemukan 2 lembar plastik tipis kaku yang ada di
limbahan bengkel truk. mau cari dan beli lagi tapi adanya malah karet
conveyor yang lemes.
bermodal gunting heavy-duty dan spidol cat, ane mendesign sendiri undertray dari bahan plastik tipis kaku menjadi spt ini:
gambar 2
gambar 3 - penampakan dari atas
gambar 4 - penampakan dari atas
terlihat lubang besar sudah tertutup, namun masih ada celah untuk ventilasi udara untuk fan.
setelah melewati masa 2bln / 2500km, ane simpulkan bahwa percobaan ini berhasil untuk innova ane. singkat cerita:
+ suara deru angin dari mesin berkurang di 80kmh ke atas
+ mesin sedikit lebih ringan mencapai rpm tinggi di atas 40kmh
+ isi kap mesin tidak mudah kotor
+ undertray plastik tidak leleh kena panas culter oli
+ temperatur mesin tetap tidak sampai 1/2 meskipun macet
+ sedikit perbaikan di konsumsi bbm
+ ada perbaikan di handling saat bermanuver di atas 100kmh
+ 2 lubang baut 8mm dan 2 baut 10mm sudah tersedia dari pabrik
- suara berisik fan menjadi sedikit lebih keras di rpm bawah (saat kipas belum kopling)
- bahan plastik kaku susah didapatkan
- mesin dingin sedikit lebih lama ketika parkir
- harus dilepas saat ganti oli
- mobil terasa lebih bergelinding dari sebelumnya, rem lebih byk digunakan
semoga berguna jika ada para pengguna innova yang ingin mencoba
menambahkan dek depan atau undertray. jika lubang baut sudah disediakan,
ane rasa seharusnya undertray juga disediakan.
P.S. jangan2 percobaan seperti honda city dan jazz, dimana seri lokal GD
dipasangin undertray panjang, seri GE pendek sekali, trus sekarang seri
GK kembali memanjang lagi..
by usbdevice
sumber : kaskus KIOC