Rabu, 06 Juli 2016

DIY : Bersihkan MAF sensor innova VVT-i {d3v1lm4ycry}

 gambar 1 - setelah baut dibuka, socket sensor dicabut dulu
http://otodiy.blogspot.com
Sudah 3 tahunan (km 18.900an) blm pernah coba bersihin MAF sensor, akhirnya kemarin coba nyari CRC MAF cleaner di Lindeteves tp ga nemu. Akhirnya mutusin coba bersihin pake contact cleaner. Pertimbangannya, contact cleaner ditulis jg bisa membersihkan dirt, dan oil walaupun pasti dlm kadar yg tidak terlalu tebal. Pemikiran saya harusnya sensor MAF juga kadar kotoran minyak/olinya tdk terlalu pekat.

Maka dicobalah hari ini dibongkar dan dibersihkan MAF sensornya. Untuk langkah DIY nya sudah ada di page one (kalo tidak salah dari TS). Saya hanya ingin coba share hasilnya dgn menggunakan cairan contact cleaner dan bukan cairan khusus MAF sensor cleaner.Sudah 3 tahunan (km 18.900an) blm pernah coba bersihin MAF sensor, akhirnya kemarin coba nyari CRC MAF cleaner di Lindeteves tp ga nemu. Akhirnya mutusin coba bersihin pake contact cleaner. Pertimbangannya, contact cleaner ditulis jg bisa membersihkan dirt, dan oil walaupun pasti dlm kadar yg tidak terlalu tebal. Pemikiran saya harusnya sensor MAF juga kadar kotoran minyak/olinya tdk terlalu pekat.

Maka dicobalah hari ini dibongkar dan dibersihkan MAF sensornya. Untuk langkah DIY nya sudah ada di page one (kalo tidak salah dari TS). Saya hanya ingin coba share hasilnya dgn menggunakan cairan contact cleaner dan bukan cairan khusus MAF sensor cleaner.
 gambar 2 - angkat sensornya dari housing
 gambar 3 - kondisi sensor sudah kotor banget
 gambar 4 - setelah dibersihkan kok pentolannya tetap kecoklatan yah?
 gambar 5
gambar 6 - Dibersihkan dengan contact cleaner

by d3v1lm4ycry
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar