DIY : Pasang Electric Mirror pada Wagon R {sufadly}

 gambar 1 - Mesin EM beserta Swith + Kabel
http://otodiy.blogspot.com
Permisi om momod, dan agan agan semua, nubie mau cerita dikit ni habis pasang Electric Mirror (EM). 
Cukup lama saya merencanakan memasang EM, sempat hunting ke beberapa toko khusus reparasi spion mobil, harganya sekitar 1-1.2 juta yang ditawarkan. Kebetulan bujet modifikasi saya minim, dan saya suka ngoprek jadi diputuskan untuk beli bahan saja. Singkat cerita, akhirnya saya menemukan penjual paket EM dan Swith di salah satu toko online. Iklan yang saya dapatkan sebetulnya part EM untuk mobil lain, tetapi ketika saya tanyakan mesin EM untuk Wagon R, ternyata gayung bersambut (akhirnya saya mandi pake gayung itu he he he). Singkat cerita akhirnya saya jadi memesan paket EM + Swith + Kabel. 

Untuk itu, kali ini saya mencoba membuat tutorial pemasangannya, semoga bisa membantu rekan-rekan yang ingin memasang sendiri.

Bahan:
  1. Mesin Electric Mirror
  2. Swith/saklar
  3. Kabel
  4. Solasi biasa dan bakar
  5. Skun Cowok
  6. Sikring/fuse dan rumah (5 atau 7,5 A)

 Alat:
  1. Kater
  2. Obeng dua jenis
  3. Kabel rem sepeda
  4. Tang

Skema perkabelan, terima kasih untuk om Dj WRI atas sharing ilmunya ini.
 gambar 2 - skema
Karena saya tidak pakai retrak (spion melipat sendiri) jadi skema yang diblok ungu tidak digunakan.


Melepas Spion:
  1. Buka door trim pintu, untuk melepas spion dari dudukannya. 
  2. Terdapat tiga baut sebagai penguncinya (lihat gambar A,B dan C), baut (C) ditutup pakai plastik. Sementara lubang D, yang dilingkari kuning pada gambar 3-2, merupakan jalur kabel EM atau lampu sein.

 gambar 3
Memasang Mesin EM :
  1. Buka kaca spion dengan cara mengarahkan spion ke atas, biar kita bisa congkel dari bawah bagian klip tengah, kemudian lepas 2 klip kanan kiri. atau ikuti cara ini.
  2. Kemudian lepas mesin lama dan masukan mesin EM baru beserta kabelnya. Mesin lama belum ada dinamonya, kopong jadi saya tukar casingnya, biar tetap hitam.
  3. Masukan kabel ke dalam celah yang telah tersedia. Agar mudah memasukkan kabel ke jalurnya saya menggunakan tali rem sepeda, repot kalo harus melepas batok spion.

 gambar 4
EM + Kabel terpasang
 gambar 5
Membuat lubang untuk jalur kabel ke pintu bagian dalam. Gambar 6-1 sisi luar spion, gambar 6-2 sisi dalam spion.
 gambar 6
Instalasi Kelistrikan (Swith ke EM)
Pada tahap ini saya cukup mengalami kesulitan, awalnya saya pikir simple, ternyata tidak.
Jadi, karet/selang yang menghubungkan elektrikal di bagian pintu dengan bagian dalam ternyata menggunakan soket. Saya pikir hanya selang biasa yang akan dengan mudah memasukkan kabel. Sempat frustrasi, dan langsung konsultasi dengan teman melalui WA. Ternyata memang tidak bisa lewat jalur ini. Cukup lama saya terdiam merenungi permasalahan ini, sedangkan waktu semakin larut. Gagal lewat jalur ini. Untuk memasang karetnya kembali pun saya harus melepas pintu (jangan diulangi ... he he he )
 gambar 7
Singkat cerita setelah meraba-raba dan memikirkan jalan mana yang harus saya tempuh, akhirnya saya menemukan jalan terbaik untuk menyelesaikan persoalan ini he he he. Di bagian atas dan bawah karet selang tersebut terdapat lubang  yang ditutup oleh plastik hitam, begitu juga pada bagian dalam body.
 gambar 8
Caranya, Plastik tutup lubang tersebut dilepas, kemudian diberi lubang tengahnya agar kabel dapat masuk. Agar kabel ke sisi sebelah, lagi-lagi saya menggunakan kabel rem sepeda. Posisinya lubang dalam dan luar tidak sejajar, tetapi atas bawah, jadi untuk menembukan kabel dari dalam keluar harus sabar. Setelah itu baru palstik penutup dipasang kembali. 
 gambar 9
Setelah tembus selanjutnya masukan kabel ke dalam karet selang sehingga masuk ke bagian dalam pintu untuk disambungkan dengan kabel dari spion tadi.
 gambar 10
Setelah itu, untuk kelistikan, Kabel positif saya tambahkan sikring/fuse 7,5A (Gambar 11-1), dan disambungkan ke ACC yang ada di sisi kanan bawah stir (gambar 11-2 dan 11-3), ruang sikring. Sementara itu kabel negatif/ground saya tempel di body, gabung dengan yang sudah ada.
 gambar 11
Untuk swith saya letakan di sisi kanan stir. Berdampingan dengan swith Foglamp. 
Sebetulnya posisi seharusnya diletakan secara vertikal (gambar 12-1), tetapi karena space yang pas dan secara estetika lebih rapi, jadi saya ubah menjadi horizontal (gambar 12-2). Akan tetapi, untuk menghindari kebingungan ketika menggunakan maka posisi kabel saya ubah. Dengan demikian, ketika menekan bagian atas yang bergerak juga kaca spion atas, begitu juga kanan kirinya. Jadi, posisi tidak mengubah fungsi kepraktisannya. 
gambar 12

Dan selesai.

Semoga bermanfaat.
http://sufadly.blogspot.co.id/
by sufadly
sumber : kaskus

Comments

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}