DIY : memperbaiki semprotan nozzle wiper kaca belakang Aerio

Beberapa minggu yang lalu Newbie mendapati nozzle wiper kaca belakang Aerio milik newbie tidak bisa nyemprotin air lagi, cuman baru pagi ini (15 Mei 2010) newbie ada kesempatan untuk melakukan pengecekan. Pagi bangun ternyata kondisi sedang hujan, pingin melakukan pengecekan apakah pompa nozzle kaca belakang mau nyemprot ato tidak harus bongkar bumper dulu..... lagi males juga sih secara kena percikan hujan, maklum cuman punya carport doang ga punya garasi tertutup, belum lagi waktu ga banyak-banyak amat karena ada keperluan untuk pergi.....

Langsung aja dah, wiper belakang ditegakkan biar kalo bergerak tidak menggores kaca, trus semprotan wiper belakang dioperasikan..... hmm suara pompanya normal-normal aja, apa yang masalah yah ? apa ada yang kesumbat ato selang yang lepas ?? terusin dah, eh nyemprot dikit dan terlihat ada "sesuatu" yang keluar.... setelah dilihat ternyata semacam "lumut", kelihatannya ini biang keroknya..... Coba terusin makin lancar dan makin lancar....

Fiuh untung ga bongkar bumper..... eh kok jadi gatel tangan pingin ngecek nozzle wiper belakang ya, hehehehe.... Kalo bagian belakang mobil mah mo hujan deras newbie ga bakalan kecipratan.... Hmm lokasi nozzle rada susah dijangkau dari luar secara terhalang spoiler atas dan bersembunyi di coakan third stop lamp, masa ngelepas stop lamp dulu sih... Coba liat dulu baliknya ah....


Gambar 1
Hmmmm tepat di posisi nozzle ada penutup plastik/karet berbentuk oval..... coba dibuka ah, pake tangan aja bisa kok, tinggal congkel.

Gambar 2

Di dalamnya ternyata ada kabel dan ada selang, cuman warnanya pada hitam gara-gara semprotan anti karat. Kabel di geser dikit biar ga menghalangi dan selang dicabut dari nozzle, hmmm susah amat, terpaksa dicongkel pakai obeng minus pelan-pelan. Coba tarik selangnya keluar ah, secara mayan kecil euy ntuh lubang, untung jari newbie ga gede hehehehe.

gambar 3

Weits, kenapa ntuh selang tertekuk yah ? Sedikit banyak ngehambat kelancaran aliran air tuh....
Hmm ada sambungan lagi yah dari plastik warna hitam (gambar 3). Cabut ah... 

Gambar 4
 
Oh ternyata sambungan ntuh one way valve atawa katub searah rupanya, tuh ada tanda panah yang nunjukin arah aliran air...

Gambar 5

Wah di ujung katub searahnya juga ada lumutnya neh..... bersihin deh, sekalian cabut selangnya yang tertekuk untuk dipotong pakai cutter, ga perlu ganti selang secara ini aja kelebihan panjangnya

Gambar 6

Nih dah terlepas one way valvenya, aduh ntuh lecet gara-gara kena "tang" susah emang nyabutnya, mungkin gara-gara kena anti karat, bener-bener messy dah ntuh anti karat, tangan sampe item-item belepotan susah diilangi.

Berikutnya tinggal potong selang yang tertekuk, balikin ke tempat semula. O ya jangan sampe masang one way valvenya kebalik yah..... dites aliran air lebih lancar lagi.... sip dah.

by singachu

Comments

most read in a week

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF