Troubleshot rembesan oli dari pompa power steering

gambar 1 - Basah di pipa sambungan
Pas proses ganti-ganti engine mounting, eh kok liat banyak amat basah-basah oli di dek plastik dan di pinggiran bak karter oli. Puyeng deh darimana ini oli, pas dicolek kok ya ga merah seperti warna oli power steering, tapi dari liat-liat arah rembesan keknya kok oli power steering.



gambar 2 - basah di dek plastik bawah
gambar 3 - basah di kompresor AC
gambar 4 - basah di sambungan bak oli
Hmm curiganya sih dari sambungan selang suction Power Steering yang mau masuk ke rumah pompa power steeringnya (gambar 1), tuh kan kliatan tebel bener campur ama debu.
Udah mayan lama nih keknya, cuman baru nyadar ini.... liat level oli di tabung reservoir PS, aman...... liat dipstick oli mesin yang udah kepake 7000 km, aman.
Wah mana yah ? Better dicuci bersih dulu trus diamati lagi deh mana bagian yang beroli lagi.
Ambil botol bekas 600ml, kasi air, kasi detergent, lubangi tutup botolnya, siap deh ber"crot" ria.... sikat gigi bekas juga beraksi, berhubung lokasinya mayan susah ya kudu sabar. Sekalian bilas pake hipressure cleaner buat cuci mobil, hasilnya mantap mayan bersih.
gambar 5 - Abis dicuci
gambar 6 - abis dicuci
gambar 7 - abis dicuci
gambar 8 - abis dicuci
gambar 9 - kompresor abis dicuci
gambar 10 - sori malem-malem nih ambil fotonya
gambar 11 - kompresor AC abis dicuci
gambar 12 - bak oli abis dicuci
Keknya curiga dari sambungan selang ke pipanya yang di gambar 1 itu deh.....mau dikendorin susah bener posisinya, akhirnya pake obeng plus buat kendorin klemnya yang seperti baut, coba tekan lagi dan seretin lagi.
Hasilnya setelah senin setelah dipakai PP rumah kantor, didapati memang sedikit ada basah kalau dicolek jari. Selasa pagi coba di sealer, ini susah gara-gara lokasinya, duh....... jadinya cuman kendorin dikit, tarik ke atas seperti mau cabut, cuman bisa geser 0.5 cm -an, oles-oles sealer semaksimalnya...maklum susah lokasi nih...tekan balik selangnya, seretin balik klemnya (hasil gambar 13)
Setelah selasa dipakai PP rumah kantor, Rabu didapati sepertinya ok. Lanjut.....
gambar 13 - Hasil sealer
gambar 14 - sepertinya ok, masih blom sempet ngolong
Kamis pagi, coba tes, sepertinya ada basah, tapi karena ragu ambil tissue dan dibebatkan ke sekeliling pipanya, hasilnya seperti nampak di gambar 15, yang dilingkari warna merah ada noda oli warna merah....positif oli power steering, tapi setelah 2 hari pemakaian dan itupun ga netes, so minim banget.....anggap solved aja dah, kalau mau perfecto keknya kudu banyak effort yang dilakukan gara-gara lokasi tadi ntuh ketutup pipa hipressure ama selang AC
gambar 15 - tissue cek rembesan
gambar 16 - foto diambil hari kamis
Tinggal dipantau beberapa minggu diliat rembesannya apa ada sumber lainnya lagi.

regards,
singachu

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G