DIY : tuning mesin Taruna EFI : setelan rpm, angin dan bensin {yogi1303}

gambar 1 - setelan RPM
 http://otodiy.blogspot.com
gara2 bensin boros, coba2 oprek malam, muter2 baut :
setelan di trotel, sepertinya baut setelan campuran bensin...
(klo diputer ke kanan rpm turun, ke kiri rpm naik)
baut L di dekat tarikan gas...


ane pake cyclone, baru ingat klo dulu iklannya setelah pake alat itu setelan bensin dikecilkan udara diperbesar.
gas di mesin efi kayanya mbuka tutup jalur udara, jadi sepertinya itu yang perlu diperbesar, diputer dikit langsung tinggi rpmnya..
supaya rpm turun, baut di trotel diputer ke kanan (lupa berapa puteran, soalnya udah diputer kanan kiri bolak balik, lupa dah...  )

efek yang terlihat mata: tali gas kendor, musti dikencengkan..  

setelah sedikit coba2 di carport, dan coba jalan ke warung... 
gas di"tutul" dikit langsung naik ke 2ribu..   (mesin EFI,) 

Setelan RPM
ini setelan RPM (gambar 1), butuh kunci 8 dan kunci L yang kecil.
kendorin dulu baut 8, lalu puter baut L yang kecil di tengahnya, kencangkan lagi baut 8 nya...
setelah bagian ini disetel, biasanya kerenggangan kawat kabel gas berubah, setelannya ada di atas, pakai kunci pas 12 + tang.

gambar 2 - setelan angin
Setelan Angin
ini setelan angin (gambar 2), bisa disetel pake obeng plus maupun min.
diputer kanan rpm turun diputer kiri rpm naik...
untuk nyetel ini, ada alat ukurnya, seperti alat uji emisi yang dimasukkan ke lobang knalpot belakang...
klo sekedar naikkan rpm sebaiknya jangan yang ini, salah settingan bisa bikin boros n boyo...

Setelan Bensin
 gambar 3 - setelan bensin
nah ini setelan bensin.. (gambar 3). untuk ngatur durasi bukaan bensin di injektor
gambar 4 - tampak bawah setelan bensin
ini tampak bawah setelan bensin, ada obeng khusus untuk muternya, model oval..
kalau gak punya, bisa pake tang yang ujungnya runcing.
klo pake scanner nanti kelihatan variabelnya berapa...

sumber : kaskus

Comments

most read in a week

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

DIY : pengencangan mur atas shockbreaker penyebab bunyi klotok-klotok

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}