Share hati-hati pasang DRL di Ertiga berakibat ECU malfunction {ardyyudi123}

gambar 1 - ECM / ECU
http://otodiy.blogspot.com
Ijin gabung agan2 smua..
Newbie banget dari jogja. 
Salkem & hormat utk smua. 
Langsung curhat, maap apabila tidak berkenan.. Posting pertama... Harap maklum belepotan

Setelah compare mau ganti mbl buat istri, sebelumnya nyoba langsung masing2 dua hari mbl sodara d jkt .. Antara r3 & mbli-o

Akhirnya kesengsem knyamnan r3, lanjut sbb :
Tgl 15 jun ambil r-3 grey GL. (Sblumnya dkandang udah ada avnza & G-lvna 12) buat rental kcl2an
Tgl 16 jun reyen langsung naik gunung.. Emang beda.. R3 Tanjakan jauh lebih ok dr avnza
Tgl 17.. Head lamp 1 buah ngembun. Sama sales suruh antar pulang ke beres deler tuh r3
Tgl 18.. Bawa ke beres..15mnt langsung headlamp dganti.. Katanya emang sering kasus kyk gini. Loh koq ga learning by doing..

Tgl 20.. (Ni yg parah).. Stelah pasang lamp DRL ( tempat variasi mbl langganan d jogja) .. Mbl Dipake 2jam- an.. msh normal. Tiba2 indikator mesin (emisi) nyala .. Mobil cuma mpe rpm angka 3.. Di injak gas ga efek.. Spedo Paling bnter jalan 30km-an/jm.. Naik jln layang spot jntung cuma jalan 20km/jm.. Lngsung bawa ke beres lagi.. Di cek 1/2 jam ga ktemu.. Dminta balik senin. Sabtu sore dah mo tutup
21 jun - coba2 iseng cabut aki 1/2jam.. Ga ngefek juga.. Sdh di telp service manager beRes.. Senin suruh pagi anter mobil ( km udah jalan 300)


22 jun - pagi bgt lgsung setor tuh mobil.. Dtunggu n diliat2 mpe siang.. Sepertinya ga da progres.. Hanya keliatan kap dibuka.. Alat scanner ecu dan buku kitab bertulis R3 tebell bgt.. Tergeletak dskitar unit (sbenarnya ada fotonya) dan masih ga ktemu.. Akhirnya siang kami pulang naik ojek..
Sore - menjelang tutup.. Telp berurutan dari sales, manager, bm.. Mmohon maap (dgn ramah) .. Unit blm selesai dan blm bisa nemu masalahnya apa.. Sampai kapan..belum tau. Dan ditawarin mbl pengganti.. Haduehhh.. Secara ini mobil baru dan beres bengkel resmi blm bisa memperbaiki.. Dan baru dipake bbrp hari sdh bolak-balik beRes.. Istri udah ilfell.. Was2..mau make takut produk ga beres.. Nyalahin knpa ga ambil kompetitor.. Ckckk.. Tambah mumet.. Milih make motor & ga mau pke mbl pengganti..
Dari pihak beres memang berkeluh kesah kmungkinan dari cara masang lampu drl yg g bener jadi ngrusak system.. Tapi buat kami. Itu juga yg jadi was2.. Mbl lain gapapa tuh ngambil arus dari body & acc (macam lighter ) kontak on drl on kontak off drl off. (Itu info dari tukang pasang di t4 asesoris( Nih mbl koq sensitif amat..) semoga hari ini ada progress

Terakhir.. Mhn maap kalo panjang luber, serius newbie.. Hanya butuh pencerahan bro sis smua sapa tau ada yg pernah kjadian kyk gini.. 

Case Closed :
GAME OVER
Ngepel bersih fr ane
Maap, kalo panjang luber. Utk pencerahan & kewaspadaan untuk pmakai & calon pembeli. Agar tdk berbuat bodoh spt ane.. Tdk bermaksud mnyudutkan sapapun. Sbelumnya makasih buat team beres & mas sales

24/6- stlh dari sabtu ga ktemu trouble makernya. & nginep semalem.  Info A1 dari beres fix Mesti ganti ECM + reset ulang kunci imob.
( garanti ilang.. Estimasi biaya 2jt-an)  Diinfokan tambah opname 7-10 hari sesuai prosedur part order beres pusat.. Ane berusaha nego tampang mules minta sgala cara utk dpercepat. Stelah bbrp x telp leader & bos beres.. Akhirnya dijanjikan 3hari selesai. ..... (Ini karena ane crita pernah punya case (-) dgn sales sijuki jaman inden splash dulu.. ). Tetot.. Yg ini ga usah ane lanjut.. 
Sore hari beres  minjemin mbl pengganti.. Makasihh
Lanjut ke bengkel asesoris tempat masalah bermula.. Sbelumnya telp dulu dan disuruh dateng ke tkp p#tra mobil jl mglng.. Yg saban hari slalu rame.. Dgn semangat puasa. Ngobrol baik2 dgn juragan.. Kmudian ane dsuruh nyari si tukang pasang tsbt. Awalnya ga da yg ngaku (ane juga agak lupa wajahnya) tapi kmdian ane tunjuk tuh orang n ngemeng baik2.. Baru ngaku.. Si tukang lgsung nyolot ngajak debat (sdh sring masang drl r3) .. Memng dsitu ada mbl plat putih papansa jg yg pasang.. Dia bilang ga mgkn konslet, kalo konslet langsung mati .. Berhubung ane puasa.. Ane rangkul tuh si tukang..  Bapak saya telpkan manager beres sijuki.. Stlh telp2an itu tukang diem pelan2 ngeluyur tanpa ngemeng maap .. Kayaknya udah nggeh. Nego Juragan bengkel hanya awal mau bntu 500rb.. Sambil bilang maap2..

25/6 R3 dikabarin dah sembuh.. Ane ambil dgn total bayar 2,16jt ( stelah diskon) harga ecm 1,7an.. +bea reset kunci

26/6 ane 2x ke p#tra mobil.. Mau nego+nagih.. Niatnya baek2 . pagi kesana suruh nunggu juragan dateng  kalo gak ya tar mau di telp.. Katanyaaaa... Ditunggu mpe sore ga da telp.. Stelah di datengin lagi, ternyata juragan dah di tkp.. Langsung ane samperin & tanpa babibu kluarin amplop 1jt. ( ga mau ribet krn byk konsumen) Yah ..lumayanlah. Sebenare pingin lebih. Tapi males puasa ane batal ngajak debat. Apalagi diliatin tukang2 dsitu yg kayaknya udah tau case ane. ( oiya..pas ane pagi dateng. Ada juga konsumen yg baru klaim tentang lampu yg barusan masang dsitu dan Mati) lalu diajak menjauh sama pegawe laen.. kayaknya ga cuma sekali kjadian..

Kesimpulan
Apes mode on. 
Hati2.. 
Total kerugian 1,1jt

Oke agan2.. Maap..terlalu fokus sama tetek bengeknya.. Lupa posisi kejadiannya..coba ane rangkum sbb :
#tkp beres di jl solo
#tkp pasang drl di p@tra mbl jl mglng

#posisi colok kabel selain ground 
---- ini yang ane ga punya bukti valid nyolok dimna-- dari drl nyala kepasang sampe kemudian mesin no accelerasi stlah rpm angka 3 langsung ane bawa ke beres n kemudian kabel dicopot sama beres (+/-3jam) --( ane ga tau persis nyolok dimana) sempet debat kecil.. Ane minta bukti ke beres utk klaim ke bengkel asse . 

(info dari tukang pasang p@tra mbl) 
adalah di kabel ada di bawah stir,support acc .. Mesin nyala-drl on--mesin mati-drl off (bukan kontak on-drl on--kontak off-drl off) kalo ga salah bilangnya kabel item strip merah & ga kupas kabel
Maap detilnya ane ga tau.. 

(Info dari servis manager beres) diprediksi pd saat tempel kabel terjadi shock/jepret..atau mungkin salah ambil arus shingga membuat ecm malfungtion bukan matot & mengakibatkan support daya ke elektric accelerasi gas (lupa nmnya apa, kalo ga salah disebut app) turun voltase.. Rpm mentok angka 3.. Ini si ecm memang mengnggap adanya eror/shock pada listrik mobil shingga mmbatasi accelerasi, menyalakan indikator mesin, supaya nyuruh kita ke beres. Tapi bingunggnya pd saat di scan tidak memperliatkan dimana malfunctionya.. Diketahui setelah umur 3hari di beres dgn mencoba manual satupersatu konector yg berhub dgn ecm. (& gak berhub lgsung dgn kabel yg kecolok itu)
Intinya dari beres adalah
"Penggantian ecm dipelukan & garanti kelistrikan utk ecm ilang dikarenakan pemakaian part bukan dari sijuki/deler"
Bangkai ecm ane persembahkan ke bengkel asse.

Dari beres memberikan garanti kembali asal ga diulangin ato masang di beres. (Ane jujur ngomong ke beres waktu pertama kali mbl trouble kalo dah 3jam an pasang drl & nyala) & itu dihargai sama beres, bisa aja sblm k beres drl ane lepas krn ane udah tau prediksi pasti trouble.. Secara mbl baru bukak kap mesin pertama ya di bengkel asse itu stelah 2 hari awal ngelayap 300km naik gunung & hanya klaim headlamp ngembun lgsung dganti sama beres.
Tambahn info dari beres, case ini sangat jarang trjadi, pernah kejadian 1x saat itu malah tkp di beres sendiri/kalo ga salah case pasang klakson.
Demikian liputan selesai.
Maap kalo kurang puas penjelasannya

Comments

  1. mengapa pihak ATPM tak beri Batas Warning perkabelan mana yg Boleh diotak-atik mana yg Tidak boleh diotak-atik Ujung²nya Main Ambil Garansi Hangus....kasian Owner sama Bengkel Acc

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}