Sharing ganti kopling set Suzuki APV {prahiyan}

 gambar 1 - kardus kopling
http://otodiy.blogspot.com
Sharing pengalaman ganti kopling Suzuki APV.
Gejala tidak seperti kalo kampas kopling habis, karena tenaga tetap tidak berkurang namun injakan kopling memang sudah berat, dan keluhan lain saat stasioner ada bunyi, saat kopling diinjak bunyi hilang. 
Pertama datang diberes diminta siapin dana 3 jeti (harga di kaltim), akhirnya mundur teratur cari altenatif lain yaitu beli kopling set sendiri yang Ori dan cari bengkel biasa yang mumpuni.
Cukup repot juga ganti kopling si Bantet, 

Pertama body mobil dipasang stand jack pada keempat roda, sehingga kolong mobil menjadi lapang. Lepas cross join belakang, lepas gearbox, turunkan gearbox nggak perlu dikeluarkan dari kolong, cukup taruh saja di bawah kolong.
Lepas Dekrup/Matahari, ternyata pilot bearing sudah rusak parah, lepas flywheel ganti pilot bearing (sudah termasuk dalam kopling set)
Check kondisi kopling memang sudah aus kira-kira tinggal 3-4 mm
Kondisi Matahari nggak begitu tahu, bearing dekrup kering dan kotor,
Lama pengerjaan kurleb 2 jam.
Setelah selesai..... mantap injakan kopling ringan bingit bak mobil baru..
Tenaga tersalur lebih smooth dan terasa tenaganya..
Ternyata Kopling Set Suzuki APV bikinan Valeo, dengan bearing dekrup NTN dan pilot bearing Koyo
Warna kardus biru (gambar 1)
Berikut photo
 gambar 2 - Ketebalan kampas kopling kiri yg lama, kanan baru
 gambar 3 - pengerjaan
gambar 4 - isi box kopling set

by prahiyan
sumber : kaskus

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G