Simulasi boost optimal 2 bar di Diesel 2500 cc {gajah_terbang}

 gambar 1
http://otodiy.blogspot.com

Berikut simulasi boost Turbo 2 - 2,38 bar pada Diesel 2500 cc yg saya pernah iseng2 buat di Match Bot nya website BorgWarner

gambar 2
Indus / Exdux Compressor wheel 

49,6 / 61,4 mm

IMHO :
Dengan set boost spt di atas, mungkin dengan Turbo yg sedikit lebih kecil mungkin masih bisa, let's say misalnya Induser 46 - 47 / Exducer 58 - 59 mm utk ngejar spool up lebih cepat (CMIIW ya) 

Tapi itupun saat boost gede udah mepet batas ke area choke zone

Atau set 2 bar max aja dan mungkin bisa gunakan baling baling Exducer 56 - 57 mm 

Bila Turbo bekerja di Efficiency island, maka yg keluar adalah udara padat

Udara padat inilah yg kaya akan Oxygen, yg dibutuhkan mesin

Bila Turbo bekerja hingga ke daerah choke zone, maka yang keluar adalah udara panas.......udara panas lebih renggang / miskin Oxygen, tapi boost tetap terbaca besar karena udara panas itu mengembang sesuai hukum PV = n RT

Lalu apakah Intercooler bisa mengatasi udara yg sgt panas ?

Perlu diingat bahwa tekanan tinggi akibat udara panas yg mengembang, andai ada "Intercooler super" bisa menurunkan suhu dengan sangat signifikan, maka volume udara akan menciut dan tekanan berkurang, aka boost drop nya besar

Jadi yg benar adalah Udara padat dengan suhu yg wajar...........benar2 padat masuk ke ruang bakarnya 

IMHO & CMIIW 


by gajah_terbang
sumber : kaskus KIOC

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}