share pengalaman Honda Brio overheat karena motor kipas {roy101}

 gambar 1 - Kipas Radiator merangkap kipas AC
http://otodiy.blogspot.com
share pengalaman ane....
pulang dari pergi keluar tol, masuk ke wilayah pemukiman yang jalannya pelan sebentar berhenti, tiba2 di dashboard ada nyala kelip2 merah, gw tegesin lagi wah indikator over heat nyala kelap kelip, kebetulan ane mau makan dulu di warung, sekalian berhenti sekalian buka kap, ademin dulu....sambil makan tunggu mesin adem... 

kira2 30 menit kemudian ane jalan lagi mesin udah adem. tapi sampe rumah tercium bau mesin panas. meskipun belum kelap kelip...gw hidup matiin ac... kipas nyala sebentar trus mati.. nyala lagi.. normal kayaknya. gw matiin dulu tunggu 1 jam udah adem gw coba lagi.. tapi kipas gak nyala2, waktu hidupin ac kipas baru nyala, trus mati lagi..coba matiin ac kipas nyala juga cuma ada suara nguuk.....nguuuuk....nguuuk.
trus mati lagi, kayaknya normal tapi lama2 nyala lagi tuh indikator over heat.
besoknye hari minggu ane bawa ke bengkel megatama tambun ( dealer baru tuh ) deket indoporlen. ( cari yg deket )
gw bilang aja servis rutin yang notabene udah lewat hampir sebulan, di tanya keluhan apa " indikator over heat nyala " 
"sempet di isi nggak radiator" ? " tidak" dia lihat buku, kilometer mobil ( masih 11.000 an ) nota bene umur mobil 1,6 tahun. " gak perlu ganti olie kan ? mobilnya jarang keluar cuma sabtu minggu ." tidak usah " katanya ( baru ganti oli pas servis 12 bulan , masih 7 ribu km )
di buatin bon periksa overheat , "saya periksa keluhannya saja ya ?" ( minggu pagi jam 7:30 ) jam operasional 8:00 gw udah antri ke 3 .
singkat cerita . hasil periksa katanya normal, cuma relay miring... ok deh .kena cas 159 rb. kalo ada masalah kembali lagi kesini.
minggu pertama ( sabtu minggu aman )

minggu kedua hari sabtu mau ke sumarecon, baru di grand wisata udah mulai kelap kelip indikator over heat. 
masuk tol hilang , mati karena lancar & ngebut. keluar tol belok kiri... waduuuh macet man.....
bener aja sampai depan mitr keluarga kelap kelip lagi, buru2 cari keluar jalur cepat masuk jalur lambat, belum sempet keluar udah manteng tuh nyala nya..... BENER NIH OVERHEAT!! MACET PULA.....!!!
akhirnya bisa berhenti depan stadion yg bangun gedung parkir. 
matiin mesin, buka kap... waduuh penampungan coolan nya mendidih air nya.... ngocor keluar juga air nya....
sempet di datengin orang toyota bengkel... kasih tau " jangan di buka tutup radiator."... "iya enggak" gw jg udah tau BAHAYA BUKA TUTUP RADIATOR SAAT MESIN PANAS. dia bukain tutup penampungan " biar adem katanya "
saat mesin adem , jalan lancar , gw lanjut ke sumarecon , sekalian nunggu malem, sepi biar lancar ...
minggu gak bisa bw ke bengkel. malem gw datengin bengkel, ketemu satpam , boleh gak anter mobil malem2 buat service? gak berani dia...
ya udah gw subuh2 aje. 
jam 5 berangkat dari rumah, br masuk indoporlen u, macet, mana kelap kelip lagi, jalan sempit. untung pas deket pabrik....parkir dulu buka kap , ademin...... eh udah lancar lagi baru berangkat..jam 6 baru sampai depan bengkel...
nunggu buka , jam 7 baru boleh masuk.
jam 8 baru dilayani... 
" mas fan nya mati " setelah di priksa, dia catet no mobil, foto dash board ( KM) " saya bantu claim garansi "
saya periksa dulu spare part nya , sepertinya ada , kalo tdk ada nunggu 3 minggu  

akhirnya dia kasih tau, masih ada nih , ini punya orang yg sama masalhnya, krn kelamaan diakalin dulu biar jalan mobilnya & gak balik2 orang nya..... emang gue lucky. 2.5 jam gantinya... 
kelamaan, gw tinggal aja.
setelah di kasih tau jadi sore jam 5 baru gw ambil..... eh FOC , free of charge... karena gw baca GARANSI 12 BULAN ATAU KM 20 RB.
nah gw masih 11 ribu.
gambar 2 - motor fan

by roy101
sumber : kaskus

Comments

  1. saya baru ngalami kemarin pas balik mudik. brio satya 2014. artinya sdh enggak garansi nih.. td pagi tanya ke bengkel 1,2jt part dan jasa pasang, daerah baturaja sumatera selatan. bengkel resmi belum ada kebetulan

    ReplyDelete
  2. Sama persis kejadiannya, brio satya 2014 motor kipaz lemah. Krn garansi udah amsyong. Bawa ke tempat dinamo radiator beres.. ini karena arengnya kotor makannya jadi lemah kipasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lemah kipasnya memang arangnya kotor atau kualitas motor fannya rusak?

      Brsihin gtu kena berapa gan?
      Terima kasih

      Delete
    2. Kalau lemah kipasnya memang arangnya kotor atau kualitas motor fannya rusak?

      Brsihin gtu kena berapa gan?
      Terima kasih

      Delete
    3. biasa itu arengnya abis... jarang kalo hanya kotor....
      harga murah tergantung bengkel....
      kalo bisa bongkar sendiri juga ga repot....

      Delete
  3. Klw di brio saya thn 2014 Transmisi Matic.. Kan kipasnya ada dua.. Klw kipas yg buat AC normal nyala.. Tp klw yg satunya lg itu nyalanya lama bgt.. Kira2 normal atw bermasalah ya kipasnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti yang nyala lambat itu kipas radiator dan dia muter ngikutin sensor temperature mesin. Sama seperti di Aerio juga gitu, lama muternya, kalau pas kuras radiator dan nunggu nyala bisa 15-20 menit baru muter. Normal kok om asal kalau pas muter bisa muter kencang. Tes aja dilangsung ke aki kalau muternya kenceng brarti aman

      Delete
  4. Udah di panasin sekitar satu jaman plus nyalain ac.. ttep gak mau muter juga tuh kipas yg di radiator om,. Tadi iseng goyang2in rumah kipasnya.. dia nyala beberapa kali.. trus mati lagi sampe sekarang.. intinya harus digoyang2in di bagian kipas radiatornya.. kira2 motor fanya bermasalah atw gimana ya om ? Baru megang brio soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. brarti motor fan kipasnya yang lemah..... solusi bisa dibawa ke tukang dinamo, kadang bisa diperbaiki / ganti carbon brush aja. kalau ga bisa ya ganti motor fannya

      Delete
  5. atmin minta tolong di bantu jawabanya klo kipas radiator milik saya honda brio 2014 mati buat dinginin temperatur mesin tpi klo buat ac nyala itu yg rusak di bagian mana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. brio kurang tau ya, tapi coba cek sensor temperatur mesin (ECT = Engine Coolant Temperature) barangkali ada faulty atau sekedar kotor

      Delete
  6. Wahh brio ku juga kena kipas g muter

    ReplyDelete
  7. Bang maunanya motor fan radiator sama motorfan AC brio matic 2014 sama atau beda? Masalahnya ada yang bilang sama aja.

    ReplyDelete
  8. Senang membaca artikelmu tentang sales mobil baru, kalau ingin promosi di portal sales mobil kemungkinan penjualan mobilmu akan mengalami peningkatan.

    Jika kamu ada pertanyaan seputar mobil baru, silahkan bertanya. Kami akan respon secepat mungkin

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G