Kabel ke kompresor putus sehingga AC Aerio tidak mau hidup {Dwiki T Nugraha}

 gambar 1 - kipas condesor aka extra fan AC
otodiy.blogspot.com
Om tan sumas, mohon saran dong.
Jd kronologi barusan bawa oreo jalan pagi2, nyalain ac, tiba2 kok ga dingin.
Dicek ternyata kipas ac mati.
Sampe tujuan ga pake ac,
Iseng baca2 di otodiy, saya coba tuker relay ac sama foglamp( tetep ga nyala) yg relay ac pasang buat foglamp nyala.
Habis itu coba jumper fan ke aki, wuss angin kencang.
Kira2 apanya ya? 😓
 gambar 2 - thermostat mekanik

Lg dibengkel nih om,
Setelah dicek kabel kompresor putus bikin sikring fan/kompresor putus.
Sekalian cek lain2, hasilnya thermistor mati jadi kompresor ga cut off, solusi diganti model mekanik (thermostat) bukan elektronik. (gambar 2)

Trus jumper kipas ac dgn skema:
Saat ac on, kipas radiator & ac nyala barengan. Saat ac off, kipas radiator nyala sesuai ect sensor. (Kurang lebihnya yg dijelasin teknisi langganan.

gambar 3 - nota
Ini sih thermostat mekaniknya,dicoba seharian belum ada problem. Otomatis jalan normal lagi. Kalo bermasalah kedepan balik lg pake thermistor.

Sudah solved, 
Kabel kompresor putus, fuse jadi putus juga, solusi sambung kabel & ganti fuse baru.

Ada modif jg di fan(kabelnya aja) nganut sistem honda menurut mekanik acnya.
Tp kalo kedepan bermasalah, nyopot kabelnya gampang bener kok.

Untuk saat ini td dicoba jalanan jakarta siang panas & macet ac dingin bgd.

rincian habis 300

saya pengen coba2 dulu sebulan dgn skema jumper & thermostat ini, kalo ngadat balik ke normal, trims berat atas masukan2nya 👍


by Dwiki T Nugraha
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY : pengencangan mur atas shockbreaker penyebab bunyi klotok-klotok

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}