Report ganti repair-kit master kopling atas aerio penyebab kopling hilang tekanan {Anjik}

gambar 1 - Karet master rem atas yang cuil
otodiy.blogspot.com
Report pengerjaan master kopling. Gejala awal kopling saat diinjak normal.tetapi pada saat kondisi jalan macet pasti akan lebih sering nahan injak dan lepas kopling. 
Pada saat  kondisi tersebut maka kopling tiba-tiba ringan dan loss hampir separuh. Bahkan jika semakin sering macet jalan berenti terutama saat mundur kopling loss sama sekali hilang, yang berakibat gigi porsneleng tidak bisa ganti gigi, jadi keras kondisi tersebut. 
Bisa normal lagi jika mesin dimatikan dan dihidupkan, maka bisa jalan seperti sedia kala. Tapi akan terulang lagi hal yang sama.

Analisa awal karena minyak kopling sudah terlalu lama tidak diganti sehingga harus segera diganti. Analisa sudah benar, pada saat dilakukan pengurasan dan penggantian minyak kopling ternyata tidak ada perubahan. Akhirnya dilakukan pembongkaran. 

Setelah dibongkar ternyata efek dari terlalu lama tidak ganti minyak kopling berakibat merusak seal nya. Walaupun kerusakan terlihat kecil kayak cuwil gitu ( terlihat di foto penampakan - gambar 1), tapi efeknya besar.

Selesai dilakukan pembongkaran selanjutnya penggantian sparepart master kopling. Ternyata harga master kopling mahal kisaran 800ribu lebih. Akhirnya dicari alternatif lain membeli repair-kit saja. Untuk lebih baiknya repair kit diganti master kopling atas dan master kopling bawah sekalian. Antisipasi  jika diganti bawah aja ternyata atas juga rusak. Hal ini lebih aman. Harga lebih murah. Dan lebih baik karena yang ori master tetap dipakai.

Saat pemasangan dan pengisian minyak kopling, pastikan udara keluar semua agar tidak terjadi istilah bengkel masuk angin. 

Sekarang mobil sudah normal dan kembali sehat seperti sedia kala. Semoga info ini bisa membantu yang lain jika mengalami hal yang sama.atau jika yang merasa belum pernah ganti minyak kopling lakukan segera. Warna minyak.kopling jk terlalu lama akan kelihatan warna berubah menjadi hitam keruh.
gambar 2 - repair kit

Sekalian beli atas bawah om. Walau bawah masih bagus karena sudah beli, diganti sekalian. Kayak roda mobil wae sekalian ben aman. 

demikian report nya thxs
Anjik
sumber WA AIC Jatim

Komentar

popular posts in a week

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY : pasang IFC-meter aka ITRAX MID mini di Grand New Kijang Innova tipe G

DIY : cara setel ketinggian sorot headlamp All New Avanza / Xenia {Ejecutar}