Posts

Showing posts with the label master

Ganti repair kit master rem atas Aerio {Ary Fourlife}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Finally done..!! Ampir 1 minggu nunggu partsnya dtg Utk pekerjaan safetynya...
Diawali dr cerita sedang perjalanan tiba2 pas ngerem koq ga pakem..udah mulai waswas bukan krn hrs jajan lg..tp mmg sdh waktunya anak papih hrs siap dgn konsekwensi unit yg sdh 15tahunan...prediksi pertama mungkin pd kampas rem blkg,pesen ganti(tanpa foto),cek w/cyl pump ternyata salah satunya ada yg jem,bongkar ganti seal kanan dan kiri..setelah diganti dan buang semua minyak rem lama ganti yg baru tetep aja masih ga pakem, mekanik lgsg vonis master rem atas bermasalah, bongkar cek repair kitnya mmg salah satu sealnya ada yg pecah, cek.lagi rumah master rem masih bagus luar dalam, hari ini partsnya dtg lgsg cuus kemekanik pasang dan sudah solved serta santuy.

Share rem lengket, pemasangan caliper rem depan yang terbalik penyebabnya {Asdhar}

gambar 1 - master rem atas
otodiy.blogspot.com
PR baru nih.... ganti kampas rem depan belakang. Depan Bendix, belakang SGP. Pas mau pasang katax master rem sudah harus diganti, jadi diganti dengan merk Birkens. Masalahx setelah selesai terpasang, rem depan lengket, mobil agak berat ketika jalan, dan velg panas..... sudah di setel di Master rem atasnya dan dapat setelan yg membuat rem tidk lengket, tetapi pedal rem harus di injak 2-3 kali bru remx bisa berfungsi..... kira2 ada solusi??

DIY : perbaikan master kopling atas Aerio dengan repair kit Toyota Dyna {Edwar Aldrin}

 gambar 1 - repair kit
otodiy.blogspot.com
Pagi om/tan
Cerita ni tentang pedal kopling sering bunyi kriek...krieek...saat di injak dan diangkat.
Jd dulu pernah kjadian jg cuci master atas ganti kit master atas nya tp dikerjakan di bengkel.
Nah kali ini langsung ponis aj kit master atas lg, tp kali ini sy coba diy dirumah, biar bisa sambil poto poto.
Langsung aja siapin alat2 sederhana
  • Obeng
  • Kunci 12
  • Kunci 10
  • Kunci 8 untuk buka baut nepel angin master bawah
  • Kunci sok 12+ gagang tambahan biar panjang.

Ganti master rem atas Soluna dengan Advics (Aisin) {tweet4nn4}

 gambar 1 - Advics / Aisin
otodiy.blogspot.com
Ceritanya sudah hampir beberapa bulan ini rem Toyota Soluna tahun 2000 matik saya apabila dalam kondisi berhenti atau berjalan pelan, misalnya macet atau manuver parkir, waktu direm tiba-tiba, terasa ‘ngempos’. Semula memang terpikir rem sudah terasa dalam, indikasi kampas rem sudah perlu diganti. Dan mungkin booster rem bekerja. Tetapi lama kelamaan semakin parah dan ketika dipakai untuk rem terasa kurang pakem dan perlu ditekan beberapa kali untuk memastikan tidak ‘ngempos’. Wih, ngeri juga ini sudah bukan masalah kampas lagi dan setelah saya baca kumpulan artikel dari otodiy, khususnya catatan Oom Singachu dan teman-teman tentang gejala rem ‘ngempos’ karena masalah master rem atas yang bermasalah, entah karena karet seal (ganti kit-nya) atau rumah master silinder yang juga rusak/baret (ganti master rem utuh). Kondisi mobil memang second 2010 dan tidak tau apakah sebelumnya pernah ada yang diganti.

Kopling Aerio los karena kebocoran master kopling bawah, ganti seal kit-nya {Agus Sulistiyo}

 gambar 1 - minyak rem bocor dari master kopling bawah
otodiy.blogspot.com
Cerita habis nyoblos di kota kelahiran Balikpapan.. 
Menempuh jarak +/- 115km tujuan Samarinda, tiba-tiba kopling los, di diamin beberapa menit bisa jalan lagi, walaupun bikin macet panjang 😭.
Coba jalan 1 km loss lagi dan macet panjang terjadi lagi di depan jembatan mahakam, akhirnya dorong ke pinggir dan di cek master kopling yang bawah bocor, langsung panggil gojek cari seal kit harga 75rb n minyak rem 20rb.. Oprek di pinggir jalan akhirnya bisa sampe rumah dengan selamat meskipun masih masuk angin kayanya,masih agak keras oper persenling. 
Sebeneranya sudah ada tanda-tanda beberapa bulan lalu habis flushing minyak kopling karena sudah butek alias hitam ditabung, kemarin pas kejadian di tabung hitam lagi minyaknya, jadi jika minyak di tabung sudah berubah warna segera cek master koplingnya. 
Salam deg2an✌

DIY : ganti master rem Next G dengan merk Hasaki yang cacat

 gambar 1 - master rem atas merk Hasaki dan minyak rem prestone
otodiy.blogspot.com
Sebenarnya beli udah 14 feb 2018 lalu, cuman baru sempat ngerjain hari ini. Karena problem Next G Agustus 2017 lalu yang sudah sempat ganti master rem kiri belakang, ternyata masih kadang rem ngempos dan tidak pakem, sehingga rem harus dikocok supaya bisa pakem. Masalah seringnya malah saat padat merayap yang maju sedikit dan rem, agak-agak serem nyundul mobil di depan. Kecurigaan newbie adalah master rem atas yang bermasalah, karena kesibukan maka diputuskan saja beli 1 unit merk Hasaki karena udah ada pengalaman baik sebelumnya
Sebenarnya bisa dicoba bongkar dulu dan bisa ganti karet nya saja atau repair kit nya, dengan catatan dinding cylinder dalamnya tidak ada baret atau cacat. Daripada nanti udah bongkar ternyata baret jadi beli saja untuk mempercepat pergantian. 
Lha tapi ternyata malah baru sekarang gantinya x_x, eh ternyata produk yang dibeli ini dalam kondisi un-perfect bikin ga bisa langsung dipasang. Simak deh...

Report ganti radiator Koyorad dan master kopling atas bawah Aerio di SBT Surabaya {Herman AIC-326}

 gambar 1 - perbaikan di SBT
otodiy.blogspot.com
Kemaren ganti radiator.. yang lama sudah puaarah. Terpaksa ganti. Tapi yang bukan ori.. menyesuaikan dompet

Hari ini ganti master kopling atas bawah. Di rpu (raya persada utama) atas 700an bawah 300an (sudah diskon)

Share akibat caliper rem tertukar, bleeding rem tidak sempurna dan rem ngempos {Iron}

 gambar 1 - nepel menghadap ke bawah
otodiy.blogspot.com
Malam om dan tante sy mau berbagi pengalaman tentang pengereman. Awal cerita rem depan bagian kanan macet lalu sy bongkar ternyata pistonnya karat. Dibersihkan lalu di pasang lagi setelah beberapa kali buang angin dari semua ban,rem tetap ngempos. Akhirnya sy nyerah bawa kebengkel diponis sama montir master rem atas rusak,di coba ganti sealnya tetap ga bisa akhirnya beli baru sampai 3 x tuker barang rem tetap ngempos. Di cek lagi master rem belakang ternyata yg sebelah kanan macet karena karat coba di bersihkan dan sealnya di ganti semua masih tetap ngempos montirnya minta ganti yg baru akhirnya sy belikan yg baru dan di pasang hasilnya nihil rem masih ngepos. Akhirnya sy pindah bengkel recomendasi om ario di purwakarta setelah sy ceritakan permasalahan ke montirnya lalu si oreo di angkat pakai hidrolik ternyata masalahnya hanya sepele rem cakram/kepala babinya tertukar antara kanan dan kiri jadi si posisi nepel ada di bawah jadi angin tetap terjebak di piston depan. Terima kasih tuk semuanya yg telah memberi masukan.

DIY : Ganti rear wheel cylinder assy aka master rem bawah rem tromol belakang Next G / Aerio

 gambar 1 - wheel cylinder / master rem belakang merk SANYCO
otodiy.blogspot.com
Waktu ganti kampas rem tromol belakang, udah ngeliat kalau ada bocor minyak rem dari master rem di tromol kiri. Cuman waktu itu dibersihkan sambil siap-siap. Tapi ternyata setelah beberapa hari dari ganti kampas rem, minyak rem di reservoir hampir di garis minimum, padahal sudah dipastikan isi di garis max waktu pergantian kampas rem. Ya akhirnya beli master rem KW aja, sebenernya bisa beli repair kit / karet nya saja, cuman kalau dinding cylindernya udah baret biasanya juga diganti karetnya ga akan bertahan lama. 

Ganti master rem Aerio dengan merk Hasaki

gambar 1 - master rem Aerio yang rusak
otodiy.blogspot.com
Kalau dilihat tanggal pembelian 15 April 2017, kemungkinan gantinya di kisaran tanggal tersebut juga. Saat itu seingat newbie pernah foto-foto dikit, cuman waktu itu masih vakum nge-blogging, cari-cari fotonya tidak ketemu.
Well history master rem aerio newbie agak rewel, terakhir diganti karetnya di September 2014, dan sebelumnya lagi pernah ganti repair kit di Desember 2013. Di Februarian 2017 udah mulai rem kadang loss, terutama kalau ngeremnya pelan-pelan seperti saat bermacet-macet maju dikit ngerem pasti pelan-pelan, nah itu rem bisa ga gigit sama sekali dan perlu dikocok supaya pakem, tapi saat rem kuat-kuat atau pas jalan kencang, rem berfungsi dengan baik, jarang sekali sampai nge-loss. Saat itu sudah dicoba untuk kuras minyak rem juga, namun hasilnya sama saja. Namun dari report Des 2013 lalu sudah terlihat dinding cylinder master rem sudah baret, jadi newbie pikir mending ganti saja sekalian karena kalau ganti karet hasilnya karet akan rusak juga tergesek cylinder yang baret.

Report ganti repair-kit master kopling atas aerio penyebab kopling hilang tekanan {Anjik}

gambar 1 - Karet master rem atas yang cuil
otodiy.blogspot.com
Report pengerjaan master kopling. Gejala awal kopling saat diinjak normal.tetapi pada saat kondisi jalan macet pasti akan lebih sering nahan injak dan lepas kopling. 
Pada saat  kondisi tersebut maka kopling tiba-tiba ringan dan loss hampir separuh. Bahkan jika semakin sering macet jalan berenti terutama saat mundur kopling loss sama sekali hilang, yang berakibat gigi porsneleng tidak bisa ganti gigi, jadi keras kondisi tersebut. 
Bisa normal lagi jika mesin dimatikan dan dihidupkan, maka bisa jalan seperti sedia kala. Tapi akan terulang lagi hal yang sama.

DIY : ganti seal kit master kopling bawah {Dadang Bodir}

gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
Oprek sendiri ganti seal kit master kopling bawah
untuk gejalanya sih yg saya rasakan blm masih normal cuma minyak ditabung berkurang dan ada rembesan dimaster koplingnya

Share ganti master kopling atas dan bawah aerio yang macet {komplonk86}

 gambar 1 - master kopling bawah bermasalah
 http://otodiy.blogspot.com 

Dari ARI Suzuki BSD, master kopling bawah udah lecet jadi harus diganti berikut rumahnya. Sempat sudah dibersihkan dan dikasi gemuk tapi masih kurang mantap. Tanya ke Sentosa Motor harga orisinil 260rb, Kalau master KW 100rb doang.

share ganti karet secondary piston master rem Aerio penyebab rem loss

 gambar 1 - secondary piston di master rem Aerio Old Model
 http://otodiy.blogspot.com 
Rem aerio ada bunyi-bunyi bahkan sebelum ABS sensor diganti, selanjutnya pas ganti kopling sekalian dibenerin ternyata cuman bertahan ga sampai sehari udah bunyi lagi. Karena kesibukan ga sempet ke bengkel jadinya dibiarkan dulu, pas ada kesempatan mau coba DIY bersihin rem, ternyata ga efek dan langsung tes cari bunyinya....bunyinya ternyata tepat di piston caliper cakram sebelah kanan, hmmm waktunya ga sempet nih, padahal rem mulai kadang bisa nge-loss alias ga berasa ngerem sampai harus lepas dan rem lagi. Akhirnya sabtu ini bawa deh ke bengkel Pak Jono biar kalau ada part yang diganti sekalian bisa dicarikan oleh orang bengkel. Diagnosa langsung mengarah ke master rem atas..... dalam hati alamak mahal nih x_x soalnya dulu pernah beli dan ganti master rem atas

DIY : Pasang repair kit master rem atas Aerio, sembuhkan rem kadang tidak pakem

gambar 1 - repair kit dan master rem atas Aerio
Rem beberapa minggu belakangan kadang ga pakem sama sekali dan mesti dikocok rem-nya baru dapet pakem-nya. Langkah pertama dicoba bleeding, hasil ok untuk 1 kali jalan, berikutnya udah kambuh lagi. Langkah kedua turunkan master rem, bersihkan, bleeding lagi, hasilnya 1 hari ok dan terasa lebih pakem, besoknya udah kambuh lagi. 

Troubleshoot bunyi saat kopling Aerio diinjak {Gatot Raharjo}

gambar 1 - Master Cylinder Kopling
Pedal kopling AERIO bunyi ( ngek...ngek.. ) sudah di kasih pelumas belum juga hilang..kenapa ya ? 

DIY : Turunkan dan bleeding master rem karena rem terasa seperti spons (spongy brake)

gambar 1 - Master rem atas Aerio

Di sini newbie tidak membahas DIY proses penggantian minyak rem dan minyak kopling, karena sebelumnya sudah pernah newbie ulas. Kamis lalu newbie melakukan penggantian minyak kopling dan minyak rem Aerio (Manual Transmission) dan Next G (Automatic Transmision). Karena sebelumnya udah pernah bikin blog tentang ini (click link di atas) maka cuman foto beberapa aja untuk diposting di twitter (@otodiy). Ternyata untuk rem Aerio mengalami kendala yaitu los atau ga pakem atau 'nggeluyur' kalau melakukan pengereman. Sedangkan kopling Aerio maupun rem Next G justru makin enak. Newbie coba kocok pedal rem dan tahan sewaktu mesin mati, ditunggu dan tidak turun lagi, kalau mesin dihidupkan baru turun dikit tapi ndak terus-terusan turun. Demikian juga kondisi mesin hidup dikocok sampai kerasa tinggi, tahan pedal rem, matikan mesin tidak terjadi perubahan ketinggian pedal rem.

{Agunk1986} Report penggantian repair kit master rem atas Aerio yang sering masuk angin dan dipompa

sumber : kaskus

Pembelian dari Sentosa Motor. Belinya 370rb, ongkir Jkt-Sby 22rebu.
gambar 1 - Part Number Repair Kit

gambar 2 - Repair Kit baru

DIY : {centraltech8} Ganti piston set master rem Next G / Aerio yang bermasalah

sumber : chat in Blackberry
centraltech8: Bingung.. Mau buka master dibawah tabung..
centraltech8: Tp takut karet2nya gk ada.. Soalnya tanya2 piston 1 set sama per2 nya 400rb an X_X
centraltech8: Master 1 set 1,5jt disini .. Smua inden X_X
singachu: Weh...

[another day]


centraltech8: Om gw barusan bongkar master rem atas.. Ada bbrp poto.. Mau gk om ? Gk sempet ol kaskus :'(
singachu: ok om
singachu: Gmn hasilnya tyt?
centraltech8: Keknya mesti ganti 1 set piston dan per nya 360rb
centraltech8: Td ragu.. Mau pesen sm sentosa.. Jd gw ke bengkel pura2 cek..
centraltech8: Ternyata hasilnya.. Sama :D
centraltech8: Cuma malah dianjurkan mreka ganti 1 set 1,7jt :'( pdhl di jkt cuma 1,2jt
centraltech8: Uda tu mekaniknya tau.. "Gw bongkar sendiri ya barusan =)). Soalnya ketauan bekas bongkar masi bersih
singachu: Hahahahaha :D
centraltech8:
gambar 1

singachu: Ada kliatan aus / robek kah om??
centraltech8: Ada 8 poto om.. Lemod bb gw .. X_X
centraltech8:
gambar 2

centraltech8:
gambar 3

Service injakan pedal kopling Aerio yang keras dengan mengganti Repair Kit Master Kopling atas dan bawah {Diar}

sumber : kaskus

Awalnya dirasa ketika pagi pas boil keluar garasi, pedal kopling kerasa enteng & empuk nah setelah beberapa jam dipake kopling kerasa jadi keras..krekk krekk kalo di injek mungkin karena panas jadi memuai tu, bunyi sih enggak tapi kayak ngerasa ada benturan/gesekan setiap kali nginjek kopling jadinya gak enak banget akhirnya ane panggil mekanik sebelah rumah sambil injek-injek kopling gak lama dia nyaranin untuk ganti repair kit kopling, daripada kaki risih ane ganti aja deh...

Berikut foto-foto Repair kit Kopling


gambar 1 - Repair Kit Atas dan Bawah


gambar 2 - Repair Kit Atas dan Bawah