Rabu, 06 Agustus 2014

DIY : troubleshoot ABS dengan scan error code ABS serta perbaikannya

gambar 1 - diagnostic switch terminal pada monitor connector
 http://otodiy.blogspot.com 
Beberapa waktu yang lalu didapati lampu ABS sempat menyala tapi tidak selalu, lama-lama menyala terus. Awalnya dicoba membersihkan sensor ABS dan ring sensor di keempat roda sekalian membersihkan kampas rem, hasilnya lampu ABS tetap menyala. Kemudian lepas konektor modul utama ABS di ruang mesin, semprot dengan electro contact cleaner, hasilnya tidak membantu sama sekali. Akhirnya disempatkan untuk cek error code nya menggunakan seutas kabel yang dicolok ke monitor connector (gambar 1) untuk mendapatkan apa error yang terdeteksi di sana.



Hasilnya ternyata error ABS masih ada, dan saat dicek kedipan kode errornya lagi dengan cara di atas tercatat error 35 alias sensor ABS sebelah kiri belakang.
 gambar 5 - diagram letak dan jalur kabel sensor ABS kiri belakang
 gambar 6 - cara cek sensor ABS dengan multimeter
Berikutnya langsung buka tempat duduk kiri belakang dan lepas socket sensor ABS (gambar 7 dan 8), selanjutnya cek nilai resistansinya, kedapatan tidak terdapat koneksi kabel sama sekali seakan-akan kabelnya putus. Cek di sensor kanan belakang dan ukur resistansinya, tercatat 1.5 KOhm. Cek lagi sensor kiri belakang dan dicoba tekuk-tekuk kabel barangkali ada putus di dalam, ternyata masih sama tanpa koneksi sama sekali.
 gambar 7 - konektor sensor ABS di bangku kiri belakang
 gambar 8 - konektor sensor ABS
Akhirnya diputuskan dilepas aja dulu biar lebih enak ngeceknya. Lepas baut sensor kiri belakang (gambar 9), tapi ternyata masih susah banget dicabut, akhirnya newbie coba buka tromol belakangnya dan terlihat sensor dari dalam (gambar 10). Setelah berusaha cabut akhirnya terlepas juga, sepertinya karena ada karat di dudukan sensornya yang bikin susah dicabut.
 gambar 9 - nampak dari luar sensor ABS roda kiri belakang
 gambar 10 - sensor ABS di dekat ring sensor ABS
 gambar 11 - sensor ABS sudah terlepas
 gambar 12 - dudukan sensor ABS yang berkarat
 gambar 13 - start cek lagi nilai resistansinya
 gambar 14 - cek juga pake meteran analog
 gambar 14 - hasilnya sama tanpa continuity
 gambar 15 - sensor ABS
Ternyata setelah dicoba tekuk-tekuk kabel masih tidak terdapat koneksi ke sensor, langsung putuskan sedikit bongkar plastik ABS sampai muncul connectornya (gambar 16) dan langsung test nilai resistansinya dari sana, kalau misal ada continuity maka kabel bermasalah, tapi kalau tidak ada maka sensor yang memang rusak. Dan ternyata memang sensornya yang rusak.....hiks....
 gambar 16 - kabel sensor ABS 
 gambar 17 - masih tanpa continuity
Ga sempet ke toko sparepart, akhirnya putuskan pesen di Sentosa Motor untuk dikirim pakai kurir. Harga sensor 600rb sebelum ongkir.
gambar 18 - sensor ABS baru untuk roda kiri belakang
Setelah ada waktu pasang, dan ABS langsung mati, reset error code yang masih tersimpan, cek lagi kedipan, kali ini kedipan menunjukkan kode 12 alias normal.
Test jalan, test rem mendadak, jalan lagi, semuanya normal, cek lagi kode error, masih kode 12....aman.
Case close.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar