DIY : ganti master rem Next G dengan merk Hasaki yang cacat

 gambar 1 - master rem atas merk Hasaki dan minyak rem prestone
otodiy.blogspot.com
Sebenarnya beli udah 14 feb 2018 lalu, cuman baru sempat ngerjain hari ini. Karena problem Next G Agustus 2017 lalu yang sudah sempat ganti master rem kiri belakang, ternyata masih kadang rem ngempos dan tidak pakem, sehingga rem harus dikocok supaya bisa pakem. Masalah seringnya malah saat padat merayap yang maju sedikit dan rem, agak-agak serem nyundul mobil di depan. Kecurigaan newbie adalah master rem atas yang bermasalah, karena kesibukan maka diputuskan saja beli 1 unit merk Hasaki karena udah ada pengalaman baik sebelumnya
Sebenarnya bisa dicoba bongkar dulu dan bisa ganti karet nya saja atau repair kit nya, dengan catatan dinding cylinder dalamnya tidak ada baret atau cacat. Daripada nanti udah bongkar ternyata baret jadi beli saja untuk mempercepat pergantian. 
Lha tapi ternyata malah baru sekarang gantinya x_x, eh ternyata produk yang dibeli ini dalam kondisi un-perfect bikin ga bisa langsung dipasang. Simak deh...

Foto-foto dulu, buat dokumentasi.

 gambar 2 - sisi yang masuk ke dua pipa minyak rem
 gambar 3 - sisi kiri
 gambar 4 - hanya ada tulisan 7/8 inch
 gambar 5 - bagian belakang piston yang masuk ke booster rem
Nah pas foto-foto ini, didapati di dalam tidak ada saringannya...... walah, QC nya ada lolos ini. Ok minor aja, bisa aku pindahin saringan dari master rem yang lama.

O ya rencananya newbie ga akan bleeding dari 4 roda, cukup bleeding di master rem atas saja. Bisa kok, seperti yang newbie pernah lakukan dan pernah newbie dokumentasi di sini. Hemat waktu dan tetep pakem.

Caranya simpel :
  • cukup isi tabung master rem yang baru dengan minyak rem yang baru dan bersih. 
  • Kemudian tekan dengan tangan sampai dari dua lubang yang ada keluar minyak rem dengan lancar.
  • Pasang master rem atas di mobil, pasang 2 pipa minyak rem ke master rem
  • Bleeding lagi dengan menekan pedal rem dan tahan, kemudian kendorkan mur 2 pipa minyak rem dan kencangkan lagi. Lakukan beberapa kali.

Planningnya sih gitu.....

Ok lanjut, 
  • tahap persiapan, lepas intake plastik. 
  • Kemudian bagian bawah master rem kasih alas plastik dan kertas, supaya tumpahan minyak rem tidak mengenai alternator yang ada di bawahnya. 
  • Kalau ada wadah plastik kecil juga bisa dimanfaatkan menampung minyak rem yang keluar saat pipa minyak rem dilepas dari master rem.


 gambar 6 - persiapan biar tumpahan minyak rem aman

  • Berikutnya sedot dulu sebagian besar minyak rem yang ada ditabung.

 gambar 7 - komponen yang dilepas
 gambar 8 - mur yang dilepas

  • Berikutnya dari gambar 7 terlihat socket minyak rem yang harus dilepas dulu.
  • Kemudian lepas 2 nepel / flare nut 2 pipa minyak rem dengan kunci no 10. Pastikan sudah ada wadah penampung lelehan minyak remnya (gambar 9)
  • Kemudian terlihat di gambar 8 ada mur dengan kunci no 12 sebanyak dua buah kiri kanan yang harus dilepas dulu.

 gambar 9 - dua wadah plastik untuk menampung minyak rem
 gambar 10 - dua mur ukuran kunci 12

  • Setelah terlepas semua, tarik keluar master rem atas.

 gambar 11 - alat untuk melepasnya, kunci 10 mm dan 12 mm
 gambar 12 - master rem atas yang lama sudah diturunkan
Nah harusnya sekarang tahap bleeding minyak rem di master rem yang baru sebelum dipasang di mobil. Newbie isi tabung yang baru dengan minyak rem, kemudian newbie tekan piston pakai tapak tangan sehingga satu lubang menyemprotkan minyak, lho kok bagian belakang master remnya basah (lokasi di gambar 14, newbie ga foto pas rembes)...... Wah aneh ini, newbie coba lap kering pakai tissue, coba master rem ditegakkan tanpa tekan, tunggu dan basah lagi....... alamak......
Cacat nih :( pertama saringan, kedua bocor gini, lha kan percuma kalau pengganti master remnya bocor..... Tarik napas....masa bisa diklaim nih, dah lama belinya...... ah bongkar dah, kok bocornya cuman belakangnya aja, barangkali bisa diakal....  
Langsung kosongkan lagi minyak rem, lepas circlip di belakang dan buka..... 
Newbie lakukan juga untuk master rem yang lama, kemudian dibandingkan.....
Lha, kok bisa ada seal yang ga dipasang / tidak ditemukan di master rem baru.... ancur dah ini QC nya.....
 gambar 13 - sebelah kiri master rem lama, sebelah kanan master rem baru
Nah di gambar 13, yang ditunjuk tanda panah, ternyata tidak dijumpai di master rem baru.... Ya udah dibersihkan dan coba pasang di master rem baru,
 gambar 14 - terpasang, sekarang udah ga bocor lagi di sini
Setelah seal dan circlip terpasang lagi, newbie isi dengan minyak rem dan coba tes diberdirikan, aman. tes tekan piston, aman.....fiuh, untung masih bisa nih, hmmm semoga ga ada kecacatan lainnya lagi...
Ok lanjut step-stepnya
 gambar 15 - isi minyak rem
 gambar 16 - lubang untuk bleeding

  • Isi minyak rem baru ke tabung master rem yang baru. (gambar 15) dengan karet penutup jangan dilepas dulu (16)
  • Cek apakah ada kebocoran (pengalaman di atas, hehehehe)
  • Lepas 1 karet dulu, tekan dan tahan karet lainnya yang masih terpasang dengan jari.
  • Sambil tahan, tekan piston dengan telapak tangan, maka dari lubang yang karetnya dilepas akan menyemprotkan minyak rem. (Hati-hati ya minyak rem jangan kena mobil/cat/mata).
  • Lubang bisa ditutup pakai jari. Saat piston ditekan, jari dibuka, kemudian tutup lagi pakai jari dan lepaskan piston.
  • Tutup lagi karetnya ke lubang, dan ganti lubang yang satunya lagi seperti cara di atas.
  • Setelah dirasa keluarnya minyak rem lancar, tutup semua lubang dengan karet dan pasang ke mobil

 gambar 17 - terpasang di mobil
 gambar 18 - terpasang di mobil

  • Pasang semua pipa, tapi ga perlu terlalu seret dulu.
  • Injak-injak pedal rem (tanpa menyalakan mesin), kemudian injak dan tahan
  • Kendorkan baut pipa (satu dulu), kencangkan lagi.
  • Injak-injak rem, tahan, kendorkan pipa dan kencangkan.
  • Lakukan untuk pipa rem yang satunya.
  • Kencangkan, tes apakah injakan pedal rem keras dan tinggi. Coba juga tekan rem dengan perlahan, apakah ternyata nyeplos ato ga, coba juga tekan rem dengan tiba-tiba apakah nyeplos atau tidak. Bila ok semua, coba tes drive dengan jalan pelan-pelan dan tes rem dulu, lakukan berbagai tes rem mensimulasikan kondisi berkendara.
Harusnya sampai sini newbie tes keliling komplek sudah ok. Cuman karena tadi liat minyak rem yang lama di master rem kotor dan menghitam, newbie putuskan untuk sekalian bleeding dari 4 roda supaya minyak rem yang baru tidak terkontaminasi dengan minyak rem yang lama, jadi sekalian aja dah biar ga nyisakan kerjaan bleeding dari awal lagi. Cara bleeding dari 4 roda bisa dibaca di sini.


 gambar 18 - saringan minyak rem yang dipindahkan
Nah ini saringannya (gambar 18) yang tidak terdapat di tabung minyak rem Hasaki, padahal harusnya ada. Ya udah newbie ambil aja, newbie cuci bersih pakai air, tapi wajib dikeringkan sekering-keringnya supaya tidak merusak minyak rem.
 gambar 19 - pasang saringan di tabung
gambar 20 - cek kebocoran
O ya pastikan tidak ada kebocoran minyak rem dan level minyak rem di max.

regards,
singachu

Comments

most read in a week

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova