Share masalah REM dan ABS di Aerio {Nanang Hariawan}

gambar 1 - sensor belakang ABS Aerio
otodiy.blogspot.com
Sharing masalah REM
  1. Perbaikan rem part I. Berawal dari 6 bulan lalu tiba tiba muncul suara “Terrrrrrrt” dibawah dashboard disusul suara respon dari modul abs dan indikator abs nyala. Dibawa jalan aman dan indicator ABS mati. Gejala suara muncul lagi di dikecepatan dibawah 20kpj dan rem los ketika diinjak. Konsultasi ke bengkel (sekalian jadwal ganti oli) divonis master rem atas minta ganti. Order lah repair kit master rem atas dan dipasang. Masalah selesai..
  2. Perbaikan rem part II (yg bikin pusing 1mingguan). Sekitar 2 minggu lalu mulai muncul gejala suara “terrrrrt” dibawah dashboard. Langsunglah order master rem atas komplit (dikira masalah sama dgn 6 bln lalu). pemasangan kali ini coba-coba DIY

gambar 2 - dinding dalam master rem lecet

gambar 3 - repair kit master rem

gambar 4 - pencatatan kode error

Diawali dengan scan manual error ABS (krn indikator ABS kadang nyala kadang Mati) didapatlah hasil kode error 22, 31, 32, 36.

gambar 5 - tabel arti kode kedipan error ABS


video 1 - ilustrasi kedipan dengan kode 31,32,35,36

Bongkar pasang master rem atas dilanjutkan bleeding minyak rem sekalian bersih bersih sensor ABS
Lanjut tes jalan. Kunci kontak on indikator ABS mati mobil di stater lanjut jalan pela nada respon dari modul ABS ternyata masalah baru muncul. Ketika mobil direm di kecepatan dibawah 20 kpj ada suara kroook kroook, rem los rpm turun kadang sampe mesin mati. Direm di atas 20 kpj aman tapi begitu sudah di kecepatan dibawah 20kpj rem los lagi. Berhubung sudah maghrib dibiarin dulu sambil cari refensi lagi di FB AIC dan blog otodiy om agus santoso

Hari berikutnya setelah pulang kerja langsung lepas lagi master rem dari booster buat ganti seal O ring. Selesai langsung coba tes jalan kontak on indicator ABS nyala test jalan coba rem kecepatan rendah aman kecepatan tinggi aman. Dicoba berhenti matikan mesin kemudian starter lagi ternyata indikator ABS mati lagi dicoba jalan rem dikecepatan rendah los lagi. Akhirnya cabut dl sekring ABS di kotak sekring dibawah stir dan hasilnya sitem pengereman berfungsi baik walaupun agak kasar.

Karena sudah jadwalnya ganti oli sekalian minta pengecekan masalah rem di BeRes. Dilakukan scan masih muncul error di 3 sensor ABS. di lakukan Clear error tersisa error di sensor belakang kanan lanjut test jalan semua sensor menunjukan 5kpj tp sensor belakang kanan hanya 1 kpj. BeRes belum berani mendiagnosa apa penyebabnya tapi kemungkinan besar modul ABS (waduh 13,5 juta harga barunya). kalau pas mobil tidak dipakai disuruh antar ke BeRes untuk dilakukan pengecekan (3-6 hari).
Sambil cari lagi referensi di FB AIC akhirnya ketemu lah postingan dari om Yogi Suryawan tentang Aerio Magic dan om Endy Sagita dan diambil kesimpulan bahwa fungsi rem normal ketika system ABS di nonaktifkan dan bermasalah ketika fungsi ABS diaktifkan dan indicator ABS tidak menyala meski ada sensor yang malfungsi (masalah di kelistrikan).

gambar 6 - sensor ABS

Diambillah spekulasi ganti sensor ABS. Order senin siang, rabu sore barang sampe langsung eksekusi. Selesai pasang, kontak on indicator ABS mati bawa jalan test pengereman di semua kecepatan aman. Matikan mesin coba scan manual (belum sanggup beli scanner) tidak terdeteksi kode error. Coba lagi test jalan lebih jauh tes pengereman dan sistem ABS berfungsi dengan baik. PROBLEM SOLVED...

sensor ABS di marketplace kw 495rb ori sgp 1.035rb. Tinggal pilih mau pake yg mana om. Saran dr yg biasa duduk di jok sebelah kiri pake ori sgo. Tp sebelumnya aku bilang kalo ini masih spekulasi

referensi saat DIY
Yogi Suryawan
18 Juli 2017 · Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta  · 
*bagi"ah... Tapi maaf kalau gak ngerti maksudnya, karena aku gak pandai merangkai kata"*
Beberapa kali aku nemuin masalah ABS saat kecepatan dibawah 20 km/jam ada suara aneh kalau direm...yang paling parah aku dapetin punya nya "aerio magic" #rickypedia itu kalau direm pas kecepatan 20 km/jam suaranya "kroookkk....krrroookkk" kedengeran sampai kabin dan ada tendangan balik dari pedal rem. Pernah juga seperti punya om eko ada suarak "kuggg....kuuugggg" tapi lirih kecepatan dibawah 10 km/jam tapi pedal rem aman. Dan ada beberapa yang lainnya....
Biasanya langkah yang aku lakukan:
1. Cabut sekring 10A ABS di box sekring dibawah stirr... Lalu coba jalan dengan kecepatan maksimal 25 km/jam atau dibawahnya. Kira" ilang gak suaranya.....kalau ilang berarti dari sistem ABS.
2. Pasang kembali sekring nya, lalu coba cabut negatif aki, ya....kira" 1 menitan lah..lebih juga gpp. Lalu pasang lagi...test jalan maksimal kecepatan 25 km/jam atau dibawahnya....kira" suaranya ilang gak..
3. Kalau dari langkah 1 dan langkah 2 tetep gak ilang, langkah selanjutanya bersihkan semua sensor" ABS di keempat roda dan cek *G A P atau C E L A H* antara sensor dengan gigi ABS. Bila agak lebar coba di stel gap atau celahnya antara sensor dengan gigi. Berapa lebarnya??? Kalau aku sih biasanya nyetelnya pakai perasaan aja sih..... Setelah itu cek jalan.....
Kalau aku sih Alhamdulillah setelah ketiga langkah itu dijalankan permasalah atau suara ilang...tapi kalau kerusakan atau masalahnya kelisteikannya sampai ke modul...itu beda lagi langkah"nya. Perlu scaner dan orang pinter.... Hahahhhaha....
*AIC Chapter Jogjakarta*


Endy Sagita
14 April 2015  
Menyambung pertanyaan saya tentang bunyi "ctik...ctik..." halus yang terdengar di kabin ditambah dengan memantulnya pedal rem ketika diinjak, permasalahannya ada di Servo ABS sebagaimana gambar terlampir. Letak Servo berada di belakang accumulator (ketika membuka kap & menghadap mesin, ada di kanan). Setelah dibawa ke BeRes & dianalisa dengan Suzuki Diagnostic Tools, masalah yang terjadi pada Servo karena Sensor ABS yang berada di keempat roda mengirim sinyal ke ECU bahwa salah satu diantara mereka tidak berfungsi dengan baik, sehingga false signal dari ECU tersebut direspon oleh Servo (dengan caranya sendiri sampai berbunyi ctik halus). Masih menurut BeRes, kemungkinan besar hal ini terjadi akibat ketidaksempurnaan proses kuras minyak rem beberapa bulan lalu. Oleh BeRes, sensor2 ABS di keempat roda & konektor2 pada Servo dibersihkan, kemudian di-reset. Sementara kendaraan boleh dibawa dahulu tanpa membayar, namun wajib kembali lagi Sabtu / Minggu ke depannya untuk mengetahui apakah masih ada kendala atau tidak, tentunya sekaligus melunasi pembayarannya jika ada tambahan pekerjaan lain selain membersihkan sensor ABS 😃 Reset ECU Free of Charge (dianggap sebagai kewajiban BeRes kepada Pelanggan). Demikian rekan2*colek Kang Aditia Ekalaya / Kang Agus Santoso / Ko Edwin Fadjarai / Om Dicky Ariska
gambar 7

sumber : facebook AIC

Comments

  1. Poker online dengan presentase menang yang besar
    ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :D
    WA : +855969190856

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G