Long term report shock absorber HotBits di Innova D4D dan Honda CRV {Turboman}

 gambar 1 - shock dibuka dan diservice
otodiy.blogspot.com
as subject
DT-1 di MPV Diesel sejuta umat, lebih dari 5 tahun (rata-rata per tahun mobil jalan 18 - 20.000 km)
HotBits Basic di CRV RE, udah ada 5 tahun (ini setahun paling jalan 6000 - 7000 km)

Untuk DT-1 di Innova :
Saat saat awal :
Untuk DT-1 di Ipah dulu pada saat saat awal dipakai, ada beberapa problem, seperti seal paling atas rembes & oli keluar (di 1 shock)
Selama masa warranty ya ada 2 - 3X claim (shock-shock yang berbeda titik di 1 mobil)
Setelah seal-seal diganti dengan yang jenis lebih baik, problem-problem rembes jauhh berkurang / seal sangat awet, paling kalo udah lewat 2 tahun ya isi Nitrogen-nya lagi aja

Minggu lalu shock overhaul ke-empat-empat-nya, total biaya habis Rp. 400 rb / shock (ganti semua seal / oli / Nitrogen isi ulang) 

Kesimpulan sejauh ini :
Sempat kecewa juga dulu di saat-saat awal shock baru ada rembes-rembes, tapi setelah ganti seal dengan yang lebih baik, reliability shock menjadi jauh lebih baik 
Dan sekarang setelah shock berusia 5 tahun lebih, cukup overhaul dan kinerja kembali seperti shock kondisi baru 
Untuk Innova, produk si HotBits ini ya oke lahhh.......dengan catatan : di kota kita ada service centre-nya

PRO :
  • Untuk yang mengutamakan kenyamanan maksimal 


CON :
  • Faktor harga-nya yang tergolong sangat tinggi  (perkiraan 11 jt-an)


 gambar 2 - test tekan
 gambar 3 - catridge strut shock CRV

HotBits Basic di CRV RE :
Terus terang untuk yang ini saya agak heran 
Shock depan bagus, no issue, walau beberapa bulan terakhir terdengar bunyi-bunyi kayak bunyi karet seret diputar saat setir dibelokkan, akhirnya shock di servis, hilanglah bunyi tersebut (padahal yang di Innova gak pernah ada bunyi-bunyi aneh)
Yang di roda belakang ada bunyi-bunyi sejak lama, herannya biar bunyi-bunyi tapi bantingan tetap enak 

Untuk bantingan sih enak, CRV jadi lebih nyaman dibanding shock standard-nya yang agak-agak kaku itu (Showa)

Kesimpulan :
Mereka perlu melakukan revisi untuk shock di CRV supaya lebih baik 
Demikian report singkat

setelah tadi siang shock belakang CRV di service total, hilang sudah "konser musik" nya :

 gambar 4 - service Hotbits Basic
  gambar 5 - service Hotbits Basic
gambar  6 - service Hotbits Basic
setahu ane Service Center selain Jakarta ada di Surabaya
di Surabaya kerjasama dengan GBT Ngagel (pak Erwin Sumargo) 
Untuk SOP service mereka harus diakui sangat baik, karena SOP-nya mutlak sesuai instruksi Hotbits Malaysia
shock kotor sehabis dilepas dari mobil juga dicuci dulu sampe bersih, baru dibongkar
tools bongkar pasang semua pake air tools / pneumatic, jadi torsi baut / mur semua pas / gak kira-kira
Pengisian Nitrogen juga semua diukur dengan alat seperti batang penekan, sampe sekian puluh Kg (ada patokan tertentu)
* bukan seles HotBit * 

DT1 bisa disetel kekerasan
DT1 bisa upgrade ke DT2, bisa setel rebound, jadi setelan atas bawah.
http://hotbits.com.my/catalogues.aspx
DT1 di jakarta di MGK basement, area kerja bersama

by : Turboman / gajah_terbang
sumber : serayamotor

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio