DIY : Membetulkan handle pintu bagasi Aerio yang patah

gambar 1 - Handle pintu bagasi patah
otodiy.blogspot.com
Handle pintu bagasi Aerio patah udah bulan lalu, tapi baru hari ini sukses benerin. Foto-foto jadinya agak kebalik ngambilnya karena setelah selesai perbaikan baru mulai foto-foto. Langsung saja ya....
Karena sudah patah tapi pintu bagasi kondisi tertutup, maka buka door trim bisa dari dalam mobil, tinggal buka 4 buah sekrup (gambar 2 panah hijau) dan klip plastik (gambar 2 panah kuning).

gambar 2 - door trim, posisi sekrup (hijau) dan posisi klip plastik (kuning)
Setelah door trim dilepas, untuk membuka pintu bagasi bisa dengan menekan besi atau yang ditunjuk oleh obeng di gambar 3 ke arah bawah, setelah terdengar bunyi kuncian terbuka dorong pintu bagasi ke luar.


 gambar 3 - tekan ke bawah untuk membuka kuncian pintu bagasi
Targetnya sekarang adalah melepas handle pintu bagasi yang patah (gambar 4 - no 6)
gambar 4 - no 6 : Back Door Handle, dilepas untuk diperbaiki
Tapi karena terhalang oleh Back Door License Garnish (gambar 5 no 18), maka perlu dilepas dulu.
gambar 5 - no 18, Backdoor license garnish perlu dilepas dulu
gambar 6 - no 15 dan 16 lampu mundur perlu dilepas dulu
Untuk melepas Backdoor license garnish, pertama lepas dulu plat nomer dengan melepas 2 baut. Kemudian lepas lampu mundur kiri dan kanan, setelah itu baru bisa lepas Backdoor License Garnish. 
 gambar 7 - pintu bagasi setelah door trim dilepas
 gambar 8 - Perkiraan letak kuncian backdoor garnish
UNGU : MUR untuk melepas lampu mundur
HIJAU : MUR untuk melepas backdoor license garnish
KUNING : Kuncian Paku Plastik untuk melepas backdoor license garnish 
 gambar 9 - lampu mundur sisi kanan
 gambar 10 - lampu mundur sisi kiri
Lepas dulu lampu mundur (gambar 9 dan 10), lepas socket listrik, kemudian lepas 2 mur (UNGU). Setelah itu dorong keluar, bisa dengan dorong bautnya dengan kunci sok karena lengket dan ada paku plastik. 

Lepas 3 mur (gambar 8 - HIJAU), lepas paku plastik (gambar 8 - KUNING). Ada beberapa paku plastik yang agak susah dijangkau dengan tang, newbie pakai kunci ring 6 mm untuk jangkau ke dalam. Tarik keluar backdoor license garnish (gambar 11). (Newbie ikat karena ada camera mundur yang tempel double tape ke backdoor license garnish, biar ga ngelepas double tapenya maka newbie ikat aja) 
 gambar 11 - backdoor license garnish terlepas
 gambar 12 - posisi kuncian, bandingkan dengan gambar 8
UNGU : MUR untuk melepas lampu mundur
HIJAU : MUR untuk melepas backdoor license garnish
KUNING : Kuncian Paku Plastik untuk melepas backdoor license garnish

Setelah backdoor license garnish terlepas, berikutnya melepas backdoor handle. Pertama lepas kaitan kawat dari backdoor handle (gambar 13 dan 14), congkel plastik putihnya dan dorong keluar kawatnya (gambar 15).
 gambar 13
 gambar 14
 gambar 15 - terlepas
Setelah itu lepas 4 mur, 2 di kanan (gambar 16) 2 di kiri (gambar 17).
 gambar 16 - 2 mur di kanan dilepas
 gambar 17 - 2 mur di kiri dilepas
Setelah itu dorong handle keluar
 gambar 18 - sisi luar 4 baut yang sudah dilepas mur nya
 gambar 19 - handle yang patah (biru)
 gambar 20 - sudah terlepas handlenya
 gambar 21 - handle sudah terlepas
 gambar 22 - karena patah, handle diluar tidak menggerakkan sisi dalam
 gambar 23 - bagian yang patah sisi luarnya
 gambar 24 - bagian yang patah
 gambar 25 - per dan karet boot
Lepas dulu boot karet dan per-nya untuk memudahkan penyambungan.
 gambar 26 - per dan karet boot dilepas
Setelah itu cuci biar lem lebih lengket.
 gambar 27 - persiapkan disambung
 gambar 28 - lem pakai plastic steel, tunggu kering dulu
Dilem dulu, tujuannya biar sambungannya presisi, setelah itu diperkuat dengan plat. Newbie pakai plat nomer karena cukup tipis untuk masuk ke celah-celah, dan lebih mudah dibentuk.
Plat nomer bekas potong memanjang aja, lebar kira-kira 7 mm aja. Kemudian di bor dan dibaut-mur atau di-rivet. Setelah itu biar mur-nya ga mudah keputar karena goncangan, newbie lem pakai lem tembak, tujuannya biar ga goyang aja, kekuatan tetap dari baut-mur nya. Hasilnya terlihat di gambar-gambar di bawah ini.
 gambar 29 - baut (hijau) dan mur yang di lem tembak (ungu), ini sisi luar handle 
 gambar 30 - baut sisi kiri bagian dalam mobil, baut sisi kanan bagian luar mobil
 gambar 31 - baut (hijau) mur (ungu) sisi dalam
Setelah itu pasang karet bootnya, setelah newbie pasang ternyata sudah ada efek "pegas"nya, coba pasang per-nya lebih berat, newbie putuskan ga pasang per-nya.
 gambar 32 - karet boot dipasang
gambar 33 - terpasang
Pasang dan tes buka-tutup, lancar dan solid.

regards,
singachu

Comments

most read in a week

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova