DIY : Mini digital volt meter - emergency tool {Aditia Ekalaya}

 gambar 1 - emergency tool
otodiy.blogspot.com
DiY Mini Digital Volt Meter.

Bermula pas jadi team storing mobil temen yg ga bisa distart.
Ane kelupaan bawa multitester..
Padahal butuh agar bisa tau voltase Accu..
Ada sih mini voltmeter nemplok dimobil sendiri, tapi kan repot kalo harus bongkar speedometer ( iyap, mini voltmeter ane tempel didlm speedo ).

eh wait.. gimana kalo bikin aja ?

bahan + peralatan.
  1. Mini Digital Voltmeter ( DC )
    banyak yg jual. harga, bentuk dan warna macem2.
    Dulu beli yg ga pake rumah cuma 15rb.
    kebetulan ane punya spare jadi ga usah beli lagi.
    Penampakan bentuknya liat di pic 2.
  2. Capit buaya.
    beli ditoko elektro.
    harga dan ukuran bervariasi, tapi ga akan lebih dari 10rb.
    Beli sepasang, warna merah + item.
  3. Kabel.
    Panjang terserah, sesuaiin aja dengan kebutuhan ( ane bikin nya kepanjangan euy, but ya sudah.. ga papa )
    Lebih bagus kalo warna kabel nya beda. ane pake 2 warna, item ama merah biar gampang identifikasi mana yg buat positif, mana yg buat negatif.
  4. Heatshrink / isolasi bakar.
    bisa juga pake isolasi sih..
    tapi ane prefer pake ini krn lebih rapih.
  5. Solder, timah solder, flux/solder paste, tang potong.
    Buat nyambung kabel.
    Biasakan nyambung kabel pake solder, dioles solder paste baru dibungkus heatshrink/isolasi bakar.
    biar awet + ga oksidasi.
  6. Case.
    Biar pantat mini dc voltmeter kalo dipake ga konslet ya dikasih rumah.
    bisa juga ditempel double tape atau apalah..
    inti nya pantat mini dc voltmeter ga telanjang dan beresiko konslet.
    ane pake box bekas relay...


Howto :
Mudah.
intinya panjangin aja kabel positif & negatif nya dengan menyambung kabel bawaan mini dc voltmeter dengan kabel yg lebih panjang.
Solder yg bener yak..
Ujung kabel dipasang capit buaya, sekali lagi.. jangan cuma dicrimping/jepit doang.. di solder juga masbro..
unit mini dc voltmeter nya dimasukin ke dlm case.

Penampakan pas ane tes pake batre 9 dc volt liat aja pic 3.
Ane lupa foto pas di tes di accu mobil 😐
Tapi kemampuan ukur nya mampu ampe 30 DC Volt koq.
lebih dari cukup kalo sekedar mo ngetes accu atau alternator.

Nah voltmeter mini ini udah siap dipake buat keadaan darurat.
Ane sih taro dipouch kecil bekas earphone bareng ama kunci L, sekring and tools2 kecil yg biasanya dibutuhin kalo darurat.
Bikinan ane emang ga bagus, tapi yg penting fungsi nya.
Silahkan bikin yg lebih bagusan deh.

Mudah2an sharing ide ini berguna.
Hatur nuhun.

#diyminivoltmeter
#diyemergencytools
 gambar 2
 gambar 3
gambar 4

by Aditia Ekalaya
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G