Share cara cuci mobil tanpa menimbulkan waterspot/jamur/baret halus {Ferdi Ega Andru}

 gambar 1 - grit guard
otodiy.blogspot.com
Sharing is Caring :)
Karena kemaren2 masih banyak yang bingung kenapa bodynya kacanya udah muncul waterspot/jamur dan baret2 halus...kita belajar cara mencuci yang benar bareng2 yuk...ini juga berlaku bagi yang udah men coating XP nya...

Alat2nya:
  • siapin 2 ember (sy pake ember bekas pail cat)
  • washmitt (bebas mau yg model chenille atau bulu domba)
  • 2 grit guard (berfungsi untuk merontokan pasir2 yg nempel di washmitt dan agar pasir2 tidak naik keatas alias terperangkap dibawah grit guard)
  • drying towel (selalu gunain ini tinggalin kanebo krn kanebo bs dgn mudah membuat swirl/scratch)



Caranya:
  1. 2 ember tadi yg 1 ember dikasih shampoo mobil (bebas mau kit wash n wax atau yg mahal,kalo pake kit jgn diirit biar lubrikasinya bagus,kalo yg mahal ya ikutin cara pake dibelakang kemasan aja krn lubrikasi pasti bagus dan PH balance) nah yg satu lg diisi air bersih
  2. masukin grit guard ke 2 ember tersebut
  3. siapin washmitt...washmitt jg kasih sedikir shampoo buat lubrikasi awal...celupin washmitt ke ember shampoo lalu mulai ke body paling atas baru kebawah
  4. setiap selesai satu panel bilas washmitt ke ember isi air bersih sambil digosok2kan ke grit guard agar pasir2nya rontok kebawah ember dan terperangkap di bawah grit guard..lalu peres washmitt agar air yg kotor tidak tercampur ke ember isi shampoo,baru celup washmitt ke ember isi shampoo dan lakukan berulang2 (jika body mobil kelewat kotor dan ada lumpur2,sering2lah ganti air bersih yg untuk bilas washmitt)
  5. setelah selesai semua bilas dan keringkan menggunakan Drying Towel (jika mobil gak diwax/sealant sepertinya harus punya 2 drying towel untuk 1 xp krn banyaknya air yg msh menempel di body)


Setiap cuci mobil/waxing pastikan body mobil dalam keadaan adem,gak kena sinar matahari lsg dan perhatikan udara/sekitar kalo msh panas mending nanti2 aja (kalo sy biasa nyuci mobil pagi start antara jam 6-7 pagi lewat jam 7 pagi sy gakmau krn nyuci butuh waktu 45-90menit tergantung sbrp detail kita...kalo sore sy biasanya diatas jam 16.30 sore jd pas waxing itu malem abis magrib)

Lalu sedikit tips karena disini ada beberapa member yg udah ganti velgnya dgn yg lebih keren dam R20 dan jg buat yg velg msh standart setiap mau cuci mobil dilihat dulu bagian velg,inner fender,kolong bumper kalo emg kotor bgt...start awal bersihin2 kaki2 dulu jgn body dulu krn kaki2 harus detail dan makan waktu cukup lama jd kalo body duluan yg ada air di body kering duluan dan menimbulkan waterspot...untuk bersihin velg sy pake air +shampoo dan pake kuas detailing untuk bagian lugnuts dan sela2 velg (karena bagian lugnuts kalo gak dibersihin lama2 jd kotor byk lumpur2 jd syg velg udah bagus2 R20 tp gadirawat secara baik)...lebih baik dan bagus lg jika kita pake cairan Wheel Cleaner tp diliat dulu ada beberapa cairan Wheel Cleaner yg Acid Based gabagus buat beberapa velg yg dari alumunium dll dan gabagus buat dipake sering2...cairan wheel cleaner jg membantu merontokkan lumpur2,pasir2,bekas karat2 rem dll jd pengerjaan dan hasil akan lebih memuaskan dibanding hanya pake shampoo...untuk fender bisa pake degreaser,APC atau shampoo dan pake sikat khusus fender lebih baik..setelah selesai cuci velg,inner fender dll jgn lupa ganti dan cuci ember sampai bersih dari pasir2 yg tersisa

NB: wax/sealant/coatinv yg bs digunakan untuk meminimalisir munculnya waterspot atau jamur krn ada efek hydrophobic dan water sheetingnya kalo muncul pun akan lebih mudah untuk menghilangkannya jg meminimalisir swirl/scratch walopun coating bukan berarti bebas baret tetep bs baret krn pasir kerikik kecil itu tajem bgt..kalo emg gak ada waktu bs cuma pake Quick Detailer aja cukup untuk memproteksi 1-2minggu walau proteksinya gak akan sebagus wax/sealant dan mencuci pake jet washer/high pressure water dan snow foam lance akan jauh lebih baik dan jauh lebih meminimalisir munculnya swirl,scratch...dan untuk penghitam ban sy pake dressing krn looksnya lebih asik ky ban baru keluar pabrik tp harganya lumayan beda jauh dibanding yg merk kit

Maaf kalo ada salah2 kata dan foto yg galengkap krn lupa td foto secara detail :)

 gambar 2 - two bucket system dengan grit guard
 gambar 3
 gambar 4

Namanya grit guard beli di tokoijo nama tokonya salonmobil.co.id murah dan barang mirip ky punya megs..kuas sy beli disitu jg yg bulet dari bulu sintetis krn biasanya yg dijual itu dari bristle hair atau boar hair alias bulu babi dan gabuat velg aja bs buat mesin,interior,eksterior asal dibedain kuas buat interior sm buat eksterior..kalo pake kuas buat cat itu kurang krn panjang bulu kuasnya gak sama rata...kuas buat cat sy pake buat itemin ban sih

gambar 5

by Ferdi Ega Andru
sumber : facebook XMOC

Comments

most read in a week

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova