Share jok Xpander / All New Livina yang miring membuat punggung sakit {Yohanes Wahyudi}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Cacat Jok Xpander & Livina
===================
Maaf ijin sharing pengalaman saya dengan jok XP/Vina 1.5 tahun terakhir ini.

Berawal dari xpander yang dulu saya pakai setahun dan sukses bikin badan sakit terus tanpa penyebab jelas, pas servis 10k saya konfirmasi sama SA ternyata joknya memang miring ke kiri dan mereka ga bisa perbaiki, setelah itu saya jual dan sempat pakai mobil lain dan akhirnya balik pakai Livina yang kembaran XP ini, sudah konfirmasi pas serah terima kalau jok miring saya mau balikin, ternyata lurus, tapi setelah pemakaian 2 bulan ternyata yang bagian belakangnya (pantat) juga miring meskipun tidak parah tapi lama2 tetap mengganggu.

Dari tes saya waktu dulu sama SA mitsubishi sunter, tes 5 unit disana yang lagi servis ternyata ada 3 lumayan normal dan yang 2 lagi miring parah kaya punya saya dulu.

Ga mau pusing lagi dengan itu sekarang di Livina saya akhirnya ambil keputusan ganti joknya sekalian, maaf kalau merek yang digunakan merek sebelah, pertimbangannya waktu itu kalo benerin jok ori sudah pasti jadi jelek dan mungkin jadi susah dijual plus bagian lumbar harus dibenerin kontur aslinya ga wajar, ujung2nya harus tambah biaya retrim lagi.

Jok penggantinya saya cari di bengkel cibubur, tes jok Teana/Subaru/Audi A4, akhirnya saya cocok dengan jok Subaru Outback full elektrik kanan 10 arah dan kiri 8 arah plus bahan kulit asli jadinya wenakkk udah👌🏻 semua dudukannya bikin custom dan saya pastikan saya tes sendiri waktu mau fixing dudukan sebelum dilas permanen. Pakai jok subaru ini sangat megang badan dengan pas jadinya ketika belok juga enak badan ga terlalu ombang ambing plus bahan joknya lembut sekali jadinya getaran kecil ga terlalu berasa seperti jok orinya. Untuk jok ori saya simpan dan bisa dibalikkan ori lagi pas dijual nantinya karena tidak merusak mounting asli.

Balik ke jok XP/Vina, dari ngobrol2 sama bengkel joknya ternyata memang banyak yang pakai XP dan banyak ganti jok kesana karena masalah yang sama, sakit pinggang, punggung atau kaya saya kena sampai ke bahu kanan.

Kesimpulan saya ada cacat pada desain jok depan XP di 2 bagian:

  1. Mounting jok depan baik kursi kiri maupun kanan bagian belakang harusnya bukan ke tengah chassis (dibawah konsol) yang notabene beda ketinggian dan kalau ga presisi testingnya mengakibatkan mounting miring, ini terbukti dari tes saya yang jok driver bagian pantat berasa ke tarik ke kiri dan sebaliknya yang jok penumpang berasa pantat ketarik ke kanan, orang bengkel jok beberapa orang saya suruh tes juga mengalami hal yang sama. Kalo saya pribadi selalu berasa pantat ga sejajar dengan punggung 😪 lama kelamaan bikin badan ga lurus juga.
  2. Bagian lumbar support (penyangga punggung) konturnya nyaris tidak ada tonjolan atau lekuknya, ini bikin punggung nyaris ga ada support sama sekali terutama punggung bagian bawah, diperparah dengan bagian bahu ke atas agak nukik jadinya badan bener2 ketekuk, ini penyumbang sakit punggung dan bahu.


Sekian sharing dari saya, semoga mencerahkan juga untuk yang mungkin sering ngalamin sakit badan ga jelas dengan XP/Vina.

Beberapa gambar dan foto pendukung terlampir untuk referensinya.

 gambar 2
 gambar 3
 gambar 4
 gambar 5
gambar 6

video 1 - jok pengganti

video 2 - jok pengganti
jok baru sepasang kurang dari 6 juta

by Yohanes Wahyudi
sumber : facebook XMOC

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

cara parkir dengan transmisi netral di Honda HRV matic {gun2016}