DIY : Ganti carbon dinamo starter Innova dengan cool starter 7K {Fadlansyah Hafid}

gambar 1
 otodiy.blogspot.com
#sharing #diy #dinamo #starter #karbon #arang #coolstarter
Gejala penyakit :
Voltase/tegangan aki oke, tp saat kontak distarter tidak ada respon dari dinamo starter & mesin, hanya lampu2 indikator di dashboard jadi redup bahkan mati.
Solusi sementara :
Ambil sebatang benda keras, tegang, tp tumpul.., emmm.., contohnya obeng besar, kunci roda, kunci baut besar, kunci inggris, tidak termasuk kunci rumah ya gess.., tolong imajinasinya dikondisikan... 😅

Solusi tepat guna, awet, tahan lama berjam-jam bahkan bertahun-tahun :
Sediakan kunci 14, kunci 12, kunci 10, kunci 8, obeng kembang, kemudian buka 2 baut kabel aki dimulai dari kutub negatif, lalu positif, dan amankan akinya (tutup kain, bisa kutang, atau bisa juga tutup pakai cdnya mantan...), lalu buka 2 baut pengikat dinamo starter agar dinamo dapat kita lepas dr mesin. Setelah itu lepas kabel dinamo dan lepas socket starternya, kemudian tarik keluar dinamonya, peluk erat.., biarkan dia merasakan sentuhan kasih sayangmu...

Oke lanjut.., abaikan selenoidnya (karna yg bermasalah dinamonya, bukan selenoid, karna kalau yg rusak selenoid gejalanya berbeda lagi), setelah itu buka sekrup housing arang starternya dari penutup dinamo (sekrup +), lalu buka baut 8 panjang yg mengikat body dinamonya, cabut penutup belakang, lalu lihat lah penampakan arang/karbonnya, biasanya udah pendek, pinggirannya tajem, bentuknya udah miring2, dan tidak bisa diajak damai...

Selanjutnya lepas housing arang karbon tersebut, lalu pergilah ke toko untuk membeli arang karbonnya innova, kalau tidak ada bisa pakai punya kijang K7, tolong yg tau Kijang K 7 ini band darimana ya?, kok namanya mirip2 band jogja yg lejenderay.. (Legendary maksudnya gess..).
Setelah dapet arang karbon starter yg dimaksud (saya dapet harga 35rb), lalu bawalah arang karbon baru tersebut beserta housing yg lama ke tukang dinamo professional.. (atau yg setengah pro jg gpp, yg penting alatnya menunjang, dan sikilnya lumanyun.., skill lumayan...), mintalah penggantian arang karbon ke yg baru, serahkan ke ahlinya, karna biasanya ada proses solder yg harus menggunakan timah keras/timah batangan, bukan timah lembek yg biasanya untuk elektronik, soldernya beda, lebih besar, bertenaga, dan ehem...

Oke.., setelah dilakukan penggantian arang karbon, bersihkanlah konektor rotornya menggunakan amplas lalu oleslah bagian2 dinamo yg perlu pelumasan menggunakan grease, lalu lasanglah komponen2 dinamo starter dengan langkah2 kebalikan dari saat membuka td, setelah itu pasang kembali ke posisinya di mesin, kemudian pasang juga kabel akinya kembali dimulai dari kutub (+), oke beres semua, dicek lagi.., setelah itu coba starter, mak jreeeeng.., nyala lagi tohhhh.., Alhamdulillah beres, semoga bisa jd pembelajaran bagi rekan2 yg mengalami trouble yg sama.., jangan panik saat tidak bisa starter, coba ketok2 aja dulu dinamonya, mudah2an bisa nyala kembali, sekian dan terimakasur... 🙏🙏🙏
gambar 2

gambar 3

by Fadlansyah Hafid
sumber : facebook IC

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : service maintenance air compressor / kompresor angin

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten