Ganti baut pengikat balljoint Aerio dengan baut universal

 gambar 1 - kiri baut universal, kanan baut ori aerio
otodiy.blogspot.com
Newbie sempat bingung dengan bunyi klotok kencang saat melewati polisi tidur dengan kondisi ban miring, balljoint, cv joint, stabilizer, support shock, support per dipastikan baik, ternyata karena baut balljoint kurang kencang, karena dratnya ada yang slek (gambar 1 sebelah kanan). Dicoba hilangkan ring supaya bisa lebih kencang, hasilnya bunyi normal, cuman karena ada drat yang slek dikuatirkan lama-lama renggang lagi dan mungkin makin parah sleknya kalau sering dikencangkan ulang.
Coba cari-cari di toko online juga nanya-nanya ternyata tidak tersedia. Padahal dilihat di eparts sebenernya ada kode partnya :
gambar 2

gambar 3 - part yang diganti

Coba cari-cari baut universal via online ternyata banyak yang mirip, tinggal ukuran yang agak susah memastikan kalau beli online. Akhir dicoba ke toko baut lokal di sidoarjo, mobil didongkrak dan diganjal, baut balljoint dilepas buat contoh dan dicoba ukur pakai sketmat, diameternya 10 mm.

Ke toko baut di jl kartini sidoarjo, lupa nama tokonya. Tunjukin bautnya ke penjaga tokonya. Bingung penjaganya, yang punya toko tanya, tunjukin bautnya, dibilang ini drat nya halus, ga punya. Aku bilang asal diameter ini sama, gpp, asal dari baja ya. Ditanya lagi, tapi ukuran kuncinya beda, lebih besar dari contoh. Aku bilang gpp.
Akhirnya diambilkan 2 macam bautnya, beda di panjangnya. Coba ukur pakai sketmat bener 10 mm. Dratnya lebih kasar jadi lock nut bawaan ga bisa masuk demikian juga sebaliknya mur dari baut itu ga bisa masuk ke baut standard. Ada 2 macam, yang pertama bautnya lebih panjang dari ori, area tanpa dratnya lebih panjang sekitar 1-2 mm dari ori. Sedangkan macam yang kedua panjang bautnya kurleb ori, tapi area tanpa dratnya lebih pendek. Akhirnya diputuskan ambil yang pertama saja. Untuk ngakali supaya dratnya pas bisa nekan knuckle pengunci, ganjal ring 1 atau 2 lembar. Cuman ringnya ga ada yang baja, besi putih biasa.
Sedangkan untuk mur nya biasa saja bukan lock nut yang ada nilonnya biar ga longgar lagi, karenanya diputuskan beli murnya dua biji, yang pertama untuk mengencangkan baut, yang kedua untuk mengunci mur pertama biar ga muter dan jadi longgar kena getaran.
Total harga 5rb saja, untuk 1 baut baja + 2 mur baja + 3 ring plat biasa. Moga-moga bisa kepasang.
O ya ukuran kuncinya beda, kalau yang ori pakai kunci ukuran 14 mm, sedangkan yang universal kunci ukuran 17 mm.

 gambar 4 - kemasan plastik, mau dipasang
 gambar 5 - pasang 2 ring
Coba pasang 1 lembar ring dulu, ngelihat apakah dratnya pas, ternyata kurang dikit, jadi dipasang saja 2 lembar ring biar lebih kencang ngiketnya.
 gambar 6 - kencangkan dengan dua kunci ukuran 17 mm

Setelah itu kunci mur yang sudah dikencangkan dengan mur tambahan biar ga mudah longgar kena getaran.

 gambar 7 - terpasang

Selesai, untung ada yang jual cocok ukurannya. Khusus untuk yang ini, yang penting cocok diameternya, panjang cukup, ukuran kunci tidak masalah kalau beda. Dan yang penting baut baja.
Oya sebenernya ada lagi grade baut baja, nah ini yang aku kurang paham sih. Ini yang bahaya kalau sampai putus. 

regards,
singachu

Comments

Post a Comment

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

cara parkir dengan transmisi netral di Honda HRV matic {gun2016}

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova