DIY : mengatasi tali tuas kap mesin yang putus dan cara mengganti tali tuas kap mesin Aerio {Richard Petrus}
gambar 1 - tali penarik tuas kap mesin putus
otodiy.blogspot.com
Selamat siang para suhu disini, Pagi tadi mau buka kap mesin eh.. Malah kabel nya putus 😱 (narik nya abis sarapan sama ngopi) dan nda bisa buka kap nya. Mohon bantuan dan sarannya para suhu buka kap mesin nya gimana biar bisa ganti kabel nya? Sy sudah cek nda bisa lewat logo S didepan (ga ada bolongan)
Trimakasih untuk saran nya para suhu. 🙏🙏🙏
gambar 2 - sisa kabel yang bisa ditarik
Rogoh di bagian belakang grill dari kolong, tarik sisa kabel yg keliatan. narik dari kolong Om, untung masih ada sisa kabel yg masih bisa ditarik. Di tarik langsung kebuka, lanjut masang yg baru. iya newmod Om, tangan bisa masuk, cuma agak baret baret aja dikit. 😅
gambar 3 - no 38
gambar 4 - hood latch release cable part number 92160B54G001N
Sore para suhu semua, ijin update soal kawat pembuka kap mesin putus, akhirnya bisa diganti kawat pembuka nya (beli online, 100rb ori), tapi harus nyari jalan cara buka nya, dari buka body kanan yg ternyata harus buka bemper juga (akhirnya ga jadi), buka ban biar ngolong(ga jadi juga), akhirnya ketemu dengan cara lewat buka fender ban (cara paling simple), berikut ini langkah-langkah nya :
Tools yg digunakan :
1) rachet / kunci T 10
2) kunci sok 10
3) tang ujung lancip
4) tang potong
5) obeng (+) dan obeng (-)
6) senter
gambar 5 - tools
Langkah - langkah :
1) miring kan roda ke arah kanan untuk memudahkan akses
2) lepaskan klip pengunci handle pembuka di kabin dengan menekan bagian tengah lalu di congkel dan tarik ke bawah
gambar 6 - klip pengunci handle
3) mulai melepaskan fender ban dengan melepaskan beberapa klip pengunci lalu tarik fender ke bawah untuk membuka akses ke jalur kawat pembuka kap mesin
gambar 7 - lepas inner fender
4) lepaskan klip pengunci corong intake
gambar 8 - lepaskan klip pengunci saluran intake
5) lepaskan 2 klip pengunci kawat menggunakan obeng (-) atau tang ujung lancip (harus merogoh dan meraba raba karna tidak terlihat)
gambar 9 - klip pemegang kawat dalam body
6) lepaskan pengunci kap mesin dengan membuka 5 baut di bagian depan, 1 baut dibagian belakang, 2 baut di bagian bawah
gambar 10 - 8 baut
7) putuskan kawat yg rusak dengan tang potong supaya bisa ditarik ke bagian dalam kabin lalu gantikan dengan yg baru.
gambar 11 - keluarkan dari dalam kabin
8) untuk memasang kabel yg baru urutannya harus dari dalam kabin karna ada karet penutup lubang, baru pasang di pengunci kap mesin bagian luar
gambar 12 - masukkan dari dalam kabin
9) pasang kembali pengunci kap mesin, fender dan klip pengunci handle kap mesin dalam kabin.
gambar 13
Sekarang buka kap mesin kaya mobil baru, enteng bener, cmiiiww...
Semoga membantu, dan emang agak ribet ngeganti nya, kalo bisa jangan sampe putus.
Terimakasih dan selamat sore suhu semua. 🙏🙏🙏
by Richard Petrus
sumber : facebook AIC dan facebook AIC