DIY : ganti / pasang lubang tutup karet dek lantai Toyota Soluna 2000 {tweet4nn4}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Ijin menuliskan pengalaman ganti/pasang lubang tutup karet di dek lantai Toyota Soluna 2000. Ceritanya kan akhir Mei kemarin Surabaya hujan deras terus kena banjir sampai masuk. Digarasi mestinya aman karena masih di bawah pintu mobil. Terus besoknya habis surut dan mobil mau dikeluarkan, loo cilaka kok ;kecipak kecipuk' bunyi air di sisi penumpang depan. Ternyata air masuk. Terus sambil di keringkan dan bongkar karpet, baru ketauan kalau tutup karet lubang lantai di sisi penumpang depan ga ada. Gau tau sejak kapan. Pantesan air masuk dari sana. Maklum mobil lawas, jadi saran saja untuk rekan2x untuk tetap sesekali memeriksa komponen satu ini. Tersembunyi tapi sangat penting menjaga air (banjir) tidak masuk.

Masalahnya cari karet (OEM) di toko sparepart Toyota keluaran lama juga sudah agak susah, plus PSBB, toko hanya online saja dan via WA benaran tidak ada. Mau keliling cari di kedungdoro harus bawa contoh. Sempat mau lepas contoh dr sisi yang lain, karena lama/getas langsung robek 'bibir' tutupnya. Wah bahaya nih klo dipaksa dibuka malah pecah hilang 1 tutup lagi.

Terus beralih ke toko online, browsing dengan kriteria tutup karet lubang/dek. Eh ternyata ada, cuma ukuran & modelnya bermacam2x. Ini yang ijinkan saya share. Ukurlah diameter lubang dek terlebih dulu dengan penggaris sketmat. Misal utk Soluna 45mm. Untuk tutupnya yang jadi acuan adalah diamater dalam ya. Jadi bibir terluar akan terpasang dibawah/diluar, kemudian bibir dalam terkait di bagian lantai dek dan dibalik bibir dalam ini ada 'diameter dalam' yang kurang lebih harus pas dengan diameter lubangnya. Jadi misal kalau lubang uk 45mm, bila bagian dalamnya pakai uk 40-42mm apakah bisa, ya pasti bisa masuk tapi akan longgar dan (mungkin) tetap bisa terpasang karena tutup akan terkait di dek, resiko lepas & air bisa masuk.

gambar 2 - online toped, link di sini

Just my opinion memang ada beberapa macam diameter karet tutup, perlu sedikit teliti dan untunglah penjual2x online ada yang memberikan rincian ukuran diameter beserta gambarnya...juga baca review2x pembeli (ada yg share beli uk 40/42mm bisa dipakai 45mm tp longgar)
diameter dalam : 30-32mm => utk lubang dek 30mm
diameter dalam : 39/40-42mm => utk lubang dek 40mm
diameter dalam : 45-46mm => utk lubang dek 45mm

Saya pesan di online Jakarta di uk 45mm, harga 6rb per bj, pesan 4 sekalian buat cadangan. 2 hari datang. Sy ukur sesuai uk 45mm,Langsung pasang, dibantu sabun cair biar mudah, pas ukurannya malah masih bisa diputar. Coba kalau pakai yang uk 40-42mm bisa longgar sekali. 

gambar 3
 gambar 4
 gambar 5

Demikian share saya, salam DIY dan terima kasih

by Ali / tweet4nn4 @tweet4nn4
sumber : email / tweeter

Comments

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : membuat dan memasang relay motor starter Aerio / Next G