Penjelasan jalur pemasangan OCT pada Ertiga Diesel {Adam Gp}
gambar 1 |
otodiy.blogspot.com
Pasang oil catch can.
Berharap oli tidak cepet ngumpul di intercooler, intake manifold tidak cepet kotor, dan ruang bakar lebih bersih tanpa harus mengotori udara dengan asap roket NASA kalo kata Om Amin Antok Antok 😁😁.
gambar 2 |
OCT beli jadi Om. Satu inlet dari PCV, satu outlet menuju turbo, satu lagi yg bawah untuk drain, tinggal dikasih kran kecil di bawah.
https://s.lazada.co.id/s.cbrF7
gambar 3 |
(inlet outlet 1 inch).
Sementara jalur uap oli GaDies pake selang 3/4 inch. Kalo panjang tergantung mau ambilnya dari mana. Kalo kayak sy ambil dari jalur setelah oil separator bawaan, total perlu selang 3/4 inch kira² 5 meter.
Untuk dudukan OCT sih kreatifitas masing² 😁. Sy pake besi braket universal tapi ternyata kurang rigid.
Untuk drainnya sy pake selang bening 1/2 inch 1/2 meter. Pake yg bening supaya gampang pantaunya kalo oli udah mulai banyak. Untuk ujungnya buat drain bisa ditutup baut, atau pentil, atau kran kecil.
video 1
pasang OCT (oil catch tank) tujuannya supaya uap oli yg keluar dari PCV tidak langsung terhisap turbo. Tapi terperangkap dulu di OCT, untuk nantinya dibuang secara berkala.
Sehingga jalur udara dari turbo sampai intake manifold lebih bersih, ruang bakar juga lebih bersih. Lebih detilnya mungkin bisa liat di google atau yutub.
oli mesin pasti ada pengurangan, tapi kalau mesin masih sehat pengurangannya tidak akan signifikan.
kalo oil separator bawaan mobil blong²an Om. Sudah pernah sy simulasikan, sama sekali gak efektif jadi perangkap oli.
Kalo oil separator yg sy jadikan OCT (di postingan sy di atas), ada filternya di dalamnya. Plus ada pressure regulator, plus ada relief valve juga. Bikinan Tiongkok, mudah²an aja efektif hehe.
by Adam Gp
sumber : facebook GADIES / Suzuki Ertiga Diesel Indonesia