Saran preventive maintenance ganti carbon brush alternator Ertiga sebelum muncul masalah {Muhammad Luthfi}

gambar 1
otodiy.blogspot.com
Saran saya saja nih
Untuk Ertiga yg kilometer nya sudah diatas 125.000 km sebaik nya cek ke tukang dinamo/alternator. Kemungkinan "Brush" alternator sudah menipis. Kalo sudah habis & gak bisa ngisi ke Accu akibat nya mesin mati gak bisa dihidupkan. Kalo posisi mati engine di pelosok atau jauh dari bengkel kan repot.
Keterangan :
Suzuki Ertiga 2012
Km 156.000
Ganti brush + bongkar pasang 300 ribu
(Kalo ganti Alternator grup sekitar 2 juta)
gambar 2
Kalo sudah diatas 125.000 km sebaik nya cek saja daripada problem di jalan nanti ongkos ganti bs lebih mahal.
Setiap mesin hidup, as alternator berputar & brush bergesekan shg pasti aus krn pemakaian....
Gak ada tanda2 nya... nanti lampu indikator battery menyala trus mesin mati gak mau hidup di start

gambar 3

gambar 4 - contoh yang sudah habis
Ini contoh "Brush" yg sudah habis... kalau sudah spt ini mesin sudah tidak bisa hidup walau di starter terus
Sblm habis spt ini sebaik nya diganti baru
Lampu indikator menyala setelah kondisi habis krn tidak ada pengisian ke battery

gambar 5 - lokasi
Saya kmrn disini
Jl.Raya Perjuangan no.99 dpn Perumahan Prima Harapan (deket Summarecon)
Cepet kok... 30 menit beres
Parts + ongkos bongkar pasang 300 ribu

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}