DIY : Oprek Cassette Adaptor supaya mudah di Play di Tape Mobil

Gambar 1 - Posisi sekrup

Sekilas mengenai Cassette Adaptor : Bentuknya seperti Cassette Tape biasa, hanya isinya bukan pita tapi rangkaian elektronik. Mempunyai kabel dengan jack 3.5 mm sebagai input, input bisa didapat dengan Player apapun (MP3 Player, dsb) yang mempunyai line out / headset 3.5 mm. So salah satu kegunaanya bisa dipakai setel lagu dari MP3 Player untuk Head Unit / Tape yang tidak mempunyai fasilitas MP3 Player.

Newbie beli sudah lama, harga berkisar 15rb-an sampai 65rb-an tergantung beli di mana. Berjalan cukup baik untuk beberapa saat, sayang berikutnya terjadi masalah skip dan Head Unit jadi bolak-balik mode Play Forward dan Play Reserve yang artinya Cassette Adaptor ini "rusak". Newbie sempat pensiunkan kemudian sempat mencoba FM Modulator tapi ada beberapa kendala juga (Lain waktu newbie coba ulas saja). Terlintas pikir kalau yang masalah ada di mekanis yang macet sehingga tape menganggap pita sudah habis dan tidak bisa terputar sehingga bolak-balik mode Reserve ataupun Forward Play. Bongkar dan kasi grease, hasilnya cukup ok untuk di play pada Tape Compo di rumah, tetapi waktu dicoba di Head Unit JVC Aerio ternyata masih sama kendalanya, sepertinya Head Unit lebih sensitive terhadap cassette macet. Karena itu muncul ide oprek ini..... and it works !! :)


Tools : Obeng Jam / Obeng presisi

Step-step :
  1. Buka 6 buah sekrup seperti ditunjukkan di gambar 1
  2. Congkel dengan hati-hati jangan sampai gear/sproket di dalamnya berserakan.
  3. Perhatikan gambar 2, congkel lepas gear yang di tengah hingga nampak seperti gambar 3
  4. Rakit ulang
  5. Done, testing time

Gambar 2 - Gear/Sprocket yang dilepas

Gambar 3 - Gear/Sprocket sudah dilepas

Here it's, masukkan ke tape mobil / head unit, ujung jack masukkan ke MP3 player atau handphone. Head Unit biasanya masuk mode play atau tekan manual bila perlu, kemudian play lagu dari MP3 Player maka sekarang suara lagu akan muncul pada speaker mobil seakan-akan sedang play lagu dari cassette biasa. (Lihat Gambar 4)

Gambar 4 - Pasang di tape mobil

Gambar 5 - Reverse ataupun Forward Play tidak masalah

Hehehehe berhasil berhasil berhasil (joget ala Dora The Explorer).... Di Head Unit mau mode Play Forward ataupun mode Play Reverse tidak masalah seperti terlihat di gambar 5, sama-sama berjalan dengan normal.

regards,
singachu

Comments

  1. Hebatt..ternyata cuma gt ya isinya haha malah sy liat modifikasi agan lebih canggih krn dengan dilepasnya gear yg tengan otomatis bisa lebih free putarnya :)

    ReplyDelete
  2. sepertinya sih yang penting headnya doang
    gear nya biar njaga ga kebalik puterannya, kalo kebalik dia ngunci, tapi anehnya setelah dilepas dicoba play bolak balik hasilnya tetep ok suaranya

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  3. sy mempunyai masalah dgn cassete adapater saya, yaitu cassete adapater selalu keluar lagi setelah dimasukan ke tape mobil.bagaimana cara mengatasinya?

    ReplyDelete
  4. 1. kalau dimasukin kaset biasa apa keluar lagi ato enggak ?

    2. Cek barangkali ada yang nyangkut, misal kabelnya ngeganjel atau ada yang menghalangi

    regards,
    singachu

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}