Senin, 27 Januari 2014

DIY : pasang pembuka bagasi dengan remote alarm

gambar 1 - pembuka bagasi pakai remote alarm
Membuka bagasi sedan seperti Baleno Next G bisa menggunakan 2 cara, yaitu dengan memasukkan anak kunci ke bagasi atau menarik tuas bagasi yang ada di samping bangku supir. Seringkali saat selesai berbelanja dan menuju mobil, terasa lebih enak apabila bagasi bisa dibuka dengan remote. Kebetulan dari alarm merk blackjack ada output untuk membuka bagasi dengan cara menekan tombol buka pada remote selama 3 detik.
 gambar 2 - kawat untuk menarik pengait bagasi
Memanfaatkan hal tersebut maka diperlukan lagi actuator / motor untuk central lock, sebenarnya cukup yang 2 kabel saja, kebetulan newbie dapatnya yang 5 kabel seharga kurleb 20rb-30rban, Setelah testing mencari kabel mana yang berfungsi melakukan "tarikan" adalah kabel hijau diberi sinyal positif dan kabel biru diberi sinyal negatif.
Selain motor central lock, diperlukan lagi relay, karena sinyal negatif yang berasal dari unit alarm kurang kuat untuk menggerakkan motor central locknya.

Untuk pemasangan, pertama mempelajari mekanisme penguncian bagasi (gambar 2), setelah diamati ada tekukan plat di dalamnya yang apabila digeser ke kanan (kanan dari foto) maka kuncian terbuka. Selanjutnya dipasang kawat untuk menarik pengaitnya dan kawat tersebut dihubungkan dengan tarikan motor central locknya. Kawat bisa dibungkus spons dan isolasi agar tidak menimbulkan bunyi berisik apabila kena getaran selama perjalanan.
 gambar 3 - motor central lock
Selanjutnya mencari tempat untuk memasang motor central locknya. Newbie berusaha memanfaatkan lubang-lubang yang ada di bagasi agar tidak terlalu banyak memodif original mobil. Didapati ada lubang yang agak besar (gambar 3). Supaya motor kokoh sekrup ditambahkan ring untuk bisa menjepitnya (gambar 4), perlu beberapa titik sekrup agar kuat tidak goyah.
 gambar 4 - sekrup yang kokoh
 gambar 5 - dudukan socket relay
 gambar 6 - relay terpasang di socket relay
Selanjutnya adalah mencari dudukan untuk meletakkan relay. Kebetulan ada paku plastik yang nongol di dekat sana, maka langsung ditancapkan ke sana saja (gambar 4).
gambar 7 - listrik dari lampu bagasi
gambar 8 - rangkaian relay
Selanjutnya adalah mencari sumber listrik positif yang selalu mendapatkan listrik meskipun kunci kontak off. Hal ini perlu karena saat mengaktifkan tombol pembuka dari remote, tentu saja kondisi mobil sedang off. Setelah dites ternyata sumber kelistrikan ke lampu bagasi selalu mendapatkan listrik positif (gambar 7).

Diagram pemasangan seperti nampak di gambar 8.
  • Kabel biru atau ground untuk motor central lock dihubungkan ke kaki 30 dari relay
  • Kaki 87 dari relay dihubungkan ke ground, newbie pakai baut di pengikat kunci bagasi (gambar 1)
  • Kabel hijau dari motor central lock dihubungkan dengan source positif dari lampu bagasi
  • Kaki 85 dari relay dihubungkan dengan source positif dari lampu bagasi
  • Sinyal pembuka bagasi dari alarm unit dihubungkan ke kaki 86 dari relay

Testing dan selesai.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar