Minggu, 05 Januari 2014

Review Gantungan kunci multi fungsi Swiss Micro-Tech 6 in 1

gambar 1 - Swiss+Tech, Micro-Tech  6 in 1
Lagi-lagi lapar mata, jalan-jalan di Mall Olimpic Garden Malang, mampir di Ace Hardware buat cuci mata, eh nemu tools yang bisa jadi gantungan kunci, buatan Swiss+Tech. Pilih-pilih akhirnya beli Micro-Tech 6 in 1 (gambar 1) seharga Rp 77.200,-
Iseng foto-foto pingin post ke blog dengan sedikit review, sekalian cari informasi dari website pembuatnya yang tercantum di kemasan. Berikut copy paste isinya :

The original Micro-Tool that took the nation by storm! This durable and precision crafted 6-in-1 tool includes pliers, wire cutter, wire stripper, sheet shear, and both Phillips and flat screwdrivers and weighs in at only 1.6 oz. The tool makes minor repairs, assemblies, installations, and hundreds of jobs an easy undertaking. The patented quick-release self-locking jaws keep this tool tightly secured to any key ring, eliminating the need for a belt holster. With a quick down turn of the legs, it’s released for use. This tool comes in handy on the road and at home!



  •     #2 Flat Screwdriver
  •     #2 Phillips Screwdriver
  •     Precision Pliers
  •     Wire Cutters
  •     Wire Stripper
  •     Sheet Shear
  •     Bonus! 1/8” Rule Markings

Specifications:

  •     Product Size: 1-7/8” x 1” x ¼” Folded
  •     Product Weight: 1.6 oz.
  •     Patent No. 5,491,856
  •     Model Number(s): MTCSS
  •     Lifetime Limited Warranty

Website resmi : http://www.swisstechtools.com
Tulisan dan gambar di atas adalah copy paste dari : http://www.swisstechtools.com/proddetail.aspx?pid=6

Selain itu terdapat dua file dokumentasi berupa pdf, berikut screen caputer dari file pdf tersebut.
gambar 2 - microtech 6 in 1 manual

Berikut adalah file kedua dengan 2 halaman pdf :
gambar 3 - Halaman pertama manual
gambar 4 - halaman kedua manual
File asli pdf dari gambar 3 dan 4 : http://www.swisstechtools.com/docs/literature/microtech-productinfo.pdf

Nah sekarang baru posting foto-foto bikinan sendiri.....
 gambar 5 - kemasan dan tools sebagai gantungan kunci
Untuk penggunaan sebagai gantungan kunci, cukup buka kedua gagangnya dengan diputar ke bawah, buka tang yang ada dan capitkan lubang yang ada di ring kunci, dan kembalikan kedua gagang menutup seperti semula. Lubang pada tang tersebut berfungsi sebagai lubang gantungan kunci (gambar 5), sedangkan kedua gagang saat berada di samping membuat tang tersebut tidak dapat terbuka sehingga kunci aman tidak terlepas.
 gambar 6 - kemasan dan secarik kertas manual
 gambar 7 - ada petunjuk penggunaan juga di balik kemasan
 gambar 8 - terlipat tampak satu sisi
 gambar 9 - terlipat tampak sisi lainnya
 gambar 10 - tools cukup tebal, 6.4 mm
 gambar 11 - gagang setengah terbuka
 gambar 12 - gagang terbuka seluruhnya
 gambar 13 - nampang tang yang juga berfungsi sebagai kunci pas
gambar 14 - bagian dalam berfungsi sebagai wire cutter
Material buatannya dari full stainless steel membuatnya terasa cukup berbobot meskipun kecil, sepertinya bila dipakai untuk gantungan kunci mobil akan cukup "bergoyang" saat mobil terkena jalan jelek. Menurutku agak kurang cocok buat gantungan kunci mobil, meski begitu untuk dikantongi di saku celana bukanlah satu masalah dan tidak terasa ada beban di saku.

Design gagang yang diputar ternyata masing-masing berfungsi sebagai obeng plus dan obeng minus. Percobaan pemakaian, untuk kualitas ujung obeng cukup baik dan kokoh, di kemasan juga tertulis memenuhi standard ANSI. Untuk kenyamanan memutar sekrup kurang begitu pas, hal ini karena obeng ada di samping dari tools, sehingga proses memutarnya terasa tidak balance, perlu kesabaran dan kebiasaan untuk menggunakannya.

Pada kedua gagang terdapat garis-garis yang bisa difungsikan sebagai penggaris 1/8 inch. Di kemasan ditulis bonus "1/8 Inch Rule Markings". Ga tau deh bakalan kepakai apa enggak, sepertinya sekedar ada saja. Sayangnya di kedua gagang sama-sama menggunakan satuan Inch, coba kalau ada 1/2 cm, mungkin saja lebih terpakai di Indonesia yang lebih banyak menganut satuan metric ketimbang satuan imperial.

 gambar 15 - wire cutter
 gambar 16 - siap potong
 gambar 17 - hasil potong kawat diameter 1 mm
 gambar 18 - bisa untuk memotong dan mengupas kabel
 gambar 19 - hasil kupas kabel
Sisi dalam dari tang (gambar 14) terdapat bagian untuk memotong dan mengupas kabel. Newbie sedikit bingung dengan petunjuknya untuk membedakan mana bagian potong dan bagian kupas. Terlihat di gambar 14, sama sekali tidak ada bagian yang tajam dan saat diraba dengan jari tangan juga tidak ada tanda-tanda benda tajam sama sekali. Tools ini menggunakan kepresisian jepitan untuk memotong kabel.

Percobaan dengan memotong kawat dengan diameter 1 mm (gambar 15 dan 16), cukup mudah untuk melakukannya. Meskipun tools ini kecil cukup ringan untuk memotongnya dan dapat ditekan dengan satu tangan saja.
Percobaan mengupas kabel ternyata juga dilakukan di tempat yang sama seperti cara memotong kabel / kawat (gambar 18). Hanya saja saat mengupas kawat, cukup beri tekanan secukupnya pada tools, kemudian tarik kabelnya, alhasil isolator kabel akan terkelupas (gambar 19). Cukup ok juga meskipun tanpa sisi tajam.
gambar 20 - sheet shear
Nah fungsi sheet shear ini yang paling membingungkan. Potong plat tipis ? sepertinya terlalu berlebihan. Coba potong kertas HVS, cukup berhasil. Bagian yang dipakai untuk memotong adalah sisi dalam setelah coakan untuk potong kabel. Tapi keefektifan potong kertas dalam sekali langkah tekan toolsnya adalah sekitar 0.5 cm saja, mending pakai gunting aja lebih gampang. Percobaan potong plastik kemasan yang kadang susah dibuka, lagi-lagi agak susah meskipun kadang berhasil.
Kesimpulan newbie untuk fungsi sheet shear ini kurang begitu efektif untuk alat ini.

 gambar 21 - baut mur untuk test precision pliers
Sekarang test precision pliers, setidaknya nama presisi ini tertulis di balik kemasan, hmmm bukan sekedar tang untuk menjepit kah ? penasaran coba untuk kencang dan kendorin beberapa ukuran baut - mur. Newbie punya stok untuk kunci ukuran 7 mm, 8 mm, 10 mm, 11 mm, 12 mm, 13 mm dan 14 mm. Sebenernya ada lagi 17 mm tapi sudah over untuk tools ini meskipun masih bisa dijepit. 

Newbie sadar bahwa untuk membuka baut mur yang baik adalah menggunakan kunci sok selanjutnya kunci ring dan terakhir kunci pas. Membuka dengan kunci inggris pun sebenernya udah agak rawan membuat baut mur jadi slek, apalagi pakai pliers seperti tools ini. Cuman ya siapa tau butuh alat tambahan untuk megang baut mur bila dipakai berpasangan dengan kunci pas.

gambar 22 - test putar baut dan mur 10 mm pakai pliers tool dan kunci ring  
gambar 23 - test putar baut dan mur 12 mm pakai pliers tool dan kunci ring 
Seperti di gambar 22 dan 23, newbie jepit baut dengan pliers tool, sedangkan mur diputar pakai kunci ring. Newbie coba putar sampai sekencang-kencangnya dengan dua tangan, sampai kondisi pliers selip untuk memegang kepala baut. Pada kondisi ini mur dan baut udah cukup kencang sampai tidak bisa diputar jari tangan tanpa menggunakan alat.

 gambar 24 - posisi baut mur ukuran kunci 7 mm
Untuk ukuran baut mur kunci 7 mm, termasuk masih ok. Baut mur terpegang dengan baik. Tekanan tangan untuk menekan tools cukup diperlukan untuk menjepitnya supaya tidak selip.

 gambar 25 - menjepit baut mur ukuran kunci 8 mm
Ukuran 8 mm sedikit lebih nyaman dibandingkan ukuran 7 mm.
 gambar 26 - kunci ukuran 10 mm
 gambar 27 - kunci ukuran 10 mm
Ukuran 10 mm ini yang paling terasa pas, terasa presisi sekali
 gambar 28 - kunci ukuran 11 mm
 gambar 29 - kunci ukuran 12 mm
 gambar 30 - kunci ukuran 12 mm
Ukuran baut mur dengan kunci 11 mm maupun 12 mm juga terasa cukup baik, baut mur terpegang dengan pas.
 gambar 31 - ukuran kunci 13 mm, masih pas
Ukuran baut mur dengan kunci 13 mm, sebenarnya masih pas terjepit (gambar 31), tapi newbie mulai merasa kesulitan untuk menahannya agar tidak selip saat kunci ring diputar untuk mengencangkan.
gambar 32 - ukuran kunci 14 mm, mulai kesulitan
Ukuran baut mur dengan kunci 14, terlihat grip jepitan mulai kurang pas. Percobaan putar untuk mengencangkan dengan kunci ring sudah mulai terasa goyah.

So untuk membuka atau mengencangkan baut mur, tetap masih kurang enak, bahkan dibandingkan dengan kunci inggris kecil sekalipun. Meski begitu tools ini cukup handy disaat diperlukan di kala kurang pilihan tools yang tersedia. Ukuran baut mur 7 mm sampai 12 mm cukup enak untuk dipakai, ukuran 13 mm sudah mulai kesulitan, sedangkan ukuran 14 mm ke atas sudah kurang rekomen.

Secara umum tools ini bukan tools untuk kerja serius. Meski begitu bentuk yang kecil cukup enak untuk dikantongi sehingga cukup handy saat diperlukan. Kualitas buatan dari solid stainless steel yang baik dan kokoh tetap bisa diajak kerja ringan. Kekuatan dan kepresisian cukup meyakinkan untuk durabilitasnya dan bukan sekedar asesoris mainan.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar