Selasa, 18 Februari 2014

DIY : melepas dashboard Next G facelift {sinxa}

 gambar 1 - Lepas dashboard masih di tahap ini
Hari ini agendanya bongkar dashboard sesuai janji si masnya bengkel jog.
Siap-siap buat mendokumentasikan selengkap-lengkap-nya.
Baru ini (gambar 1) yang bisa kulakukan. Lepas HU (Head Unit), setir, laci, jam+termometer, sama jog. Sisanya nunggu masnya bengkel jog. Hehehe...


Firdaus Nasution SH Lho kenapa stirnya dibuka om, kan gak terganggu sedikitpun dengan stir. Dudukan minuman yang ditengah buka aja om, hanya 2 baut samping kiri kanan. Yang paling depan ada tiga baut pengingat pipa ac om, buka dari depan dengan obeng bunga pendek
Singkex Elex Om firdaus... Hehehe... Ternyata bagi teknisi disini butuh buka setir om. Ini malah lagi bingung gimana ngangkat dashboardnya. Semua baut udah lepas, tapi kayaknya ada kendala di bilah dashboard yang paling depan yang ada kisi2 ACnya. Karena sepertinya bilah tersebut menyatu dengan dashboard utama menggunakan baut 3 buah. Tapi kepala bautnya menghadap ke depan (arah kaca). Dan bilah itu juga menempel sama saluran blowernya. Blom tau bagian mana yang bisa dilepas. Mohon petunjuknya om...
Sudah berhasil di angkat, tapi ada masalah lagi, ternyata batas yang saya tandai anak panah tersebut tidak bisa dipisah. tapi cetakan menyatu dari sana. sekarang bingung besok gimana cara nempelkan bahan jog dibatas ini (gambar 2)....
 gambar 2 - batas jog
Firdaus Nasution SH : itu memang menyatu om, senyawa dengan dasboard. Jadi setelah lepas 3 baut scrup di bagian depan itu, lepasin klem antar pipa ac depan dan pipa ac ke belakang, lengketnya disitu
Di penyangga ini (gambar 3) ada 2 baut ngadap ke depan, di depannya ada 2 pipa besar dan kecil, lengket dengan klem
 gambar 3
Firdaus Nasution SH  : disini (gambar 4) kelihatan ada 2 pipa, pipa kecil dan besar, nah itu tanda panah senyawa, bautnya didepan itu kiri kanan dan tengah
 gambar 4 
Singkex Elex Betul om Firdaus Nasution SH sudah ketemu 2 baut yang dimaksud di foto itu.... Tapi yang 3 baut pengikat pipa AC tadi bener-bener gak bisa di akses waktu dashboardnya masih di mobil kan om? Jadi tadi terpaksa ditarik agak maksa sehingga pipa ACnya lepas dari saluran AC utama (dibelakang HU) ada pengaitnya...
Firdaus Nasution SH iya gpp om perlu paksa dikit, tapi hati-hati jangan sampe koyak pipa acnya, karena tipis. Yang penting di ingat kedua pipa besar dan kecil harus lengket saat pasang om, kalau tidak maka AC gak naek ke atas, karena bocor disitu
Singkex Elex Iya nih... Bener... Ga bisa bayangain gimana besok masangnya. Bisa jadi dashboardnya dah kembali ke tempat, tapi instalasi yang ada di dalamnya kelupaan masang. Ato kalupun inget juga susah mo mastiin dah bener2 terpasang seperti sedia kala apa blom....
Ternyata pipa blower ACnya lumayan banyak arahnya. Ke tengah (atas HU) ke pinggir arah pengemudi dan penumpang, atasnya yang pinggir juga ada arah ke atas, trus yang kesamping arah kaca pilar A, dan ke kaca depan. Tadinya yang sepele-sepele gitu aku pikir cuma variasi, ternyata beneran ada pipanya... 
Firdaus Nasution SH pipa ac bisa dibuka om, kiri kanan dan yang tengah copot aja
Singkex Elex betul om, pipa bentuk tanduk yang nempel pake 3 baut tadi udah dilepas. Sekarang dashboardnya dibawa ke bengkel jog. kabar selanjutnya paling lambat katanya 1 minggu lagi.
gambar 5 - dibawa ke bengkel jog
gambar 6 - posisi-posisi baut
ni dah aku tandai titik2 lokasi bautnya om. smoga gak ada yang terlewat...

lanjutan : 
proses bungkus dashboard

by sinxa
sumber : FB AIC Group

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar