Minggu, 01 Juni 2014

DIY : pasang IFC-meter aka ITRAX MID mini di Grand New Kijang Innova tipe G

 gambar 1 - paket IFC-meter sudah datang
http://otodiy.blogspot.com
Kiriman IFC-meter datang siang ini, gatel aja pingin nambahin MID untuk ukur Fuel Consumption real time pada Grand New Kijang Innova tipe G, maklum saja MID baru ada di tipe V. Sebenernya cara instalasi sudah dijelaskan di panduan dengan cukup jelas (gambar 2), jadi newbie coba mengulas dari apa yang newbie lakukan tadi sebagai sara pelengkap dari panduannya saja, khususnya pemasangan IFC-meter pada GNKI tipe G.

 gambar 2 - PDF panduan instalasi sejumlah 5 halaman dilengkapi foto-foto
 gambar 3 - bagian soket belakang yang dipakai, soket sebelahnya nganggur
 gambar 5 - tampak samping
 gambar 6 - kabel set
Dari kabel set yang ada, newbie coba cocokan dengan panduan (gambar 2) :

  • bagian A akan masuk ke soket di belakang unit utama (gambar 3)
  • bagian B akan masuk ke soket OBD di kanan bawah setir
  • bagian C akan masuk ke lampu senja (gambar 19)
  • bagian D adalah ground
  • bagian E adalah kabel Kuning dan Orange untuk sinyal speed dan Ignition
  • bagian F adalah soket dengan 4 terminal kabel (lihat gambar 7), 2 terminal kabel warna orange dan kuning akan dipakai, sedangkan kabel warna coklat tidak terpakai, kabel ungu juga tidak terpakai. Nampaknya kabel coklat di bagian A sudah dipotong, sedangkan kabel ungu sudah dipasangi terminal menjadi bagian B. Soket F ini sendiri tidak terpakai.
  • bagian G adalah kabel biru dan coklat yang tidak terpakai.

 gambar 7 - soket bagian F yang tidak terpakai
Keluarkan saja semua terminal dari soket di gambar 7, simpan soket hitamnya dan juga simpan kabel coklat dan biru karena tidak dipakai, yang dipakai hanya kabel orange dan kabel kuning.
 gambar 8 - total ada 4 kabel selain socket OBD yang perlu dicolokkan ke tempat yang sesuai
 gambar 9 - empat kabel penting
Dari empat kabel di gambar 8 dan 9, bila dibaca di panduan instalasi kabel ungu akan dipasangkan ke soket jam orisinil (gambar 10), kabel hitam akan di sekrup ke body sebagai ground, kabel orange ke kontak Ignition (gambar 12) dan kabel kuning ke speed signal (gambar 11)
 gambar 10 - panduan instalasi kabel ungu
 gambar 11 - panduan instalasi kabel kuning
 gambar 12 - panduan instalasi kabel orange
OK, sekarang bawa ke mobil paket kiriman yang sudah dipilah-pilah sesuai panduan. Pertama cari socket yang dimaksud oleh panduan instalasi di gambar 11 dan 12, caranya buka panel / dek penutup dashboard bawah setir (gambar 13), untuk membukanya sudah ada panduan berupa dua tanda panah (lihat gambar 14), tarik keduanya untuk melepaskan dek plastik tersebut sehingga nampaklah soket yang dimaksud (gambar 15).
 gambar 14 - buka dek plastik ini
 gambar 15 - nampaklah soket untuk memasang kabelnya
OK sudah ketemu satu sisi, sekarang beranjak ke sisi display, karena display tersebut menggantikan posisi jam dashboard maka perlu dibuka dulu dan dilepas. Untuk cara membukanya bisa dimulai dengan cara buka panel sekeliling Head Unit, sehingga nampak seperti di gambar 16, buka dua sekrup yang dilingkari dan tarik keluar jam dashboardnya.
 gambar 16 - lepas panel jam dashboard
 gambar 17 - lepas socket jam dashboard
Selanjutnya lepas socket di belakang jam dashboard (gambar 17), lepas jam dashboard dan pasang display utama IFC-meter. No foto untuk step-stepnya karena PDF panduan instalasi sudah cukup jelas foto-foto dan petunjuknya, tinggal ikuti saja.

Beralih ke socket di bawah setir, dari panduan dibanding kenyataan mencari lokasi di socket yang kosong, maka diputuskan kabel kuning di pasang seperti nampak di gambar 18. O ya untuk memasangnya perlu melepas socket tersebut, kemudian masukkan terminal kabel (gambar 7) dorong sampai terdengar bunyi klik tanda terminal sudah mengunci di dalam soket, baru setelah itu pasang kembali socketnya ke tempat semula. Sedangkan kabel Orange dipasang seperti terlihat di gambar 19. Untuk ground lupa foto, tinggal ikuti aja PDF instalasinya.
 gambar 18 - kabel kuning menuju sensor speed
 gambar 19 - kabel merah sebagai ignition
 gambar 20 - socket OBD di kanan bawah setir
 gambar 21 - tancapkan sinyal lampu senja di sini
 gambar 22 - pasang ke soket di unit utama
Setelah socket OBD, dan socket utama terpasang, tes putar kunci kontak, muncul seperti di gambar 23. Coba nyalakan mesin, rpm juga jalan.
 gambar 23 - hasil test nyala IFC-meter
Selanjutnya beres-beres sekalian merapikan kabelnya.
 gambar 24 - di sini lho letak pemasangan kabelnya
 gambar 25 - kabel ground di sini, kabel dibungkus isolasi listrik
 gambar 26 - kabel OBD dilewatkan bagian atas biar rapi
 gambar 27 - dan kabel OBD muncul di sini
Rapikan dengan proses kebalikan dari ngebongkarnya
gambar 28 - foto malam hari pakai camera henpon, gelap hasilnya
Thats all and enjoy, jangan lupa baca buku petunjuk pemakaiannya.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar