Senin, 04 Juli 2016

Bunyi “dhug” setiap kali lepas koping, sangat terasa sekali ketika diantara gigi 2 dan 3 {Zainal Abidin}

gambar 1 - diagnosa Bengkel Resmi
http://otodiy.blogspot.com
Tidak tahu pasti apa penyebab terjadinya problem ini, namun sebagai catatan 2 bulan sebelumnya Cakrio (nama aerio saya) abis ganti kopling set, dan engine mounting depan dan belakang. Dan 3 minggu yang lalu juga abis abis dari bengkel onderstel ganti as kokel luar (cv joint luar ki/ka, LKS) problemnya klasik belok kiri/kanan bunyi kletek-kletek.

Dari hasil browsing ke (otodiy.blogspot.com) dan tanya ke group Facebook – AIC semua jawaban lebih banyak yang mengarah ke problem di as intermediate –nya (intermediate shaft & family). Karena alesan kasus baru, saya memutuskan untuk ke bengkel resmi (BeRes) Suzuki saja.
Setelah membooking service via kenalan orang BeRes, sekalian saya tanya-tanya juga mengenai case ini, dan ternyata jawabannya juga sama, dan ternyata lagi baru beberapa minggu kmaren ada aerio juga yang abis masuk kesana dengan problem yang sama.
Pertama masuk service di test drive sama kepala mekanik, dan mekanik yang menangani (dan saya di jok belakang) untuk memastikan keluhannya dan ketika ditengah perjalanan test itu tiba-tiba “bruakk”, klimaks dari tersebut, alhasil separuh jalan kembali menuju SBT , Cakrio harus didorong. (untung jaraknya sudah dekat)
Hasil check dari BeRes, yang di vonis rusak adalah (beserta harga part ori-nya - gambar 1)

Untuk ori-nya sendiri, di BeRes tidak ada stock-nya, akhirnya dikasih alternative mau dibelikan diluar, atau beli sendiri. Akhirnya meluncur ke Suzuki Motor kedungdoro

 gambar 2 - belanja di kedung doro
gambar 3 - jasa service dan pemasangan di Bengkel Resmi

by Zainal Abidin
sumber : email

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar