DIY : {wawan5161} Bongkar steering gearbox SJ410'85

sumber : kaskus

Kali ini nubie nekat lagi bongkar gearbox stir grobak ane gan, ada kata2 bijak begini “cari masalah dan bikin kekacauan itu adalah cara terbaik untuk mempelajari sesuatu” he..he...total waktu pengerjaan, 10 jam ha..ha..gejalanya kok stir rasanya mbelok ke kiri, apalagi kecepatan di atas 20 km/jam, keluhan lain udah lama kalo belok patah dan penuh ada suara tek-tek tek gitu gak tau dari mana??trus stir kadang gak mau balik sendiri kalo waktu jalan dan belok penuh (gerobak ane kagak ada power stiringnya)

Pertama, baca service manual yang samurai punya, pasti agan2 udah punya yang ini, dulu download juga tapi udah lupa dari mana linknya, selanjutnya karena grobak ane udah kagak ada bempernya langsung keliatan tuh gearbox stir, tujuannya adalah angkat gearbox dan bongkar setelah lepas,

siapkan doa dan kunci2, 2 dongkrak untuk 2 roda ,ada baut tiga di chasis coba di kendorin dl,
trus yang dari as yang dari stir yang ada karetnya (rubber joint)itu juga di lepas, gak ada masalah..trus liat di gearbox ada yang namanya pitman arm kalo di buku, mulai nih ke kacauan ...keras banget ampun deh bautnya, udah di kasih wd40 gak bergeming juga,coba buka baut di tie rod bisa, masalah lagi ternyata tie rodnya lengket banget gak bisa dilepas juga dari pitman arm, stuck disini lama...ampir putus asa panggil bengkelers..., di ketok2 pake palu juga gak bisa, ternyata liat di manual harus pake special tool,” tie rod remover”...akhirnya nemu alat ini di tetangga sebelah ...stelah pake alat ini mudah banget nyopot tierodnya dari pitman arm.
gambar 1 - tie rod remover


setelah gearbox turun, buang olie dari bautnya, ternyata olie sudah menjadi lumpur ....separuhnya air lagi waduuuuh.., buka baut yang besar dari as stirnya,dan 5 baut yang di tutup gearboxnya, bahkan gigi yang di dalam gearbox ini ternyata sudah berkarat.....(ini ngingetin buat agan2 yang sering nyeberang air tinggi, cek juga olie stir gearbox)
masalah lagi untuk nyabut worm shaft dan pitman arm nya gimana nih..., karena kalo gak di cabut pitman arm nya gak bisa ganti sealnya, akhirnya gearbox stir saya bawa ke bengkelers dekat rumah, minta tolong bengkelers copotin ini pitman arm, akhirnya bs di copot, semua jeroan stir bisa di keluarkan dari gear box..
gambar 2 - jeroan stir

ongkos dan sekalian beli oli stengah liter 30rb (, Mesran rored 90), beli dua sealnya 17.500, karena bearing dan wormstirnya masih ok jadi gak di ganti. Saatnya merangkai, setelah di cuci dan bersihkan, saya cat pake cat semprot (18 rb) juga ini gearbox biar keliatan bersih, masukkan dulu bearing dalam, kemudian worm saftnya,tempatkan giginya pas di tegah, lurus, dan masukkan as gigi yang ke pitman arm, kemudian pasang bearing dan skrup penutup worm saft, putar-putar untuk paskan gigi-giginya, kemudian kencangkan penutup worm saftnya tapi kalo terlalu kencang jadi berat muter stirnya dan bearing cepet rusak,kemudian masukkan sealnya, selanjutnya olie dimasukkan, sampe tercelup semua gigi2nya aja, kalo kebanyakan nanti sealnya cepet bocor kata bengkelers..
Setelah itu kencangkan 4 baut cover, jangan lupa kasih paking dan sealant, baut untuk setelan speleng stirnya juga di kencengin (punya ane udah custom tuh panjang banget setelan speleng nya..he..he). posisi pitman arm sejajar dengan baut yang untuk nyetel spelengnya, adalah posisi stir lurus
gambar 3 - gearbox stir sudah jadi

Coba2 putar, dan pasang kembali, kencangkan baut di chasis, sambung ke stir/rubber joint dan pitman arm dan tierodnya pastikan kencang dengan spi pengancingnya.
Setelah dirasa ok smua, dongkrak smua roda dan putar2 stir, lepas stir untuk paskan spelengnya, stel juga yang di cover gearbox, stelah ok, done!!!..saatnya test drive..cieeee....kesan pertama....langsung keluhan di awal yang saya ceritakan ilang semua, belok penuh tidak lagi terdengar suara tek-tek, jalan dan belok, stir langsung putar balik sendiri werrrrrrr...werrrr.!!...he...he...hedemikian smoga bermanfaat..kalo ada koreksi dari para suhu dngan senang hati diterima...
salam ..

ps: pengen nya spooring lagi, biar yakin lurusnya, tapi....tunggu dulu siapa tau ada suhu dimari punya pengalaman spooring sendiri, share dong gans...


total biaya:
oli =30rb;seal 2 pcs=17,5rb;cat semprot=18rb;bensin 2ltr=10rb;es teh=free of charge (krn dirumah..he..he)

yang mahal tuh special toolsnya "tie rod remover" 115rb,(tapi buat bikin masalah selanjutnya pasti kepake, tak apalah beli ini..he..he.), ternyata banyak jenis tie rod remover, yang ane beli ini "bearing puller" sebenarnya namanya....itu aja kayaknya..nuwun


by wawan5361

Comments

  1. Om kalau dudukan baut yang 3 nya udah keropos gimana ?
    Dan nggak bisa di las di rumaj di karenakan listrik tak memadai

    ReplyDelete
  2. Om ngerjain gear box berapa lama...stelnya mudah gaa..ane jga kayaknya masalahnya sama...tdi pgi pas narik bisa belok kirivke kanan keras..untung ga ada kendaraan di blakang rem mendadak...
    Pas kekanan jga gtu kekirinya kadang dpet kadang keras...

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova