DIY : Rangkaian volt step down agar DRL di mobil ertiga awet dan tahan lama {kholifulhasbi}

 gambar 1 - volt ketika idle atau langsam
http://otodiy.blogspot.com
Selamat malam suhu dan sesepuh s3rious, mau cerita dulu nih. Saya subuh tadi waktu manasin mesin ngonangi DRL apron jenis luxeon 6 titik (biasa disebut DRL fortuwir dan ipah) ada yang mati salah satu lednya, sedang beberapa titik lainnya sudah berkedip gejala hampir mati. Dipikiran saya "apa karena DRL kualitasnya jelek? ataukah ada masalah dikelistrikan?".
Coba saya cek voltmeter didalam kabin (mesin menyala) ternyata voltnya mencapai 14,3 ketika di rpm 5000.

Padahal dalam dus DRL terdapat keterangan 9-13volt. Menurut saya, volt yang mencapai 14volt itu yang membuat DRLnya is dead.
Pemasangan DRL saya mengikuti turorial di s3rious part sebelumnya.
Pulang kuliah, jam 15 mampir di tigajaya dan arindo motor untuk cari stepdown volt namun tidak ada. Akhirnya ke toko elektro yang di sebelah damkar surakarta, konsul dg mbaknya "mbak caranya buat stepdown buat motor mobil gimana?" terus si mbak dengan bodi montok itu menggambarkan skema juga bahannya.
 gambar 2 - skema voltage step down untuk motor atau mobil
Sampai dirumah, ibadah ashar dan bergegas merangkai.
 gambar 3 - bahan
Dirangkai dengan PCB sisa dari toko tersebut, sesuai kemampuan saya yang hanya mahasiswa geografi menyolder ini itu pakai tenol persediaan rumah. Dan salam menyambung antar kakinya dg cara tenol saya lelehkan secara memanjang.
 gambar 4
 gambar 5
 gambar 6
Alhamdulillah, jam 19 saya coba dan berfungsi dengan seharusnya.
Dalam kondisi mesin mati, saya cek dengan voltmeter pretelan dari avometer.
 gambar 7 - volt kelistrikan ertiga ketika mesin mati
Lalu saya tes stepdown yang di pasang langsung plus minus pada aki untuk inputnya dan outputnya saya sambung dengan voltmeter, jika diinputnya ada arus listrik maka lampu indikatornya menyala.
gambar 8 - perangkat
Maaf belum ada pict untuk dipasang di DRL karena hari gelap, sekalian nunggu DRL cree 6watt jenis yang baru pesan di toko pakdea.
DRL yang ada di ertiga saya, ketika lampu kota/utama nyala maka DRL mati. Pakai rangkaian relay 5 kaki dg 87a.
Semoga membantu untuk yang merasa DRL mobilnya tidak panjang umurnya dan semakin redup karena kelebihan beban. 

Benar om, ketika mesin menyala angka 14 koma itu kelistrikan sehat om. Ketika mesin mati 12,6-12,9volt om.
Yang saya turunin dengan alat itu hanya arus dari aki ke drl, agar awet om. Jadi urutannya aki relay stepdownvolt DRL. Biar awet karena arus tidak melebihi batas volt DRL, juga gak bolak balik ganti dan nambah ongkos kedepannya.

by kholifulhasbi
sumber : kaskus S3rious

Comments

  1. Jago bgt si mbak nya ksitau gambar skema step downnya...loL

    ReplyDelete
  2. IC 7812 itu arus maksimal (Imax) = 1 Ampere.
    Itu kalau yang asli :D
    jadi power max = 12V x 1A = 12Watt.
    Kalau DRL LED-nya 2pcs x 6 watt = 12 Watt... pas banget.

    Tapi ya itu tadi... kemungkinan 7812 yang dijual di pasaran ngga sampai 1 A.
    kualitas kelas 3, di bawah kelas military dan kelas industri.

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova