DIY : Bersihkan input shaft speed sensor matic dan reset TCM solusi gigi lompat-lompat {Andhika Ferry}

gambar 1 - input shaft speed sensor
otodiy.blogspot.com
Cerita tentang Aerio matic saya yang lompat lompat giginya.
Kemaren seharian bersih bersih area mesin. Sekalian benerin klakson yang ngadat. Tapi ketika sore di coba jalan normal pelan pelan dibawah 60 km perjam belum terlihat ada masalah. Tetapi ketika injak gas agak dalam. Mobil langsung loncat. Berasa seperti di kopling dan ketika rpm sudah tinggi langsung di lepas.  Analisa saya seharusnya ketika dininjak agak dalam posisi gigi di 3 namun oleh TCM ( transmition control module) ECUnya matic. Malah memerintahkan turun ke gigi 2. Bisa di bayangkan ketika kecepatan 80 langsung drop ke gigi 2. Mesin meraung kencang dan naik ke gigi 3 lagi . Begitu seterusnya.
Pikiran saya Mampus nih ganti Matic segelondong langsung kebayang uang banyak habis hehehe. 
Namun coba berpikiran tenang dulu sambil atur strategi. 
Ok dengan berat hati coba RESET TCM
Nah kalau reset TCM ini biasanya di gunakan untuk mengurangi atau malah ada yang sampe menghilangkan gejala ngejeduk di aerio atau baleno matik. 
Tapi setelah di reset. Matic harus di ajarin lagi untuk perpindahan giginya bahasa ingrisnya learning. Ini link dari otodiy http://otodiy.blogspot.co.id/2014/04/diy-learning-initialization-transmisi.html

Nah saatnya reset TCM
1. Hubungkan service wire (step 2 di atas) dengan kawat/kabel, jumper deh.
Putar kunci kontak ke ON. Maka speedo menyala semua, setelah itu lampu P R N D 2 L mati, selang 2 detikan maka semua lampu P R N D 2 L dan O/D off menyala bersamaan. (Nah step ini biarpun tombol O/D off dipencet-pencet, itu lampu O/D off ga bakalan mati). Kalau di step ini P R N D 2 L tidak menyala bersamaan( di aerio matic newmode saya lampu gak nyala semua tapi tombol od mati berarti sukses)

2. Geser tuas transmisi ke L; lampu di speedo tetap menyala semua P R N D 2 L dan O/D off nya.
Injak pedal gas dan rem secara penuh, dan tahan sewaktu melakukan step no 5
Pencet-pencet tekan tombol O/D off di tuas transmisi sampai lampu O/D off mati. Kalau belum mati ulangi kembali prosesnya karena gagal; kalau sudah mati berarti sukses.
Nah saatnya ngajarin maticnya. 
Kebetulan reset TCMnya malam hari jadi kondisi ring road utara sepi.  Saya mengikuti petunjuk yang ada di blog

1) Turn ignition switch ON, turn O/D off switch OFF and confirm “O/D OFF” light in combination meter does not light.
2) Start engine and raise transaxle fluid up to normal operating temperature.
3) Start vehicle and repeat kickdown of 4th gear to 3th gear for 10 times each in the vehicle speed ranges shown below.
• – 40 km/h ( – 25 mile/h)
• 40 – 50 km/h (25 – 31 mile/h)
• 50 – 65 km/h (31 – 41 mile/h)
• 65 – 90 km/h (41 – 56 mile/h)
• 90 – km/h (56– mile/h) if necessary
4) Referring to “Automatic Gear Shift Diagram” in this section, perform upshifting of 3rd gear to 4th gear for 10 times each in the throttle opening ranges shown below.

Udah selesai ngajarin TCMnya pas pulang di coba lagi gejala kick down sampe bablas masih ada. Bajigur.....   Gagal nih. 

Setelah nunggu siang supaya terang coba buka selenoid matic (gambar 1 - bahasa resminya input shaft speed sensor ). Di bersihkan semua bekas oli di konektor dan bagian ujung sensor. Pasang kembali dan reset TCM lagi proses dari awal. Dan Alhamdulilah Matic normal kembali bahkan gejala ngejeduk matic udah gak ada lagi. Huufft lega untungnya gak jadi jajan part.

 gambar 2 - dilepas
 gambar 2 - setelah dibersihkan
 gambar 3 - lokasi TCM
 gambar 4 - TCM
gambar 5 - Input Shaft Speed Sensor
gambar 6 - part diagram
no 51. part number : 26143-79C10 nama : SENSOR, SPEED INPUT

Comments

  1. Halo bro saya punya mobil kia rio 2012 matic punya transmisi matic lompat dan stagnant di gigi 3 mohon petunjuknya, sebelum saya ucapkan terima kasi sebesar beaarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lompat itu gmn ?
      stagnan gigi 3 pastikan OD/OFF nya dimatikan.
      Kalau memang stuck juga mungkin ada masalah, bisa juga coba kuras maticnya.

      regards,
      singachu

      Delete
    2. Gan kuras metic itu, ganti oli matic y bos?

      Delete
  2. Salam kenal gan, mobil saya baleno next g tahun 2003, mbl masih tangan pertama dr th 2003, masalahnya sekarang indikator matiknya mati semua ( p . . L) dan kelihatannya perpindahan gigi tidak normal. Perasaan saya pada start tidak dimulai gigi rendah pada posisi D dan posisi 2 juga terasa sama posisi D . Di posisi L masih terasa berat kelihatannya (mungkin masih normal).Tidak ada perbedaan posisi OD/OFF mati atau Hidup , pada posisi D.. Mohon arahannya sebab dan solusinya. Trims gan bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. chek di switch inhibitornya bro. coba buka di bersihin dalemanya biasanya klo i dikatornya ga kebaca dri situnya. bisa jadi di dalem ada karat. jngan lupa chek shocket nya juga nro

      Delete
  3. Salam kenal gan ,minta info kia carens matic slip kayak kehabisan kampas kopling, tpi stelah ganti kampas kopling kok masih kayak kampas selip atw ngempos ya ,,tolong info nya....

    ReplyDelete
  4. Maaf salam kenal...sy ada x-over gk mau pindah gigi. Star di Gigi dua terus...di blng bengkel ganti selenoid..udh ganti selenoid ttp gk mau...mohon minta penjelasanya mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai toyota VRZ 2017. saya ngerasain jedug dan kaya ngelos mirip2 kehabisan bensin pas jalan 60k/h dan kalo di lepas gas terasa sendat2 turun nya dan hal serupa terjadi

      Mohon bantuan nya

      Delete
  5. Gan mau tanya klo metic innova dari d ke 3 2 1 ko ga masuk itu apanya ya

    ReplyDelete
  6. Bos, minta ajari lagi dong reset TCM punya Xtrail lama, letak sensor speed sm TCM dimana ya? Suwun

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova