Ganti kopling set matic Aerio yang sudah aus, jedug perpindahan gigi pun hilang {Erwin Berlian}

gambar 1 - body valve, dibersihkan april 2017
otodiy.blogspot.com
14 Nov 2017 diskusi lewat wa (tulisan warna orange tambahan catatan supaya lebih mudah dimengerti)
Saat buka carter oli (Agustus 2017), ada gram besi sama serbuk kampas kopling di filter matic om
Sebelumnya saya kuras oli matic total (April 2017), sempet bongkar bodyvalve nya sekalian dibersihkan (gambar 1), lumayan kliatan nya aga rumit
Kuras sebelumnya dilakukan di bulan April, abis 8 liter, sekalian body valve dibongkar. Setelah kuras, matic enteng, jedug hilang.

Nah bulan agustus, jedug muncul lagi, n saya iseng datang lagi ke bengkel tsb, nah sebelum buka carter oli, mekanik tersebut bilang, klo misalkan ada gram sama serbuk kampas, mau tidak mau harus overhaul, kalo ga ada, berarti cm masalah ektronik AT, bersihin bodyvalve doang

gambar 2 - filter / saringan matic dibersihkan di Agustus 2017
gambar 3 - banyak gram lagi

Nah dari situ akhirnya kebuktian kata mekaniknya, kalo kondisi kaya gitu (gambar 3) memang harus overhaul.
Kalo normal (Pergantian april ke agustus termasuk tidak lama jaraknya), gram sama serbuk ini ga bakalan ada om

Budget sih untuk ongkos (jasa) 1,2jt-an om

Nah, mekanik yang satunya lagi coba saya nanya masalah yang sama dgn foto itu, terus bilang nya sama, memang harus overhaul, tapi klo ga overhaul juga gpp, cuma sering-sering ganti oli aja.. Dia nyaranin per 3 bulan aja ganti oli nya, karena pasti gram sama serbuk kopling bikin mampet di filter yang akibatnya matic ga bakal lancar

(keluhan selain jedug apa ?)
Paling perpindahan gigi dari 3 ke 4 aga pnjang om (Harus kenceng dulu om, at saya lepas gas baru masuk 4)

harga kopling matic 1 set 1,4 om (gambar 4)
paking hanya oil pan, lainnya pakai lem

gambar 4 - kopling set matic

20 Nov 2017
Om.. Lg ovehaul nih

gambar 5 - kopling set yang aus
Yang kena nya cuma 2 kampas yang gosong nih, cuma pas japri ke sentosa, ga bisa satuan om, harus satu set (1.4 jt).
Jadi serbuk besi sama kampas yang namper di carter itu karena gesekan kopling yang angus ama plat besi

gambar 6 - seal ke inner cv joint
gambar 7 - seal ke inner CV Joint
AT (fig 50)
27611-55G10 SEAL, OIL RH
27612-79C10 SEAL, OIL LH
kanan ama kiri beda om

gambar 8 - oil pump matic
gambar 9 - oil pump matic

gambar 10 -  seal pada oil pump matic harus diganti
gambar 11 - oil pump matic

Fig 31 no 2. 22860-79CT0 .RING SET, OIL PUMP SEAL

Katanya sih kalo udah kebongkar harus ganti om.  Iya bener katanya om (gambar seal yang ditunjuk di gambar 11), yang ke pompa oli nya, cum itu yang gambar yang om kirim yang tengah itu seal ya, bukan o ring? (seal om.... itu judulnya oil pump seal + ring set..... ring nya bukan o-ring kayaknya buat nahan seal nya, semacam snap ring / spi kayaknya)

gambar 12 - engine mounting juga perlu diganti
22 Nov 2017 
paketan matic sudah sampai

gambar 13 - paketan
Brti sy rekap orderan sy mas
1. Kampas kopling matic yg di gbr 1225,000
2. Seal as roda kiri kanan 110rb
3. Seal as pompa oli 100rb
4. Emon ori sgp aerio blkg 390rb
5. Cantelan tutup tangki(klo ada) apa ya
Itu hrga nya om, plus ongkir 54,000

Sy jg bengkel umum sih om, bkn spesialis, cm sblmnya dia prnh di beres tanggerang, trs mudik praktek pribadi

5 Des 2017
(Hasil ?) Alhamdllh om, josss lagii, jedug nya jg ilang☺☺

by Erwin Berlian
sumber : whatsapp


Comments

most read in a week

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

Troubleshoot RPM Agya Ayla tinggi {prasetyosip}

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}