Catatan tips cara penyemprotan bumper dengan cat semprot kaleng {Aditia Ekalaya}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Di arsip biar mudah aja kalau suatu saat butuh semprot dengan cat semprot kaleng.
gara-gara dicuekin tukang cat....
cat bumper sendiri pake spray can merk s*mur*i paint.
kudu ati-ati supaya metallic nya ga ikut kesemprot...
blom sempet poles.

akhirnya pake bumper belakang lagi...
warna dulu ngejar biru nya jazz. biru aslinya lebih gelap

untuk cat rubah warna bumper :
enaknya diampelas dulu... buang vernish lama.
kalo ada yang cacat di dempul dl.
paling aman di epoxy dulu.
baru hajar warna item.
biarin kering ampelas halus baru deh hajar clear

cara lebih hemat :
kalo bumpernya mulus ga usah di dempul sih, ga usah di epoxy om.
tapi tetep wajib ampelas.
1 bumper abis 2 kaleng + 1 kaleng clear

ane sih pake grit 1000 soalnya adanya itu hahahaha
ampelas kering aja om.
ga usah terlampau agresif ngampelasnya.
tujuannya supaya clear lama ga mengkilap jadi cat baru bisa lebih kuat menempel.

untuk warna hitam, beda 109 Black, 109A Flat Black apa ?untuk clear : 128 Clear, 82 Clear matt, 2K01 clear apa bedanya ?
109A flat black kan item yang ga mengkilap atau dull. 109 black mengkilat
kalo mo pake clear sih ga masalah mo pake yang mana.

clear yang ane pake 128.
kalo yang 2k01 itu cat 2K.
bagian bawah yg kudu ditekan itu campuran hardener nya
yang 2k01 pasti lebih bagus.
tapi karena ane ngejar biaya ekonomis.
ya pake yang 128 aja

2K01 itu bagus dari segi kilap & daya tahan.
kata nya sih setara dengan clear untuk produk otomotif yang banyak beredar.
beda nya ini udah dalam bentuk siap pakai.

oiya btw, 82 clear matt itu vernish yang ga mengkilap.
kalo mau mempertahankan permukaan cat tapi ga mo mengkilap ya pake clear matt.

buat catatan aja :kalo cat ada tulisan : dull, flat, matt. Udah dipastikan hasilnya ga akan mengkilap.

Bisa dijabarkan maksud : "kudu ati-ati supaya metallic nya ga ikut kesemprot..." ?
ini mah harus cerita panjang lebar nih...
ane cari warna yang deket-deket ama warna biru ane.
waktu itu ditoko ada 2 pilihan : honda blue & lightning blue.
dua-dua mirip tapi cenderung lebih terang dari warna mobil ane.
ane beli honda blue, karena pertimbangannya dulu ngejar warna jazz.

tapi pas mo eksekusi, cat nya ketinggalan dirumah 😭
ok deh, karena toko nya deket.. ya beli aja lagi.
sialnya yang tersisa cuma lightning blue.

nah, ane prediksi karena warna yang ane kejar itu biru gelap.
ane ga usah kasih cat dasar.
epoxy nya ane gelapin aja dulu.

pas eksekusi semua berjalan lancar.
tapi... pas isi cat mulai tinggal 1/4 ternyata metalic flake nya naek.
jadi yang tadi nya udah perfect jadi kembali belang.
ane inget kalo ane cuma ngocok kaleng spray nya kurang dari 10 detik jadi metalic ama catnya blom nyampur banget.

solusinya :
ane tunggu kering, trus ampelas ulang lagi dan dengan kocok kaleng spray max 10 detik ane hajar lagi cat nya.
berenti pas kira-kira isi kaleng tinggal 1/4.


Itu bumper dicat satu panel atau on spot saja ?
cat kiri kanan ama bawah doang om.
bagian tengahnya ane biarin aja.
toh yang rusak cuma kiri kanan.
bagian bawah cuma ngikutin aja biar ga belang..

keliatan koq cat lama ama cat baru nya :

 gambar 2 - terlihat beda cat lama dan baru
caranya cari garis body nya aja om. biasanya tersamar kalau ikut garis body.
kalo newmod kan bumper belakangnya ada lekukan nya. nah ane tutup pake lakban kertas.
bisa aja sih dibikin gradasi atau bahasa keren tukang cat itu di blending... tapi harus vernish seluruh bumper...

ini kemaren sore. ane males dempul-dempul.. ampelas plus hajar cat + clear doang :
gambar 3
Bagaimana cara nyemprotnya, horizontal / vertikal, jarak berapa ?
cara nyemprot ada tehnik nya om.
selalu menyemprot dengan posisi horisontal.
why?
karena nosel spray can khususnya merk s*mur*i ini melebar secara vertikal.
kalo kita semprot dengn posisi vertical dari atas ke bawah atau sebaliknya.. cat akan menumpuk disatu area ( tidak melebar ) resiko nya belang.

kalo pun akan melakukan penyemprotan secara vertical, miringkan spray can nya supaya cat yang disemprotnya menyebar.
Selalu tes dan kenali dulu spray dari spray can apapun merk nya.
merk lain malah kurang menyebar...

jarak penyemprotan tergantung keperluan.

pas pertama kali semprot..
kasih jarak 30 cm atau lebih.
light coat aja supaya cat nya agak kasar.
setelah itu bisa dilakukan penyemprotan lebih dekat.
ane biasanya kalo mo finishing.. jarak nyemprot kira-kira 2 jengkal dari object yang dicat.

tips mencari warna cat semprot kalengan
warna cat dicari aja yang mendekati.
kalo warna mobil nya lebih gelap dari cat nya.. jangan diepoxy.
ampelas aja.
kalo warna mobilnya lebih terang dari cat nya... epoxy atau kasih warna dasar yang lebih terang
ampelas supaya agak kasar aja. pake 800 grit - 1000 grit. gunanya supaya cat baru lebih kuat nempel
ngecat bagusnya sih semua (satu panel)...
tapi kalo ada garis body yang memisahkan area yang rusak ama yang engga sih bisa cuma sebagian aja

mana lebih bagus p*l*x atau s*mur*i ?
s*mur*i, karena cat buat otomotif ( sepeda motor ), bahan nya sama ama buat mobil.
p*l*x mah cat besi...

by Aditia Ekalaya
sumber : facebook AIC

Comments

  1. KKC Online Market menjual bahan dan alat cat dekoratif

    - Harga termurah
    - Barang berkualitas
    - Garansi
    - Pengiriman instan

    Hubungi kami diatas, atau kunjungi kami di Kreasi Karya Cipta

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}

Letak fan double blower, evaporator dan pembuangan air AC Innova {ipah2.0v}