Ganti socket CMP Aerio yang rusak, perhatikan urutan kabelnya {Ahmad Fathlillah}

 gambar 1 - socket CMP
otodiy.blogspot.com
#Share
Report perbaikan soket CMP sensor yang pecah karena sudah cukup berumur.

Link soket baru: https://tokopedia.link/Ow4q7WMHkX
Mendapati soket CMP sensor pecah saat mau memperbaiki kebocoran pada area CMP sensor, langsung gapake lama cari di tokopedia soket penggantinya, karena sudah cukup sering beli ke juragan tokped yang itu ya langsung tanya saja dan alhamdulillah ready stock soketnya. 
Kerusakan soket cukup serius, karena klip pengunci skun di dalam soketnya pecah sehingga tidak mampu menahan lagi skun di dalam. Daripada nanti lagi di jalan copot, mending langsung diganti saja.

Pasang pinout di soket baru harus sesuai dengan posisi aslinya seperti yang dideskripsikan di service manual.
Sebetulnya karena pecah soket ini CMP sensor oreo saya ikutan jadi korban karena pada saat awal pemasangan saya probing soketnya asal-asalan, alias masukin asal urut saja. Karena setelah saya pasang kabelnya sesuai dengan urutan pin out di service manual pun, oreo saya tetap sulit starter dan throw CEL (check engine light) no 15, alias CMP Sensor. Jadi pelajaran buat yang lainnya kalau soketnya pecah, jangan asal masukin lagi pin nya ke soket baru, nanti koit sensor cmp-nya.. Tau darimana sensornya koit? melalui pengetesan sederhana seperti pada link: https://www.youtube.com/watch?v=cB1VEfjGz1c

video 1 - Testing a Camshaft Position Sensor (Hall Effect Type) - MultiMeter
Jadi harus jajan CMP sensor baru deh  🤭

Sebetulnya banyak soket-soket lain yang perlu diperbaiki karena pin pengunci ke sensornya sudah pada patah seperti pada soket koil, injector, IAT sensor, dll. Mungkin next-time akan saya cover.

belum jajan cmp nya, nanti rencana ke senen aja lgsg buat beli nya. Lemot bgt oreo nya klo di bejek karena mode fail safe nya.


 gambar 2
 gambar 3
gambar 4


Update:
sudah selesai om, dengan update dan harga cmp nya. Pin-out CMP sensornya pakai yg CMP Sensor VVT om.

Jajan CMP Sensor di Sentosa atrium senen: 495 rb.

EDIT : Posisi pin-out pada service manual Liana 1.3/1.6 (Non-VVT engine) tidak cocok untuk Aerio old model. Posisi pin-out yg benar untuk Aerio old model sama dengan yang tertulis di service manual Liana 1.8 (VVT). Gambar posisi sensor sudah saya ganti dengan yang benar. Terima kasih untuk group WA AIC Chapter JakCity yang sudah membantu untuk mengkoreksi kesalahan saya sebelumnya.

by Ahmad Fathlillah
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

cara parkir dengan transmisi netral di Honda HRV matic {gun2016}

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio