Share safety penggunaan tail lamp after market Ertiga {Arfianto S}

 gambar 1 - tail lamp after market
otodiy.blogspot.com
Saya punya, baru pake 3 hari saya lepas lagi.... bahaya....

Visibilitas rendah.
Ini yg saya bilang kmaren, kalo seller jualan lampu2 yg sifatnya buat komunikasi (drl, sein, rem, mundur), tp pamernya selalu di tempat gelap.
Di tanyain baek2 foto di bawah terik matahari ga pernah kasih.
Ternyata memang kalo di bawah siang terik, gak kliatan nyala atau enggaknya.
Saya udh bbrp kali hampir kesundul orang. Saya perhatikan gestur pengendara di blakang saya juga ga ngeh kalo saya ngerem/kasih sein.

 gambar 2 - merk tidak tau, saya cm nemu stiker itu
isinya cuma led smd5050, yg powernya ga seberapa.
 gambar 3 - lampu smd5050
smd pun kalo ngolah cahayanya bener, bisa berguna.
tp kalo kek begini, bukannya reflektor, bukannya lens, tp mika susu yg fungsinya diffuser.
kalo malam keren sih, macem bis malem. tp kalo siang, silahkan coba test dulu pasang salah satu, dan bandingkan penampakan rem/sein/lampu mundur, bandingkan dengan bawaan aslinya, lihat jarak 10meteran di blakang mobil, di bawah terik matahari, hadap lampunya melawan matahari ya.... pengamatnya yg membelakangi matahari.

parahnya lagi didalam mika sein yg merah solid itu, dalamnya masih ditambahi mika diffuser ala honda jazz rs, jadi makin membuat redup.
bohlamnya sih pake yg original bawaan mobil, tp bebannya utk menembus mika yg rangkep2 itu jadi tambah berat. itupun ujung2nya output akhirnya jadi merah juga, bukan amber..... makanya warnanya jadi ga bisa dibedain dgn rem. seperti beberapa mobil amrik macam blazer, pernah yg edisi lampu blakang full merah, sein dan rem ada di balok yg sama, itupun cm bbrp tahun edisi keluaran, bnyk yg ga suka trus di edisi selanjutnya balik yg wajar2 lagi, sein ama rem misah merah vs amber.
gambar 4 - diffuser
saya juga belom pernah kesundul, alhamdulillah. tp dari gestur mereka saya perhatikan di spion terlihat jelas bahwa mereka tidak sadar kalo lampu saya nyala. Kejadiannya ga cuman sekali. ini masalahnya bukan warna. tp emang kalah ama matahari.

Saya nyalain sein kanan udah dari jauh. saya liat spion utk nungguin respon kendaraan di belakang saya. kalo sewajarnya memang sein terlihat, mestinya dia udah ambil kiri.
tapi sebagian besar akhirnya kejadian pada kepojok hingga di batas terakhir saya harus berhenti. saya cuma berani melambat dan berhenti blom berani ambil kanan karna separuh badan mereka sudah hendak mendahului saya, dan akhirnya yg dibelakang saya pun ikut berhenti, padahal normalnya mereka bisa ambil kiri dari tadi.

hari pertama pasang, saya suruh istri yg bawa, saya ikutin dari kejauhan. kebetulan kondisi agak mendung waktu itu, jadi kontras masih berasa. akhirnya okelah saya pake dulu.
tp begitu besoknya saya bawa sendiri, kok bbrp kali ngalami kejadian kaya gitu, motor aja sampe brenti di blakang saya padahal saya udah sein kanan sejak tadi.
akhirnya saya coba minggirin, saya nyalain hazard, saya kluar mobil saya liat penampakan dari jauh. kebetulan waktu itu kondisi emang terik... ya pantes aja kalo orang gak ngeh.... itupun saya bisa liat kedipnya karna saya niat liat kan... kalo misalkan saya di posisi pengendara di blakang mobil saya, mestinya saya lebih konsentrasi ama jalan.
nah lumens lampu2 itu kan sudah ada standard minimalnya agar mampu menarik perhatian orang meskipun orang gak sedang melototin lampunya. ini smd5050 yg harus menembus mika susu di siang terik coba bayangin....
saya juga ga bermaksud mendiskreditkan dagangan siapapun pak, hanya sharing pengalaman aja.
bagi yg mau beli, ya silakan aja. kalo mau sih di test dulu pasang salah satu dulu, bandingkan visibilitasnya dengan aslinya... soalnya bener ini barang sesungguhnya keren desainnya, saya beri nilai 9. tp maaf buat fungsionalnya dibawah 5. semoga pabrikan bisa memperbaikinya di produksi selanjutnya.
saya pecinta led. sudah mulai kenal led headlamp H4 sejak 2014 ketika harga masih jutaan. hingga sekarang udah ada 7 set yg saya beli, sebagian besar saya buang karna ya memang tidak memenuhi standard fungsi. saya pertahankan yg memang sesuai ketentuan. dulu bohlam led H4 mahal dan itupun jarang yg bener. sekarang udah murah dan sebagian besar udah bener.
itulah tandanya pabrikan juga berbenah, bukan asal laku aja.

by Arfianto S
sumber : facebook ERCI

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

cara parkir dengan transmisi netral di Honda HRV matic {gun2016}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G