Share ganti karet boot CV Joint dan pulley kruk as Aerio {Ahmad Fathlillah}

gambar 1 - pulley crankshaft
otodiy.blogspot.com
#Report #Service #OSF

Report masuk bengkel untuk ganti karet boot CV joint dan ganti pulley kruk as.
Sebenarnya sudah lama mendapati boot CV sobek, tapi cuek aja, namun perasaan hati tidak tenang, ketar-ketir takut CV nya rusak.. Langsung deh beli aja boot CV.
Tadinya saya pikir hanya salah satu boot saja yang rusak, lalu pada saat menengok dengan seksama ke kolong mobil dan mendapati ternyata boot dua-duanya rusak.

Saya juga mendapatkan ada tetesan ATF di tempat parkir saya di rumah. Saya pikir dari oil pan transmisi, ternyata setelah cek lelehan datang dari seal transmisi ke as roda sebelah kiri. Maka beli lah seal as roda di sentosa kanan dan kiri sebagai preventive maintenance seharga 55rb per seal.
Sebelumnya sudah beli boot buat CV joint bagian luar di Sentosa Motor merek Seiken dengan harga 110rb (cukup mahal, karena made in japan tulisannya). Karena mendapati boot kanan dan kiri rusak, maka saya memesan boot lagi di tokopedia dari toko SC Part Suzuki dengan boot merek Heiker bagian dalam (keduanya) dan luar satu lagi.
Untuk puli kruk as, sebenarnya ini adalah rekomendasi dari bengkel resmi Suzuki SBT Serpong karena kondisi karet pada puli kruk as sudah melar dan memberikan vonis kalo puli kruk as ini sudah tidak layak pakai. Beli puli kruk as seharga 660rb dan seal kruk as depan seharga 60rb di Sentosa Motor. Ciri bisa dilihat pada foto, karet pada puli kruk as bisa ditekan-tekan (squishy), sedangkan pada puli kruk as yang baru karet tersebut kaku dan tidak bisa ditekan-tekan, tapi masih bisa dirasakan kalau itu semacam karet dengan menggoreskan kuku di permukaannya.
Tanya-tanya sama temen di mana bengkel yang langganan dia yang rekomen, ditunjukanlah bengkel ONE SPEED FASTER yang beralamat di Jalan Lapangan Bola (Kebon Jeruk - Jalan Panjang, Jakarta Barat) dekat banget dengan RCTI.
Bengkelnya nyaman, tempatnya cukup terbuka. Ruang tunggu tidak besar namun cukup nyaman. Mekanik yang mengerjakan juga open terhadap masukan saya saat mengerjakan Aerio saya, terutama pada prosesi penggantian pulley kruk as.
Mobil diangkat ke atas agar montir lebih leluasa dalam mengerjakan mobil. Maka kesempatanlah saya untuk mengecek mobil dari bawah. Saya dapati cukup banyak PR yang harus dikerjakan, diantaranya saya mendapati bawah engine mounting belakang saya sudah tidak layak pakai dan crankshaft main seal (seal kruk as belakang) sudah meler, nampak dari bawah bell housing ada sedikit rembesan oli mesin. (jajan teroooossss). Saya juga mendapati oil pan saya rembes (kalau ini bisa DIY untuk memperbaiki rember pada oil pan).
Mobil saya masuk jam 10 dan selesai jam 16.30 sudah termasuk owner bengkel test ride kendaraan saya. Total damage cost adalah sebagai berikut.
CV joint outer boot Seiken, 1pc - 110rb
CV joint inner boot Heiker, 2pcs - 100rb
CV joint outer boot Heiker, 1pc - 50rb
Seal transmisi-as roda kanan & kiri - 110rb
Puli kruk as - 660 rb
Seal depan kruk as - 60rb
Jasa bongkar pasang as roda kanan & kiri - 300rb
Jasa bongkar pasang puli kruk as - 100rb
Jasa bongkar pasang sudah meliputi penggantian seal, daripada kerja dua kali kemudian hari jika mendapati seal bocor (dibagian yang tidak bocor sebelumnya), lebih baik diganti hari ini.
Karena saya mendapati main seal sudah meler, saya tanya kepada owner bengkel berapa jasa untuk bongkar pasang main seal, karena ini adalah pekerjaan berat yaitu melepas transmisi dari mesin, dan karena Aerio gejil bertransmisi automatic, owner mematok harga 500rb untuk jasa pengerjaan tsb. Karena itu saya harus berencara dengan matang untuk bongkar pasang berikutnya, sebaiknya apa saja yang saya harus persiapkan, jadi pekerjaan ini tidak menjadi hanya ganti main seal saja. 
Impresi yang saya rasakan setelah ganti boot dan ganti pulley kruk as: belok terasa lebih enteng, mungkin karena CV diberikan grease yang lebih bagus saya juga tidak begitu paham. Getaran mesin lebih minim, getaran yang sampai ke kabin lebih sedikit padahal engine mounting belakang saya ambrol, jadi saat macet untuk tahan transmisi di D lebih bisa ditoleransi getarnya (sebelumnya bergetar seperti mesin diesel 🤣🤣 kalau nahan rem saat macet dan masuk D)
Untuk yang penasaran bengkelnya bisa google langsung ONE SECOND FASTER. Ownernya ramah dan asik kok, montirnya juga ramah.
 gambar 2
 gambar 3
 gambar 4
 gambar 5
 gambar 6
 gambar 7 - engine mounting
 gambar 8 - pulley kruk as / crankshaft
gambar 9 - karet getas dan squishy


by Ahmad Fathlillah
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : membuat dan memasang relay motor starter Aerio / Next G