Share report service kedua (10000 km) avanza veloz 2019 1.5 M/T di Auto2000
gambar 1
otodiy.blogspot.com
Hari ini 29 Feb 2020 service ke dua Avanza Veloz 2019, 1500 cc Manual. Sudah booking service jauh-jauh hari mengandalkan On Time Service ngikut bulan atau km mana tercapai lebih dulu. Karena odometer baru 7000 km tapi sudah jalan 6 bulan, tetap harus dilakukan service kedua.
Kenapa ga ditunggu 10000 km saja baru service biar ga rugi gratis service ?
Well, sejak service pertama 1000 km, sudah coba gali-gali info promo Toyota Auto2000, baik dari Service Advisor, dari temen yang kebetulan kerja jadi marketing di Auto2000, juga dari forum serayamotor.com soal planning penggunaan oli.
Intinya dari newbie memang punya kebiasaan di mobil lama Aerio 2003 pakai oli bagus yang bisa tahan 10000 km tapi ga ingin melewati batas waktu 6 bulan karena dikuatirkan oli sudah cukup lama teroksidasi dan kena blow by gas yang mempercepat oksidasi oli mesin dan akan memicu timbulnya sludge. Kedua juga karena avanza veloz yang utamanya dipakai nyonya sering melakukan short trip. So untuk maximum protection mesin newbie pakai patokan 10000 km / 6 bulan mana tercapai lebih dulu.
Kedua dari konsultasi di forum serayamotor.com, untuk avanza dual vvti tipe 2NR-VE sebaiknya tetap menggunakan oli encer 5w-30 paling ga kalau ga mau pakai 0w-20. Awalnya newbie ada opsi pakai 10W-40 di BERES dan pakai max 5000 km kemudian ganti sendiri oli diluar BERES dan dipakai 5000 km lagi baru ke BERES seakan-akan kelipatan 10000 km. Cuman resikonya 10w-40 akan terasa sedikit lebih berat di mesin. Kalau berdasarkan manual memang oli terkental yang direkomendasikan adalah 5w-30. Sehingga newbie pertimbangkan pakai TMO 5w-30 bukan TMO 10w-40, cuman memang harganya nyaris 2x lipat.
Ketiga karena kalau booking service dan tidak lebih dari 6 bulan dapat free oli 2 liter TMO 10w-40, yang bisa dikonversi ke potongan harga bila ternyata oli yang dipakai adalah TMO 5w-30. Info awal newbie dapat dari teman yang kerja di Auto2000 pecindilan surabaya.
gambar 2 - on time service
Baca-baca di internet ternyata memang ada on time service yang free 2 liter TMO 10w-40, dengan syarat 6 bulan dan harus booking service dulu, cuman kok berlakunya di tahun 2019 ? Setelah konfirmasi ke beberapa auto2000 yang ada di surabaya, yang benar-benar mengiyakan kalau dapat free 2 liter TMO dan dapat dikonversikan ke potongan harga cuman di Auto2000 pecindilan saja. Ya sudah langsung booking aja, enaknya bisa booking pakai WA chat, hemat pulsa.
Nah itu 3 alasan kenapa kok service kedua diambil meski belum 10000 km.
Kenapa kok TMO ? ya itu soalnya oli yang ada di auto2000 selain Castrol, kenapa ga castrol ? ya beti aja kayaknya. Kenapa kok di BERES ? Biar ga angus garansi 50000 km / 3 tahunnya, lepas itu ya kayaknya ganti oli sendiri aja. Lebih hemat. O ya masih free jasa.
Kenapa kok TMO ? ya itu soalnya oli yang ada di auto2000 selain Castrol, kenapa ga castrol ? ya beti aja kayaknya. Kenapa kok di BERES ? Biar ga angus garansi 50000 km / 3 tahunnya, lepas itu ya kayaknya ganti oli sendiri aja. Lebih hemat. O ya masih free jasa.
gambar 3 - midtronik
Singkat cerita hari ini waktunya service sesuai jadwal waktu booking service. Kemarin lalu dan tadi pagi ada telpon pengingat service dari Auto2000 pecindilan sambil mengingatkan untuk bawa buku servicenya. Usahakan datang lebih awal dari jadwal booking. Sampai sana standard pelayanan auto2000 mulai security, skip skip, ketemu Service Advisor. Konfirmasi pekerjaan, ada yang newbie coret-coret ga diambil dan ga masalah juga, ga pakai acara debat. O ya konfirmasi kalau bener ada potongan oli 2 liter TMO, dan langsung nyambung informasinya tanpa harus debat juga..... Sip lah hemat energi mulut.
Sayang copy SPK yang ada coret-coretannya ternyata diminta kasir pas bayar, ga sempat foto, tadi kirain dibawa pulang.
Kira-kira tadi yang ditawarkan :
1. brake cleaner, harga 50rb an, 57rb kalau ga salah, tapi lupa ga perhatikan bener
2. engine flush, sama sekitar 50rb an
3. E-Moly grease, sekitar 50rb
4. oli TMO 5w-30 : 4 liter x 163500 = 654000
5. filter oli 30000
6. gasket baut tap oli 9000
7. balance roda 4 x 22rb = 88000
No 1 sampai 3 langsung coret. Rem sudah aku bersihkan minggu kemarin. Aku juga minta hand rem jangan diubah setelannya.
Balance ya masih wajar aja harganya, daripada bingung puter-puter bengkel dah sekalian aja.
Jadi total no 4 s/d 7 = 781.000, potong 2 liter TMO 10w-40 @99.500 = 781.000 - 199.000 = 582.000
Ok lanjut.
Ternyata pas asik nunggu sambil menikmati hidangan, kliatan mobilnya diservice di depan kaca, langsung nyamperin liat dan foto-foto (gambar 1 dan 3). Ban di balance dan dirotasi, aki dicek pakai midtronik, filter oli diganti dan oli dituang dari botol, engsel pintu digrease. Yang kliatan itu sih. Waktu tanya ternyata 10000 km itu ga ada tune up, kelipatan 20000 km baru tune up..... wah tau gitu aku tune up sendiri sebelum ganti oli....
Pas pengecekan aki dibuka tutup air akinya, dan karena sengaja dari rumah udah aku penuhin jadi ga perlu tambahan lagi, biar ga ada tagihan tambahan hehehehe, mending beli di luar air aki. Eh entah kalau sisanya dibawain sih lumayan juga.
Pas pengecekan aki dibuka tutup air akinya, dan karena sengaja dari rumah udah aku penuhin jadi ga perlu tambahan lagi, biar ga ada tagihan tambahan hehehehe, mending beli di luar air aki. Eh entah kalau sisanya dibawain sih lumayan juga.
Pengerjaannya cepat dan masing-masing mekanik melakukan pekerjaannya masing-masing. Setelah selesai bonus cuci mobil, interior bau segar, ntah diapain.
gambar 4 - nota
gambar 5 - kwitansi
Kok ga ada potongan 199.000 nya tertera di Nota ? Kok jumlah olinya ditulis 2.78 liter ? Padahal tadi jelas-jelas liat 3 botol oli dituang semua dan nambah 1 botol lagi tapi disisain dan diplastikin sisanya.
Setelah dihitung-hitung sama saja, jadi ini cuman biar angkanya sama di program :
4 liter x 163.500 - 2 x 99.500 = 455.000
2,78 liter x 163.500 = 455.000
ya sama.
Tambahan meterai 3000, jadi total 584.999 alias 585 rb.
gambar 6 - hasil tes aki 10rb dan 1rb
Hasil tes midtronik aki masih ok, yang kiri yang hari ini, yang kanan itu pas service 1000. CCA nya malah naik dari 420 ke 437 :)
Bawa mobil terasa sama saja ga ada yang berubah. Ntah kurang sensitive kali karena ga bawa ini mobil hari-harinya.
gambar 7 - part diberikan di bagasi
gambar 8 - oli yang dipakai TMO 5w-30 SN GF-5
gambar 9 - sisa oli
Pakai TMO 5w-30 API SN, ILSAC GF5. 4 botol dijamin ori kalau di BERES. Filter Oli bekasnya juga ditaro di bagasi, dimasukin plastik tentunya biar oli ga kececer.
gambar 10 - kapasitas 3.5 liter
Sesuai manual kapasitas oli 3.5 liter dengan penggantian filter oli. Ya karena ini oli botolan jadinya tetep beli 4 liter.
gambar 11 - spesifikasi oli menurut manual
Disarankan pakai 0w-20, cuman lebih mahal aja jadi pilih yang 5w-30 :) 10w-30 pun dianggap kurang pas. Yah mesin baru-baru.....
gambar 12 - https://www.lubrizoladditives360.com/ilsac-gf-5/
Cari informasi apa itu ILSAC GF-5. Isinya standardisasi oli untuk efisiensi BBM, protection terhadap deposit dan sludge juga ketahanan terhadap oksidasi dari E85 ya disini ga pakai Ethanol tapi baik juga untuk ketahanan terhadap oksidasi biar ga cepet rusak olinya.
Oli TMO ini lebih mahal dibanding Daihatsu punya, ntah kualitasnya sama aja atau gimana.
That's all service 10rb km di auto2000 pakai oli TMO 5w-30 dengan total biaya 585rb.
regards,
singachu